Home >> Teknologi >> Komputer >> Fungsi Tombol Print Screen Pada Keyboard Komputer
Tombol Printscreen pada Keyboard

Fungsi Tombol Print Screen Pada Keyboard Komputer

Kegunaan Screenshot untuk Mengambil Gambar

Anda mungkin menemui sebuah tutorial design ataupun gambar yang diperbesar untuk menjelaskan sesuatu agar pembaca mengerti dengan apa yang dimaksud, namun mungkin sebagian dari anda bertanya-tanya bagaimanakan cara mengambil gambar seperti itu, dan anda juga tidak mengetahui bagaimana caranya.

Memang hal demikian (screenshot) bila sudah dimengerti akan sangat mudah dan bahkan anda pun dapat membuat tutorial seperti halnya yang tertera pada website-website tutorial di dunia maya, namun apabila anda belum mengerti mungkin anda akan membuat tutorial hanya sekedar kata-kata saja, tapi apakah pembaca akan mengerti begitu saja tanpa ada tampilan untuk menjelaskan lebih detail?

Nah oleh karena itulah akan lebih baik apabila anda membuat tutorial dengan menggunakan gambar untuk menjelaskan maksud pembuat tutor, dengan demikian pembacapun semakin tertarik dan lebih mengerti akan maksud tutorial tersebut. Untuk itu langsung saja disini saya jelaskan fungsi Screenshot sebagai tombol untuk mengambil gambar dan memperbesarnya sebagai penjelasan. Berikut ulasannya.

  • Ambil posisi untuk tampilannya

Sebelum anda men-Screenshot, anda diharuskan untuk mengambil posisi lembar kerja yang tepat untuk menjelaskan maksud. Nah setelah tepat kunci tampilan tersebut (biarkan dahulu untuk langkah selanjutnya), disini saya contohkan seperti pada photoshop, anda diharuskan menunjukan menu atau tool yang akan diambil gambarnya dan icon tool tersebut supaya diperbesar.

  • Tekan tombol PrtSc (printscreen)

Setelah anda memperbesar gambar yang dipilih, langkah selanjutnya adalah tekan tombol PrtSc (anda tidak perlu bingung karena tidak ada proses yang dimunculkan) namun akan muncul setelah langkah berikutnya

  • Menuju aplikasi Paint

Steelah anda menekan tombol PrtSc maka anda diharuskan menuju aplikasi Paint yaitu dengan cara klik icon Start > lalu klik all programs > Cari Accessories > kemudian cari aplikasi Paint. Setelah muncul anda akan dibawa pengaturan selanjutnya.

  • Tekan tombol Ctrl + tombol V

Fungsi kombinasi tombol tersebut merupakan fungsi untuk menempelkan hasil screenshot (PASTE), kemudian barulah muncul hasil screenshot yang sudah anda lakukan. Dan ditempat inilah anda bisa menambahkan lingkaran atau panah untuk memperjelas maksud dari icon atau tulisan intruksi.

Nah saya kira anda sudah jelas dengan artikel terkait fungsi screenshot untuk mengambil gambar dan memperbesarnya sebagai penjelasan agar si pembaca mudeng dengan perintah yang dimaksud dalam gambar, dengan begitu anda pun dapat menarik dan membuat pembaca faham dengan maksud yang anda berikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *