Home >> Advertisement >> Fungsi Penting UPS Ketika Padam Listrik
UPS APC
UPS APC

Fungsi Penting UPS Ketika Padam Listrik

Kehilangan data sampai dengan rusaknya beberapa komponen atau juga program penting di dalam komputer adalah suatu hal yang dapat membuat jengkel, apalagi hal tersebut terjadi bukan karena keteledoran sendiri alias saat terjadi pemadaman secara tiba-tiba.

Untuk itu, dibutuhkan cara tepat agar dapat mensiasati dan menanggulangi hal-hal demikian, salah satunya adalah dengan menggunakan uninterruptible power supply atau biasa disingkat dan dikenal dengan nama UPS.

Tentu saja, karena masih tergolong barang elektronik yang cukup penting, maka harga yang ditawarkan setiap toko yang jual UPS juga tidak seperti saat Anda membeli perangkat listrik atau elektronik biasa. Lantas pertanyaannya adalah kenapa Anda atau kita butuh UPS yang harganya terbilang tidak murah?

Anda tentunya sudah pernah mendengar istilah “time is money,” bukan? Nah, apa yang dapat Anda lakukan ketika sedang bekerja untuk tugas sekolah/kuliah atau sedang menyelesaikan pekerjaan kantor dengan deadline ketat dan tiba-tiba terjadi pemadaman secara tiba-tiba yang mana Anda belum menyimpan data pekerjaan Anda tersebut? Tentunya apa yang sudah Anda kerjakan selama berjam-jam atau bahkan dalam beberapa hari itu akan lenyap, bukan?

Nah, dengan menyediakan ‘baterai’ cadangan untuk komputer agar tetap dapat menyimpan semua data ketika terjadi pemadaman secara tiba-tiba merupakan suatu langkah yang tepat dan cermat yang didapatkan dari toko-toko yang jual UPS secara offline atau online. Pemikiran secara gampangnya adalah apalah arti segebok uang, jika tidak dapat menggantikan data penting yang hilang?

Input Output UPS
Input Output UPS

UPS sendiri bukanlah suatu perangkat yang dapat menyediakan daya listrik selama berjam-jam atau bahkan satu hari penuh, karena fungsinya adalah menghambat perangkat komputer untuk mati secara tiba-tiba seiring dengan pemadaman yang terjadi dan Anda masih dapat menyimpan sebelum perangkat benar-benar tidak dapat digunakan.

Sistem kerja UPS kurang lebih sama seperti yagn diaplikasikan pada sistem kerja baterai laptop. Walaupun terjadi pemadaman, baterai pada laptop masih akan tetap memberikan daya cadangan yang tersimpan untuk digunakan perangkat agar tetap hidup dalam beberapa menit atau dalam satu jam.

Untuk itu, Anda dapat mendatangi tempat-tempat yang jual UPS untuk mendapatkan ‘baterai’ cadangan untuk komputer ini agar dapat meminimalisir hilangnya data sampai dengan rusaknya sistem atau komponen kecil di dalamnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *