Home >> Teknologi >> Internet >> Dibalik Sejarah Internet untuk Masa Depan
Sejarah Internet
Sejarah Internet

Dibalik Sejarah Internet untuk Masa Depan

Siapa yang tidak kenal dengan Internet? Teknologi yang satu ini mampu menghubungkan setiap orang dari belahan bumi lainnya untuk dapat bertukar kabar, kata, bahkan foto dan video. Lepas dari bertukar kabar, Internet juga memiliki banyak peran yang memiliki nilai positif serta negatif yang harus kita pilih secara tepat. Sejarah Internet juga sebaiknya Anda ketahui agar Anda lebih mengetahui bagaimana internet bisa tercipta dan juga siapa sebenarnya yang menemukan pertama kali teknologi yang satu ini. Yuk kita bahas lebih lanjut bagaimana sejarah dari teknologi yang multifungsi yang satu ini.

Pada awalnya internet ini adalah berupa jaringan komputer yang sengaja dibentuk dari Departemen Pertahanan AS yang tepatnya pada tahun 1969 yang dimana ini merupakan sebuah projek ARPA yang di beri nama ARPANET atau Advanced Research Project Agency Network. Sejarah Internet ini awalnya untuk mendemostrasikan bahwa komputer dengan berbasis UNIX mampu melakukan sebuah komunikasi dengan jarak jauh dengan menggunakan jaringan telepon. Proyek ini akhirnya dirancang untuk membentuk sebuah jaringan, informasi, kehandalan, dan lain sebagainya sebagai cikal bakal adanya protokol baru atau IP/TCP atau internet protocol. Awalnya proyek ini sengaja dibuat untuk kepentingan militer di AS. Dengan membuat sistem jaringan yang mampu menghubungkan banyak komputer di daerah vital disana untuk dapat mengatasi serangan nuklir dan juga untuk menghindari adanya informasi terpusat yang mampu menghancurkan pertahanan saat perang.

Berbeda dengan kemunculan internet di dunia, Sejarah Internet ini bermula pada tahun 1960an dimana Robert W. Taylor dan juga Levi C. Finch melakukan sebuah penelitian untuk jaringan global dan juga masalah interoperabilitas. Kemudian beberapa program dari penelitian ini mulai dilakukan agar dapat melihat mekanisme dari jaringan jaringan yang nyatanya berbeda secara fisik. Berlanjut pada tahun 1969 ini, Robert Taylor dipromosikan sebagai seorang kepala kantor dari pemrosesan informasi oleh DARPA atau sebuah organisasi riset dari angkatan bersenjata AS. Untuk sambungan pertama dari ARPANET ini sendiri terbentuk diantara University of Californian dan juga Standford Research Institute. Kemudian berlanjut sambungan berikutnya yang turut bergabung adalah University of Utah dan juga University of California di Santa Barbara  yang semuanya total menjadi 4 simpul jaringan.

Nah sedikit Sejarah singkat dari Internet ini dapat Anda nikmati sekarang dimana saja dan kapan saja dengan mudah dari laptop, komputer, serta gadget Anda. Jika terdahulu Amerika Serikat tidak menggunakan proyek ARPANET, mungkin sekarang bisa saja akan menjadi lain ceritanya. Sejarah Internet  ini dapat menjadi refleksi kita agar dapat memanfaatkan internet lebih bijak dan juga untuk hal yang positif. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat untuk Anda semua yang membutuhkannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *