Home >> Kesehatan >> Ciri-ciri Madu Asli yang Mudah di Ketahui
Ciri-ciri Madu Asli

Ciri-ciri Madu Asli yang Mudah di Ketahui

Ciri-ciri Madu Asli

Madu merupakan cairan yang berupa sirup yang kental dan juga manis. Fruktosa dan juga glukosa ini adalah zat utama yang ada pada madu. Madu yang di kumpulkan dan langsung di proses dengan cara alami dengan lebah itu sendiri maka bisa di sebut Madu Murni. Madu itu banyak mempuyai keunggulan karena karakteristiknya.

Karekteristik Fisis Madu

1. Kekentalan

Madu yang di estrak dan berbentuk cairan yang kental ini termasuk ciri-ciri madu yang asli. Kekentalan tergantung dari komposisi madu yang terutama kandungan airnya. Bila suhunya meningkat, maka kekentalan mau akan menurun. Ada beberapa jenis madu yang mempunyai karakter kekentalan yang khusus. Misalnya madu Heather dan juga madu Manuka yang sangat kental sama seperti jelly kalau di biarkan, tapi kalau di kocok maka akan mencair.

2. Kepadatan

Madu yang memiliki ciri madu asli yang khas adalah kepadatan yang mengikuti gaya gravitasi yang sesuai berat dan jenis. Bagian madu yang kaya akan airnya akan berada di atas bagian madu yang lebih padat dan juga lebih kental. Maka dari itu, madu yang di simpan maka sama seperti memiliki lapisan.

3. Sifat Menarik Air

Madu yang bersifat menyerap air sehingga dapat bertambah encer dan juga akan menyerap kelembapan udara yang ada di sekitarnya. Madu yang dapat di gunakan sebagai suplemen untuk kesehatan yang baik untuk tubuh manusia. Tapi anda juga harus tetap berhati-hati karena di indonesia banyak sekali madu palsu yang beredar.

Ciri-ciri Madu Asli Antara Lain

  • Madu akan berubah warnanya menjadi warna coklat yang pekat dan juga berbuih yang akan meluber ke luar, jika madu di panaska dengan api ataupun lilin. Dan juga apabila madu dingin, kalau di tarik dengan menggunakan jarum ataupun lidi maka tekstur pada madu akan lembut dan juga kental sehingga tidaak akan menjadi benang.
  • Madu asli bisa merubah ikan menjadi kecil dan juga bisa menjadi pucat tapi tidak berbau pada saat madu di masukkan ke dalam botol bersamaan dengan ikan yang di tutupi dngan rapat supaya udara tidak bisa masuk lalu di diamkan selama dua minggu.
  • Madu asli dapat membuat kuning telur menjadi setengah matang apabila di campurkan keduanya. Dan juga madu yang asli tidak akan di kerubungi semut, sedangkan madu yang palsu pasti akan di kerubungi banyak semut.

Lebah apis mellifera itu adalah lebah yang unggul dan juga telah terbukti produktif di dalam menghasilkan madu yang berkualitas sangat baik. Mudah jenis ini mudah di kembangbiakkan dengan cepat dan juga tidak mudah pergi dari serangan musuh dan juga mudah di kelola dan juga di awasi perkembangbiakkan lebah jenis ii dan kualita madunya yang di hasilkan akan terjamin. Karena hal itu lebah jenis ini termasuk madu yang asli.

Lebah dapat merubah sakarida menjadi madu dengan proses pengunyahan dengan berkali-kali sampai setengah yang tercerna. Proses sepeerti ini tidak di lakukan setelah di kunyah, sakarida masih cair dan juga mesin mengandung banyak air, maka proses yang selanjutnya yaitu penguapan air sebanyak mungkin dan juga transformasi dengan enzim. Lebah yang membuat madu itu sebagai sumber makanan. Di musim dingin atau pada saat makanan langka, lebah akan mengaambil cadangan madunya sebagai sumber energi yang mereka butuhkan. Di dalam satu sarang, lebah dapat di bedakan menjadi tiga jenis tipe, yaitu seekor kutu, lebah jantan yang berperan untuk membuahi calon ratu, serta lebah betina yang bekerja mengurus larva, mengumpulkan nektar yang akan di buat menjadi madu, serta untuk mencari nektar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *