Home >> My Life >> My Journey >> Cari Tahu Manfaat Membayar Pajak bagi Kesejahteraan Masyarakat

Cari Tahu Manfaat Membayar Pajak bagi Kesejahteraan Masyarakat

Banyak dari wajib pajak yang masih belum memiliki kesadaran untuk melaksanakan kewajibanya sebagai wajib pajak. sebagaimana yang telah tercantum dalam perundang – undangan perpajakan, membayar pajak sifatnya adalah wajib. Jadi baik orang pribadi maupun badan memiliki kewajiban untuk membayar pajak.

Kesadaran yang belum sepenuhnya dilaksanakan oleh wajib pajak bisa disebabkan karena belum memahami manfaat pajak. Padahal, pajak sebenarnya memiliki sumbangsi yang besar bagi negeri ini. Tidak hanya untuk keperluan kepemerintahan saja tetapi juga untuk kesejahteraan masyarakat.

Perlu diketahui bahwa pajak merupakan sumber penerimaan yang utama bagi Negara. Pajak ini kemudian akan dikelola oleh pemerintah untuk berbagai keperluan Negara seperti gaji pegawai hingga pembiayaan berbagai proyek yang dilakukan oleh pemerintah.

Manfaat Membayar Pajak
Manfaat Membayar Pajak

Bayangkan, jika Negara tidak menerima pajak maka Negara tidak akan memiliki kemampuan untuk melakukan pembiayaan berbagai proyek pembangunan. Tidak akan ada biaya untuk melakukan perbaikan jalan, jembatan dan berbagai fasilitias umum yang lainya. Banyak pegawai yang tidak akan mendapatkan gaji. Banyak sekolah, rumah sakit dan puskesmas yang terbengkalai karena tidak ada pembiayaan yang mengalir. Kesejahteraan masyarakat pun akan terkena imbas dari semua itu.

Selain itu, pajak juga digunakan untuk memberikan subsidi berbagai barang kebutuhan masyarakat. Pupuk untuk petani dan bahan bakar minyak merupakan contoh barang yang dibutuhkan oleh masyarakat yang mendapatkan subsidi dari pajak. seandainya barang – barang kebutuhan tersebut tidak mendapatkan subsidi maka bisa dipastikan harga barang – barang tersebut akan melambung tinggi. Bahkan mungkin tidak bisa dibeli oleh masyarakat. Sekarang saja harga pupuk urea sekitar 100 ribuan sudah cukup mencekik petani. Hanya petani yang memiliki keuangan kuat yang mampu membeli pupuk yang dibutuhkan untuk sawah mereka. Usaha Mikro Kecil dan Menengah atau UMKM juga mendapatkan manfaat dari pajak. berbagai pembinaan dan modal untuk UMKM juga berasal dari pajak.

Dari penjabaran di atas dapat kita tarik kesimpulan tentan manfaat membayar pajak bagi kesejahteraan masyarakat. Di antaranya:

  1. Pajak digunakan untuk memberikan subsidi berbagai barang kebutuhan masyarakat
  2. Pajak digunakan untuk pembiayaan berbagai proyek seperti jalan, jembatan, sekolah, rumah sakit dan fasilitas umum lainya.
  3. Pajak digunakan untuk membayar gaji pegawai.
  4. Pajak digunakan untuk pembinaan dan modal UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah).

Jadi setelah mengetahui tentang manfaat membayar pajak, sudah seharusnya wajib pajak memenuhi kewajiban sebagai wajib pajak. anda juga tidak perlu khawatir dengan pajak yang anda bayarkan sebab pajak ini dikelola oleh direktorat jenderal pajak kementrian keuangan. semuanya diawasi dan disalurkan untuk menunjang roda pemerintahan dan berbagai pembiayaan pembangunan yang hasil akhirnya adalah untuk kesejahteraan masyarakat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *