Home >> Info Pajak >> Cari Tahu Apa Itu Pajak Bumi dan Bangunan

Cari Tahu Apa Itu Pajak Bumi dan Bangunan

Apa itu pajak bumi dan bangunan?

Pajak bumi dan bangunan atau biasa dikenal PBB (bukan Perserikatan Bangsa – Bangsa) merupakan pajak yang dikenakan atas kepemilikan tanah dan atau bangunan yang dimiliki oleh wajib pajak. pajak bumi dan bangunan biasanya dibayar sekali dalam setahun.

Pajak bumi dan bangunan sejatinya merupakan pajak pusat namun realisasi penerimaanya diserahkan kepada Pemerintah Daerah atau Pemda. Sejak diberlakukanya Peraturan Daerah tentang Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaan pada 1 Januari 2010, Pajak Bumi dan Bangunan bukan lagi menjadi pajak pusat tetapi menjadi pajak daerah. Jadi untuk pengelolaan pajak tersebut diserahkan kepada masing – masing daerah atau kota.

Pajak Bumi dan Bangunan
Pajak Bumi dan Bangunan

Apa saja yang termasuk objek pajak bumi dan bangunan?

Dari pengertian pajak bumi dan bangunan ada dua hal yang menjadi focus perhatian yaitu apa saja objek yang termasuk dalam pajak bumi dan bangunan. Pertama pengertian dari bumi di sini adalah segala yang ada di permukaan bumi yaitu tanah dan perairan. Tidak hanya yang ada di permukaan saja tetapi juga yang ada di bawah tanah tersebut. Yang kedua, pengertian dari bangunan adalah wujud konstruksi yang ada baik di atas tanah maupun di atas perairan.

Jadi dari pengertian di atas, dapat diambil contoh sederhana; rumah yang kita tempati, tanah yang kita miliki itu termasuk ke dalam pajak bumi dan bangunan. Dan objek pajak tersebut wajib untuk dibayar pajaknya. Sebab, kita bisa menikmati dan memanfaatkan objek – objek tersebut. Namun ada pula objek yang tidak kena pajak bumi dan bangunan di antaranya seperti kuburan, hutan lindung, taman nasional, peninggalan purbakala dan lain sebagainya.

Bagaimana cara membayar pajak bumi dan bangunan?

Setelah memahami apa itu pajak bumi dan bangunan kemudian objek apa saja yang termasuk PBB, berikutnya yang perlu diketahui adalah bagaiaman cara membayar pajak bumi dan bangunan.

Sebenarnya ada beberapa cara membayar pbb yaitu membayar melalui bank, kantor pos dan juga petugas pemungut pajak dari pemerintah daerah. Apabila anda tinggal di pedesaan, biasanya ada petugas dari desa yang datang langsung ke rumah – rumah. Biasanya kepala dusun sendiri yang turun ke tiap rumah warga. Cara ini tentu akan sangat memudahkan warga desa yang ingin melakukan pembayaran pajak bumi dan bangunan. Mengingat, terkadang tidak mudah akses dari desa menuju bank atau kantor pos.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *