Home >> Binatang Peliharaan >> Cara Ternak Burung Kenari Bagi Pemula Yang Lengkap
Burung Kenari Gacor
Burung Kenari Gacor

Cara Ternak Burung Kenari Bagi Pemula Yang Lengkap

Burung kenari saat ini telah menjadi salah satu burung favorit untuk orang-orang yang suka beternak burung, burung kenari ini sangat populer di pasaran lokal maupun di dunia. Apalagi harga burung kenari bisa dibilang stabil/konsisten mulai dari yang paling murah sampai harga yang paling mahal, tergantung jenis burung kenari. Karena itulah alasan kenapa burung kenari menjadi burung pilihan untuk orang yang suka berternak burung. Saat ini banyak pemula yang tertarik dengan bisnis ini dan juga ingin membudidayakan burung kenari bahwa burung kenari ini jenis burung yang bagus dan bisa menjanjikan.

Banyak orang yang memilih burung kenari sebagai burung ternak yang terpopuler dan konsisten sepanjang masa, burung kenari ini termasuk salah satu burung yang banyak digemari oleh banyak orang, karena mempunyai bentuk tubuh yang munggil, memiliki suara yang bagus, lembut, nyaring, dan tidak kasar sehingga mampu menyejukkan hati untuk pemiliknya dan juga burung kenari ini mempunyai karakter burung lomba dan kalian bisa melihat acara lomba yang bisa menyertakan burung kenari ini sebagai burung kontes yang tepat.

Pasangan-Burung-Kenari
Pasangan-Burung-Kenari
Bagi pemula, kami sarankan untuk memulai ternak kenari lokal atau kenari kecil dahulu, karena relatif lebih mudah dibanding ternak kenari besar.

Berikut ini cara ternak kenari bagi pemula yang lengkap:

Membedakan Kelamin Pada Burung Kenari

Bagi kalian yang mau menjadi peternak pemula kalian harus bisa membedakan antara Kenari Jantan dan Kenari Betina. Untuk membedakannya cukup mudah, pada usia 1 bulan biasanya burung kenari jantan ini sudah dipisah dari induknya dan sering berbunyi, sedangkan burung kenari betina masih belum berbunyi. Kalian bisa melihat pada bentuk tubuhnya, untuk bentuk burung kenari jantan biasanya bentuk tubuhnya agak panjang dan ramping, kalau burung kenari betina bentuk tubuhnya cenderung lebih bulat. Banyak orang yang melihat pada bentuk telur, biasanya bentuk telur burung kenari jantan bentuknya oval dan agak lonjong, sedangkan telur kenari betina bentuknya bulat.

Mengenai Usia Burung Kenari

Untuk mengetahui usia burung setiap saat juga penting, karena dengan mengetahui usia burung kalian bisa mengetahui kapan waktunya diberi pakan yang lembut, kasar, dll. Selain itu kalian juga tau kapan waktunya burung ini dikawinkan ataupun sudah saatnya dijual. Biasanya burung kenari jantan yang sudah usia 8 bulan yang siap untuk dikawinkan, dan burung kenari betina yang sudah usia 6 bulan. Usia burung menjadi salah satu faktor yang penting untuk pembudidayaan burung kenari yang patut untuk kalian ketahui.

Memperhatikan Kondisi Kandang atau Sangkarnya

Dalam usaha budidaya burung kenari juga perlu memperhatikan kondisi sangkarnya, mulai dari ukuran sangkar, ,meletakkan sangkar di daerah yang tepat, dan juga harus memperhatikan kebersihannya. Pilihlah sangkar yang ukurannya standar yang dijual di pasar, kalau milih sangkar jangan sampai memilih yang terlalu kecil karena bisa mengakibatkan burung kenari stress. Letakkan sangkar pada daerah yang tepat, misalnya: letakkan di samping tembok agar sangkarnya tidak mudah goyah. Jauhkan dari tempat keramaian karena pada saat proses kenari dewasa mengerami telurnya menjadi terganggu. Hindarkan juga dari tempat yang tidak nyaman, misalnya: banyak semut, serangga , yang bisa masuk ke dalam sangkar burung yang bisa membahayakan burung kenari kalian. Untuk menjaga kebersihan sangkar kalian juga perlu memperhatikan, lakukan pembersihan secara teratur, kalau sangkar sudah terlihat ada kotoran langsung bersihkan.

Sangkar-Burung-Kenari-Yang-Ideal
Sangkar-Burung-Kenari-Yang-Ideal

Lakukan Penjodohan

Dalam proses budidaya burung kenari, yang perlu diperhatikan yaitu proses penjodohan. Proses penjodohan harus dilakukan secara tepat, misalnya dengan cara meletakkan kenari induk jantan dan betina pada sangkar yang khusus penjodohan, yaitu antara kenari jantan dan betina berilah sekat hingga beberapa hari agar keduanya saling mengenal dan juga akan terbiasa saat sudah waktunya berkumpul atau bersama. Selain diberi sekat, ada juga yang langsung dipersatukan dalam satu sangkar. Tetapi hal ini perlu diperhatikan pada induknya, apabila induk betina benar-benar sudah siap untuk dikawinkan.

Proses Mengerami

Pada saat burung kenari sudah berada pada sangkar yang tepat, yaitu sudah mendapat tempat untuk mengerami telur. Kalian bisa membeli sangkar dipasar biasanya sangkarnya lengkap beserta tempat untuk mengerami telur. Pada proses mengerami ini termasuk salah satu keberhasilan dalam pembudidayaan burung kenari. Yang perlu kalian perhatikan yaitu pada saat proses mengerami ini lamanya memerlukan waktu 12 hari sampai 14 hari, tergantung juga dengan kondisi cuaca dan suhu udara. Biasanya para peternak menambahkan lampu 5 watt sebagai salah satu alat yang penting dalam penghangatan kondisi dalam sangkar. Apabila sudah lebih dari 12 hari telur akan menetas satu per satu dan umumnya semua telur menetas berselang selama 1 hari. Pada masa ini dilakukan pemisahan pada kenari jantan, dan itu juga tergantung pada karakter kenari jantan. Jangan lupa siapkan extra fooding agar anakan kenari tumbuh dengan baik.

Menjaga Kesehatan Kenari

Kalian harus mengecek kesehatan kenari, kalau perlu cegah dengan obat kenari alami agar kebal dari serangan penyakit. Kalian harus setiap hari melakukan mandi dan menjemur burung kenari secara rutin selain itu juga akan membuat performa dari burung kebari itu menjadi lebih prima, dan membuat kenari lebih senang berbunyi, karena kalau kenari sering berbunyi itulah keinginan semua penghobi burung kenari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *