Home >> Teknologi >> Cara Mudah Mengatasi Laptop Cepat Panas
Mengatasi Laptop Cepat Panas
Mengatasi Laptop Cepat Panas

Cara Mudah Mengatasi Laptop Cepat Panas

Apakabar kawan-kawan semuanya. Kalian pasti sering kuatir kalau kalian sudah merasakan bahwa laptop atau netbook kalian sudah mulai memanas dan sudah sangat panas yang berlebihan belum lagi keadaan laptop yang kita pakai masih dalam keadaan baru. Dan hal ini sering membuat kita jadi cemas . Nah di kesempatan kali ini saya akan mengajarkan tips-tips agar laptop tetap aman dan tidak mudah panas.

Hal yang biasa membuat laptop cepat panas disebabkan oleh banyak hal. Akibatnya kipas laptop yang berputar di dalam itu percuma bila suhu panas dari prosesor sudah menguat dan komponen-komponen lainya juga masih beroprasi didalam. Jika ini terus berlanjut hal ini bisa mengakibatkan kerusakan pada komponen-komponen yang berada pada laptop bahkan bisa lebih parah lagi bila sudah berlebihan komponenya malah bisa terbakar.

Penyebab lainya yang membuat laptop cepat panas adalah di saat kita bermain game yang memiliki grafik tinggi,, sehingga tentu saja semua komponen yang ada di dalam laptop akan bekera lebih keras dan maksimal lagi tentunya. Dan ini bisa mengakibatkan panas komponen didalam laptop menjadi cepat panas belum lagi ini bisa memperpendek umur dari komponen laptop kita.

Semua hal itu tidak boleh kita biarkan begitu saja. Jika kalian semua masih menyayangi laptop atau notebook kalian semua. Karena jika kalian lakukan secara terus-menerus. Ini biisa berakibat fatal bagi kelangsungan laptop dan notebook kalian, dan pastinya kalian akan menanggung rugi, ada pepatah mengatakan “mencegah itu lebih baik dari pada mengobati” maka dari itu di artikel saya kali ini saya akan membagikan beberapa tips agar laptop dan notebook kalian tidak cepat panas.

Beberapa Cara Mudah Agar Laptop Tidak Mudah Panas

Letakkan Laptop di Permukaan yang Datar dan Yang Tidak Mudah Menyerap Panas

Disaat kalian menggunakan laptop kalian jangan menggunakannya di atas permukaan yang mudah menyerap panas seperti di atas Kasur ataupun yang bersifat seperti Kasur dan bantal. Karena itu dapat mengakibatkan terganggunya sirkulasi udara yang keluar dan bisa membuat udara panas dari laptop tertahan di Kasur/bantal itu. Jadi kalian jik ingin laptop kalian tetap awet letakkanlah laptop kalian di atas permukaan yang padat, keras, dan tidak berdebu, dan yang tidak berpotensi mendatangkan suhu yang panas

Gunakalah Coolingpad Atau Kipas Pendingin

Jika kalian ingin lebih aman gunakanlah coolingpad di setia kalian menggunakan laptop kalian Karena ini bisa membantu suhu laptop kalian agar tetap terjaga serta membantu fan yang ada di dalam komponen laptop. Agar suhu laptop kalian tetap stabil.

Bersihkan Kipas Yang Ada Didalam Laptop Kalian Secara Rutin

Jika kalian memiliki sedikit keahlian di bidang computer pasti enak jika ingin membersihkan kipas laptop kalian Karena jika ingin membersihkan Van yang ada di dalam laptop itu tidaklah sembarangan. Juga kalian harus rutin membersihkan kipas laptop kalian agar kinerjanya tidak terganggu oleh debu dan kotoran lainnya serta agar suhu laptop kalian tetap terjaga dengan baik.

Ganti Pasta Prosesor Secara Berkala

Nah ini lagi jika kalian memiliki keahlian di bidang computer bakalan mudah untuk mengerjakannya. Tapi jika kalian tidak bisa mengerjakannya sendiri bawalah laptop kalian ke tukang servis agar bisa di gantikan pastanya, yaaa tentunya bakalan mengeluarin biaya yang lebih dari pada menggantinya sendiri. Nah lakukan penggantian pasta prosesor kalain secara rutin Karena hal ini bisa membantu untuk mengurahi suhu tinggi pada prosesor kalian.

Nah demikianlah beberapa cara untuk meredakan suhu berlebih pada laptop. Lakukanlah tips-tips tadi agar umur laptop kalian makin panjang dan kalian bisa menikmati laptop kalian lebih lama. Semoga apa yang saya bagikan dapat bermanfaat bagi sobat semuanya.

One comment

  1. laptop saya awet sejak 2013 hingga sekarang. tapi nggak original 100% sich.
    pernah ganti motherboard + lcd + keyboard + charger + battery
    hahhaa.. itu sih semuanya ya?
    habisnya kalau beli laptop baru jaman sekarang rp 5-7 juta kok rasae eman-eman gitu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *