Home >> Gaya Hidup >> Cara Merawat Sepatu Dengan Baik dan Benar

Cara Merawat Sepatu Dengan Baik dan Benar

Sepatu saat ini tidak menjadi fhasion yang tidak bisa dipisahkan baik itu kaum wanita maupun kaum pria, selain untuk melengkapi penampilan fungsi dari sepatu juga sangat penting karena sepatu berperan penting untuk melindungi kaki kita dari benda-benda tajam ketika kita berjalan.

Untuk menjaga kualitas sepatu agar tetap terjaga dan juga terawat, hal yang sangat mudah adalah kita harus memperhatikan cara merawat sepatu, merawat sepatu juga tidak bisa dilakukan dengan sembarangan masih banyak sekali orang-orang yang merawat sepatu dengan asal-asalan, hal itu lah yang mengakibatkan sepatu cepat rusak, dan akhirnya tidak bisa digunkan lagi.

Lalu bagaimana cara merawat sepatu agar terlihat baru, dan juga awet, berikut ini adalah tips merawat sepatu dengan baik dan benar.

1.Hindari Mesin Cuci

Banyak sekali yang menyangka bahwa mencuci menggunakan sepatu, akan mempermudah membersihkan sepatu, padahal cara itu sangat salah, karena menggunakan mesin cuci untuk membersihkan sepatu akan membuat sepatu berkerut, atau bisa sampai sobek, bahkan lem pada sepatu akan mudah lepas.

Oleh karena itu untuk membersihkan sepatu sebaiknya gunakan sikat cuci dan sabun atau bisa menggunakan ditergen hal ini untuk menghindari kerusakan pada sepatu, selain itu anda juga harus memperhatikan penggunaan pemutih karena pemutih bisa memudarkan warna sepatu aslinya.

Jika sepatu anda terkena noda yang sekiranya susah untuk di hilangkan maka anda harus cepat-cepat meyucinya hal ini untuk menghindari meresapnya noda pada kain sepatu, karena jika sudah meresap maka noda akan semakin sulit di hilangkan, dan akan membuat akin rusak atau pun bisa saja sobek.

2.Semir Secara Rutin

Menyemir sepatu juga adalah salah satu cara merawat sepatu agar tetap awet. Terutama pada sepatu laki-laki yang menggunakan kain atau bahan dasar lainnya, caranya setelah anda membersihkan sepatu maka semirlah dengan sikat diseluruh bagian sepatu, usahakan anda telah memastikan keadaan sepatu sudah kering.

Selain itu menyamakan warna semir dengan sepatu juga sangat penting, jika sepatu anda berwarna hitam maka usahakan warna semir anda juga hitam, setelah semua bagian sepatu selesai disemir langkah selanjutnya gosoklah sepatu dengan air bersih ini bertujuan agar sepatu terlihat mengkilat, sebaiknya semir sepatu secara rutin atau juga bisa selama tiga hari sekali.

3.Simpan Sepatu Dengan Baik

Apakah kebiasaan anda setiap hari meletakkan sepatu dengan sembarangan? hati-hati karena meletakkan sepatu sembarangan itu juga menjadi salah satu penyebab terjadinya kerusakan pada sepatu, jadi mulai sekarang jika anda baru pulang dari bepergian maka letakkanlah sepatu pada tempatnya, karena kebiasaan yang sangat mudah ini belum tentu bisa dilakukan oleh setiap orang. Sebaiknya jangan menumpuk sepatu dengan sepatu lainya, karena sepatu yang ditumpuk akan mudah kotor dan juga menjadi tergores oleh sepatu yang lainnya.

Mungkin hanya itu saja tips dari saya, mengenai cara merawat sepatu dengan baik dan juga benar agar sepatu tetap terlihat baru, jika anda merawat sepatu dengan benar maka keuntungannya anda tidak perlu sering-sering membeli sepatu, anda juga akan menjadi hemat karena tips merawat sepatu di atas bisa dilakukan di rumah.

Semoga dengan dengan mempraktekkan beberapa tips ini bisa membantu anda untuk merawat sepatu-sepatu anda yang ada di rumah agar tetap terjaga dan tidak mudah rusak. Tentunya sepatu menjadi lebih awet, Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *