Home >> How To >> Cara Merawat dan Membersihkan Tas yang Benar Agar Awet dan Tahan Lama
Cara Merawat dan Membersihkan Tas

Cara Merawat dan Membersihkan Tas yang Benar Agar Awet dan Tahan Lama

Untuk para ibu – ibu dan cewek – cewek yang suka mengoleksi berbagai macam bentuk serta jenis tasadalah suatu kebutuhan hati yang sangat menyenangkan, suatu kebutuhan hati yang susah untuk diungkapkan. Memiliki banyak tas unik dan cantik tidak perlu bingung – bingung untuk matchingin baju yang ingin anda gunakan. Namun, terkadang pasti terdapat rasa takut akan rusaknya tas – tas anda miliki jika telah lama dipakai. Nah, anda tenang saja, karena artikel berikut ini akan memberikan anda beberapa cara merawat tas. Simak terus ya artikelnya?

Berikut ini merupakan beberapa cara merawat dan membersihkan tas yang benar supaya lebih awet serta tahan lama :

  • Tas yang sudah dipakai sebaiknya dikosongkan terlebih dahulu kalau anda ingin menyimpannya di dalam lemari. Contohnya tinta pena, lipstik, dan masih banyak jenis benda yang lain. Karena sebagian benda tersebut dapat luntur kalau dibiarkan di dalam tas dalam waktu yang terlalu lama dan hal tersebut dapat merusak tas anda.
  • Berikanlah beberapa gumpalan tisu di dalam tas, supaya dapat mempertahankan bentuk tas yang anda miliki. Anda harus ingat, jangan sampai memakai gumpalan koran bekas di dalam tas anda. Hal tersebut dapat membuat berubahnya bentuk tekstur dari tas anda.
  • Taruhlah tas anda di tempat yang tidak lembab.Pakailah anti lembab silica gel atauoun kamper di dalam tas anda. Hal tersebut akan mencegah timbulnya jamur di tas anda.
  • Kalau tas anda mempunyai aksesoris, misalnya bebatuan ataupun kristal, lebih baik jika dibungkus menggunakan plastik dengan bantalan udara kecil, misalnya diberikan gelembung sebelum dimasukkan ke dalam kotak ataupun sarung, agar dapat terhindar dari segala benturan ketika bergesekan ataupun tertimpa dengan benda yang berada di sekelilingnya.
  • Anda harus memisahkan antara tas plastik, kain, dan kulit. Tempatkanlah tas – tas tersebut sesuai dengan bahannya sendiri – sendiri.
  • Tas anda memerlukan perawatan yang khusus, karena sangat gampang terhadap sobekan, kerutan, serta gesekan.
  • Kalau tas anda terdapat noda, bersihkanlah dengan memakai lap kering yang memiliki tekstur lembut supaya noda tidak menyerap pada material tas anda. Jika noda tersebut tidak bisa hilang, anda harus cepat – cepat membawa tas anda ke tempat pembersih tas yang sudah berbakat dalam membersihkan tas.
  • Kalau anda memiliki beberapa tas yang telah terlanjur berjamur, ada bercak putih, silahkan bersihkan dengan menggunakan sabun khusus kulit (saddle soap) ataupun krim pembersih khusus untuk kulit. Gosoklah dengan menggunakan lap kering supaya bertambah mengkilap.

Membersihkan Tas Berdasarkan Bahan

  • Leather (Kulit)

Kulit merupakan bahan paling awet, lentur , dan sangat berkualitas jika dijadikan sebagai tas. Merawat tas kulit asli harus teratur dilakukan. Caranya, semirlah tas kulit (pilihlah semir yang berwarna netral) setiap 3 sampai 4 bulan sekali. Pakailah sikat berbulu yang halus. Mulailah menyemir dari bagian bawah tas untuk memastikan semit tersebut tidak merusak warna tas anda. Kemudian, sikat pelan – pelan ke arah atas sesuai tekstur kulit.

  • Kain

Untuk tas yang berbahan kain, umumnya dirawat dengan memakai vacum cleaner yang berukuran kecil. Dengan begitu semua kotoran serta debu akan lebih gampang hilang. Namun, pemakaian vacum cleaner hanya dapat dipakai jika tas mempunyai konstruksi yang kuat. Kalau tidak, anda dapat membersihkannya dengan menggunakan air hangat dan detergent secukupnya. Jangan menyikatnya, cukup dengan menguceknya hingga noda hilang.

Tas kain dengan bebatuan, manik – manik, ataupun ornamen biasanya lebih susah dibersihkan, terutama jika terkena noda. Tas kain jenis tersebut jangan dibersihkan sendiri, karena dapat merusak warna serta ornamennya. Lebih baik, datangilah tukang tas yang sudah ahli untuk membersihkannya. Namun, anda tetap dapat merawatnya. Simpanlah tas dalam kantong khusus yang diberikan ketika awal anda membelinya. Untuk menjaga bentuknya, isilah tas dengan menggunakan serpihan kertas maupun tisu. Simpanlah dengan keadaan berdiri maupun digantung bersama dengan wadahnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *