Home >> Kesehatan >> Cara Menjaga Kesehatan Tubuh Secara Alami Agar Selalu Bugar

Cara Menjaga Kesehatan Tubuh Secara Alami Agar Selalu Bugar

Bukan hanya dari segi materi, sehat dikatakan mahal karena hal tersebut langsung berpengaruh dengan kegiatan sehari – hari yang kita kerjakan. Jika kita selalu sehat, maka kita bisa mengerjakan kegiatan sehari – hari dengan baik. Namun, jika kita sakit, secara langsung bisa menghambat aktivitas sehari – hari kita, sehingga kegiatan yang kita lakukan tidak berjalan dengan baik.

Hidup sehat selalu menjadi keinginan untuk setiap orang. Tapi, banyak orang yang tidak mengerti bagaimana cara menjaga kesehatan tubuh dengan baik, bahkan terkadang malah mengerjakan aktivitas yang berdampak jelek bagi tubuh.

Berikut merupakan beberapa cara menjaga kesehatan tubuh agar bisa membantu anda memahami betapa pentingnya kesehatan untuk diri kita sendiri. Walaupun sedikit, yang penting bisa dikerjakan dengan baik selama hidup kita, percaya deh dapat memperpanjang hidup kita. Berikut inilah beberapa caranya menjaga kesehatan tubuh secara alami :

1. Sarapan Sebelum Jam 9

Sarapan Pagi

Sarapan merupakan hal yang penting untuk menjaga kesehatan kita. Sudah disetujui oleh sebagian ahli jika sarapan yang paling baik adalah sarapan yang dilakukan sebelum jam 9 pagi. Sarapan merupakan hal yang sangat penting, karena di pagi hari keadaan perut kita kosong karena sudah diproses ketika kita istirahat di malam hari yaitu kira – kira 7 hingga 8 jam.

Sarapan adalah sumber energi utama kita untuk mengerjakan kegiatan di siang hari. Meninggalkan sarapan pagi bisa membuat tubuh menjadi lemas, kurang bertenaga, susah berpikir, dan bahkan lesu. Untuk anak – anak, sarapan bisa memenuhi kebutuhan energi sebanyak 15 hingga 30 persen dari kebutuhan energi serta gizi harian. Bukan hanya untuk memenuhi kebutuhan energi dalam tubuh, ternyata sarapan juga bisa mencegah terjadinya hipokolesterol serta obesitas.

2. Jangan Terlalu Sering Mengonsumsi Makanan Instan

Jangan Terlalu Sering Memakan Makanan Instan

Makanan instan memiliki kelebihan praktis disiapkan dan enak, namun lebih banyak dampak negati untuk kesehatan tubuh anda. Makanan instan merupakan sahabat terbaik untuk anda yang sibuk dengan kegiatan serta pekerjaan, misalnya mahasiswa ataupun pekerja kantoran. Salah satu makanan instan yang gampang disajikan adalah mie instan. Jangan terlalu sering makan mie instan, karena dalam mie instan terdapat kandungan zat kimia, misalnya natrium karbonat, natrium polifosfat, zat lilin, kalium karbonat, dan pewarna makanan, padahal semua zat tersebut tidak baik jika terlalu sering dikonsumsi untuk kesehatan tubuh kita.

Bukan berarti kita tidak boleh memakan sama sekali makanan instan, namun jangan terlalu sering, maksimal seminggu sekali. Di saat memasak mie instan, juga harus menggunakan cara yang benar, yaitu jangan memasak bumbu mie ke dalam api yang menyala namun taburkan bumbu mie ketika sudah selesai dimasak serta terletak didalam piring. Ketika memasak mie instan, usahakan air setelah memasak mie diganti dengan yang baru, karena mie mengandung lilin, sehingga air hasil masakan mie instan banyak mengandung lilin serta jika sampai masuk ke dalam tubuh manusia akan berbahaya.

3. Usahakan Minum Air Putih Sebelum serta Setelah Tidur

Minum Air Putih yang Banyak

Meminum air putih sebelum serta setelah bangun tidur adalah hal yang sangat baik. Sebelum tidur, usahakan minum air putih minimal satu gelas, sehingga di saat anda tidur, air putih dapat membantu tubuh anda mengeluarkan racun – racun yang terdapat di dalam tubuh anda. Ketika anda bangun tidur, usahakan jangan meminum minuman lain kecuali air putih. Minum air putih saat bangun tidur sangat baik untuk menyeimbangkan kinerja otak anda yang habis diistirahatkan serta akan digunakan kembali.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.