Home >> Info Pajak >> Cara Mengurus NPWP Online

Cara Mengurus NPWP Online

Memiliki NPWP atau Nomor Pokok Wajib Pajak dapat memberikan beberapa keuntungan bagi anda. Salah satu contoh keuntungan memiliki npwp adalah kemudahan bagi anda dalam administrasi yang berkaitan dengan bank. Misal anda mau mengambil kredit perumahan, maka salah satu syaratnya anda harus memiliki npwp. Jika belum memilikinya, maka anda harus mengurus npwp terlebih dahulu.

Cara mengurus npwp tidaklah susah. Anda bisa mengurus npwp langsung di Kantor Pelayanan Pajak (KPP) atau ke Kantor Pelayanan Penyuluhan dan Konsultasi Perpajakan (KP2KP). Cara yang pertama ini biasa disebut daftar npwp offline atau daftar npwp secara langsung. Tata cara mengurus npwp secara langsung ini juga sangat mudah. Anda tinggal menyiapkan berkas atau dokumen persysaratan daftar npwp. Petugas selanjutnya akan meminta anda untuk mengisi formulir pendaftaran wajib pajak orang pribadi. Setelah dilakukan pemeriksaan, petugas kemudian akan mencetak kartu npwp pada saat itu juga. Anda hanya perlu menunggu beberapa saat. Prosesnya pun tidak lama.

Cara Mengurus NPWP Online
Cara Mengurus NPWP Online

Namun kelemahan daftar npwp offline atau daftar npwp secara langsung adalah anda harus datang langsung ke Kantor Pelayanan Pajak (KPP) atau ke Kantor Pelayanan Penyuluhan dan Konsultasi Perpajakan (KP2KP). Bisa jadi di sana jika sedang ramai anda harus mengantri dengan para pemohon npwp yang lain. Selain itu jarak tempat tinggal dengan lokasi KPP atau KP2KP juga menjadi kendala mengurus npwp offline atau mengurus npwp langsung.

Bagi anda yang ingin menghindari kendala mengurus npwp langsung, anda bisa mencoba opsi yang kedua yaitu mengurus npwp online. Cara mengurus npwp online juga sangat mudah. Asal anda mengerti dan memahami tahap demi tahap yang perlu dilakukan. Berikut tata cara mengurus npwp online:

  1. Pastikan perangkat yang anda miliki tersambung dengan internet baik PC, laptop atau smartphone anda. Sebab, mengurus npwp online ini wajib tersambung dengan internet.
  2. Setelah perangkat siap, buka browser anda bisa Mozilla firefox, google chrome atau yang lainya kemudian masukan alamat https://ereg.pajak.go.id
  3. Buat akun dengan menggunakan email anda. Masukan password, kode captcha lalu klik login.
  4. Anda akan dibawa menuju halaman berikutnya. Pada halaman tersebut anda diminta untuk melengkapi dengan data diri dengan benar. Sebaiknya baca dan isi setiap detail dengan data yang benar supaya tidak terjadi kesalahan dalam pembuatan npwp.
  5. Anda juga akan diminta untuk mengupload berkas seperti KTP bagi Warga Negara Indonesia atau KITAS bagi Warga Negara Asing.
  6. Langkah berikutnya jika formulir sudah diisi lengkap, klik “token”. Secara ototmatis system akan mengirim kode rahasia atau token ke email anda.
  7. Periksa email anda. Jika sudah ada token yang dikirim, masukan token tersebut ke formulir regsitrasi npwp online.
  8. Klik “kirim permohonan”.
  9. Jika permohonan pendaftaran npwp anda disetujui, kartu npwp anda akan dicetakan dan dikirim ke alamat pendaftar.

Bagaimana cukup mudah bukan mengurus npwp online sendiri? Namun jika masih ada yang perlu ditanyakan anda bisa menghubungi Kring Pajak di 500200. Nomor ini merupakan nomor resmi yang bisa dihubungi jadi jangan khawatir apabila masih ada yang perlu ditanyakan petugas siap memandu anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *