Home >> My Life >> My Note >> Cara Mengisi Waktu Transit
Transit Di Bandara Saat Liburan Di Thailand

Cara Mengisi Waktu Transit

Transit adalah waktu pemberhentian sementara untuk berganti pesawat atau melanjutkan perjalanan dengan pesawat yang sama namun dengan penumpang lain yang berbeda ketika melanjutkan perjalanan ke tempat tujuan.

Untuk orang yang sudah terbiasa melakukan perjalanan jauh menggunakan pesawat ke tempat lain pasti sudah pernah atau mungkin sudah terbiasa dengan yang namanya transit. Sebenarnya bukan hanya moda transportasi udara saja yang harus transit, ada beberapa kendaraan di darat yang juga memerlukan transit. Namun untuk kali ini, kami hanya akan membahas seputar transit pesawat udara saja.

Transit Di Bandara Saat Liburan Di Thailand
Transit Di Bandara Saat Liburan Di Thailand

Ada beberapa hal yang dapat menyebabkan transit pada saat melakukan perjalan menggunakan pesawat terbang:

  • Keterisian tempat duduk .

Setiap jalur penerbangan dinilai dari jumlah penumpang yang memenuhi kursi penerbangan. Semakin terisi kursi di suatu jalur penerbangan maka semakin baik karena maspkapai dapat meraup untung besar.

  • Jarak yang terlalu jauh dan pesawat yang terlalu kecil sehingga memerlukan pengisian bahan bakar di bandara transit atau bahkan mengganti pesawat yang lain untuk melanjutkan perjalanan.
  • Kerja sama bilateral pemerintah atau maskapai guna meningkatkan traffic di daerah transit atau karena fasilitas hangar yang mumpuni bagi maskapai.

Apa yang harus dilakukan penumpang pada saat transit? Waktu transit bervariasi, mulai dari 45 menit sampai 12 jam. Bahkan ada pula yang transitnya sampai satu hari. Untuk perjalanan panjang, biasanya lokasi transit bisa sampai dua atau tiga transit. Berikut ini kami bagikan bebrapa tips untuk mengisi kekosongan saat transit:

  • Periksa dengan teliti berapa lama waktu anda transit. Mengingat berapa lama waktu transit sangatlah penting. Kita jadi bisa tahu kapan harus kembali ke departure lounge atau ruang tunggu untuk melanjutkan perjalanan selanjutnya. Jangan sampai anda ketinggalan pesawat karena dapat merugikan dan merepotkan diri anda sendiri.
  • Seberapa lama waktu anda transit bisa menentukan kegiatan apa yang akan anda lakukan. Jika anda hanya memiliki waktu transit sebentar atau masih dalam hitungan puluhan menit, anda tidak bisa berkeliling jalan jalan atau berbelanja. Lebih baik anda duduk saja di ruang tunggu.
  • Jika anda memiliki waktu paling tidak 1 jam, maka belanjalah oleh oleh, makan atau minum, keliling melihat sekitaran bandara dan pastikan anda sudah tahu ruang tunggu ada di sebelah mana sehingga anda tidak bingung ketika akan kembali. Anda juga bisa diam hanya duduk duduk bersantai sambil membaca atau mengobrol dengan teman seperjalanan atau mungkin teman baru.
  • Jika anda punya waktu dua sampai tiga jam, maka anda bisa mengeksplorasi bandara, carilah tahu apakah ada tur keliling bandara atau tidak, relaksasi, tidur dan mandi, belanja oleh oleh atau makan dan minum dengan santai.
  • Jika anda memiliki waktu 3 sampai 12 jam, banyak sekali pilihan yang bisa dilakukan untuk memastikan anda tidak bosan. Anda bisa melakukan semua kegiatan yang telah disebutkan sebelumnya. Bawalah buku, ipod atau laptop dan bersenang – senang di dalam bandara. Walau begitu jangan sampai lupa waktu.
  • Jika anda memiliki waktu transit lebih dari 12 jam, carilah penginapan. Banyak hotel transit yang dapat disewa per jam atau per malam. Pilihan lainnya, anda bisa mencari tur yang disediakan di bandara seperti yang ada di Frankfurt atau Incheon Korea. Beberapa bandara menyediakan fasilitas transit yang unik. Seperti di bandara Incheon yang menyediakan tempat untuk belajar budaya Korea, ruang pameran, workshop kesenian. Di Changi menyediakan ruang bermain anak, ruang nonton film, taman kecil dan pertunjukan musik live.

Bagi anda yang ingin wisata kuliner, anda bisa mencoba makan di tempat makan yang ada di bandara. Namun jangan kaget karena biasanya harga makanan di bandara lebih mahal dari biasanya.

Untuk pecinta fotografi, anda bisa keliling bandara dan mengambil foto foto unik dari pengunjung atau arsitektur bandara. Apapun kagiatan anda, ingatlah jika anda hanya bisa berada di dalam bandara dan tidak bisa keluar dari lingkungan bandara jika tidak memiliki visa. Jagalah selalu barang barang anda dengan rapi, gunakan troli bila perlu. Dapatkan peta bandara apalagi jika anda sedang berada di bandara yang besar. Biasanya peta bandara dibagikan gratis dalam bentuk buklet atau brosur lipat. Jika anda tersesat di dalam bandara yang besar maka langsung carilah pusat informasi. Anda juga bisa memanfaatkan jaringan wifi gratis yang biasanya disediakan oleh pihak bandara, seperti yang ada di bandara Changi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *