Home >> Pendidikan >> Cara Cepat Mendapatkan Pekerjaan
mencari pekerjaan

Cara Cepat Mendapatkan Pekerjaan

Kerja merupakan salah satu kegiatan yang dilakukan untuk mendapatkan hasil guna  mencukupi kebutuhan sehari-hari dan kebutuhan yang lainnya. Karena itu hampir semua orang bekerja untuk mempertahankan dan meningkatkan kualitas hidupnya.

Namun di waktu sekarang ini mencari pekerjaan tidak semudah dulu, sekarang semakin banyak persaingan. Selain itu jumlah lapangan pekerjaan dengan jumlah tenaga kerja yang ada masih tidak sebanding. Karena itu tidak heran jika ada banyak pengangguran yang masih kesulitan mendapatkan pekerjaan.

Kita harus pandai-pandai mencari peluang dan memanfaatkan kesempatan tersebut sebaik mungkin agar nantinya pekerjaan tersebut berhasil kita dapatkan. Untuk itu di sini kami akan memberikan beberapa langkah jitu untuk mendapatkan pekerjaan dengan cepat:

  1. Perbarui resume anda

Dengan memperbarui resume, surat lamaran kerja, Curicullum Vitae (CV), dan portofolio, berarti anda sudah siap maju untuk bersaing mendapatkan pekerjaan. Tanpa resume yang baik dan benar anda akan mengalami kesulitan dalam mencari pekerjaan.

Bahkan keberhasilan atau kegagalan seseorang dalam mencari pekerjaan bermula dari lamaran kerja  yang kita buat, karena itu buatlah resume, surat lamaran pekerjaan, CV, dan portofolio dengan sebaik dan serapi mungkin.

Dengan memperbaiki resume dan lainnya tadi, anda akan memiliki lebih banyak peluang untuk bisa diterima kerja pada perusaan tersebut, dan bahkan bisa memperoleh posisi yang diinginkan.

  1. Buat rencana yang matang

Awali dengan membuat rencana yang matang dengan mencari terlebih dahulu jenis pekerjaan yang anda inginkan, kemudian cari lowongan pekerjaan yang sesuai dengan minat anda, serta cari yang sesuai dengan kualifikasi yang anda punya setidaknya 80 %.

Gunakan internet, media koran, karyawan perusahaan yang bersangkutan, atau media penyedia info lainnya yang memberikan informasi mengenai lowongan pekerjaan yan tersedia. Jika perlu hadiri juga acara bursa kerja yang menghadirkan dan menyediakan beberapa lowongan kerja.

Pastikan anda mengetahui target perusahaan dan posisi yang anda inginkan dan memang sesuai dengan kriteria yang anda miliki. Namun jika belum ada yang sesuai, tidak ada salahnya untuk mencari posisi lain dan mencobanya.

  1. Bangun hubungan

Salah satu yang dapat kita gunakan untuk membangun hubungan adalah melalui media sosial. Kita dapat memperoleh informasi mengenai lowongan pekerjaan yang tersedia dengan bergabung di forum-forum yang memberikanb informasi lowongan pekerjaan.

Mulai ikuti perkembangan media sosial dari perusahaan-perusahaan yang anda minati untuk membangun ikatan. Dengan begini anda akan lebih tahu mengenai data dan informasi perusahaan tersebut.

  1. Fokus pada kualitas

Fakus dengan kualitas dilakukan dari anda membuat resume dan surat lamaran pekerjaan serta mengirimkannya, kirimkan pada perusahaan yang memang benar sedang membuka lowongan pekerjaan.

Jangan pernah untuk mengirimkan surat lamaran kerja pada perusahaan yang sedang tidak membuka lowongan pekerjaan. Koreksi juga bahwa perusahaan yang akan kita kirim resume dan surat lamaran kerja tersebut sesuai dengan kriteria yang kita miliki.

Untuk kemudian jika anda mendapatkan panggialan wawancara kerja. Carilah terlebih dahulu informasi sebanyak-banyaknya tentang perusahaan tersebut, karena hal itu dapat membantu anda untuk mendapatkan kesempatan menjadi karyawan di perusahaan tersebut.

  1. Tetap teratur

Tetap ingatlah untuk posisi apa anda mengirimkan lamaran kerja pada perusahaan tersebut, serta ingat dengan siapa anda berhadapan saat melakukan tahap seleksi penerimaan karyawan di perusahaan tersebut.

Buat catatan khusus untuk memeriksa perusahaan, posisi, hingga kapan lamaran kerja anda kirimkan. Hal ini akan membantu dalam melakukan follow-up setiap lamaran kerja yang sudah anda kirimkan.

Dan yang tidak kalah penting untuk segera mendapatkan pekerjaan adalah kita harus bisa bersikap pro-aktif untuk mencari pekerjaan. Jika hanya duduk menunggu tawaran pekerjaan maka anda akan menunggu lebih lama.

Untuk mendapatkan pekerjaan dengan cepat yang terpenting kita juga harus mau menengok tempat-tempat yang biasanya menyediakan informasi lowongan pekerjaan, baik itu di Depnaker, Yayayan penyedian informasi kerja dan lainnya.

Dengan begitu anda akan mengetahui informasi lowongan pekerjaan yang sedang tersedia dan anda pun dapat mencoba mengirimkan lamaran kerja jika kriteria yangt diminta sesaui dengan yang anda miliki.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *