Home >> Gaya Hidup >> Kesehatan >> Cara Cepat dan Alami Mengobati Diare yang Harus Anda Ketahui
Cara Cepat Dan Alami Mengobati Diare
Cara Cepat Dan Alami Mengobati Diare

Cara Cepat dan Alami Mengobati Diare yang Harus Anda Ketahui

Diare merupakan penyakit yang ditandai dengan adanya perubahan bentuk feses yang semula padat menjadi lebih lembek atau bahkan menjadi cair. Selama feses masih berbentuk lembek atau cair, si penderita akan terus terangsang untuk buang air besar, oleh sebab itulah orang yang mengalami diare akan bolak-balik ke kamar mandi stidaknya 4 sampai 5 kali sehari. Kesembuhan penderita diare ditandai dengan perubahan bentuk feses yang awalnya cair menjadi padat kembali.

Beberapa Penyebab Penyakit Diare
Beberapa Penyebab Penyakit Diare

Sebelum saya membahas tentang cara cepat dan alami mengatsi diare, ada baiknya jika anda mengetahui tentang penyaakit diare ini. Penyakit diare disebabkan oleh beberapa hal, yaitu infeksi (infeksi pada saluran pencernaan manusia), virus (virus yang menginfeksi tubuh seperti rota virus, adeno virus, dan entero virus), parasit (jamur, cacing, dan protozoa yang masuk ke dalam tubuh), parental (infeksi di luar organ pencernaan seperti tonsilipharingitis dan infeksi otitis media akut), alergi makanan, gangguan metabolism tubuh, obat antibiotik, penyakit usus,dan kekurangan nutrisi. Penyakit diare ditandai dengan beberapa gejala seperti sakit perut, mual dan muntah, BAB terus menerus, tidak nafsu makan, demam, feses yang bercampur dengan darah, dan lemas. Penyakit diare terbagi ke dalam beberapa jenis yang bisa saja dialami oleh setiap manusia, dan jenis diare dibedakan berdasarkan waktu dan gejala apa saja yang muncul, berikut beberapa jenis atau tingkatan penyakit diare:

  1. Diare Ringan

Diare ringan adalah jenis diare yang gejalanya timbul selama kurang dari 3 hari.

  1. Diare Akut

Diare dikatakan akut apabila gejalanya timbul selama kurang dari 2 minggu.

  1. Diare Persisten

Diare jenis ini dapat menyerang penderitanya selama lebih dari 2 minggu, bahkan bisa sampai 1 bulan jika tidak segera diobati.

  1. Disentri

Disentri merupakan jenis diare yang gejalanya adalah adanya darah dan lendir yang dikeluarkan bersama feses.

  1. Kolera

Kolera adalah jenis diare, tapi setelah diadakan penelitian ternyata penyebabnya adalah adanya bakteri kolera yang ikut bersama feses saat dikeluarkan.

Dan jika anda mengalami diare yang masih dalam tahap ringan, sebaiknya anda segera mencari cara yang tepat dan cepat untuk mengobati diare tersebut agar tidak menjadi semakin parah. Karna jika diare sudah masuk dalam tahap akut atau kronis bahkan sudah masuk ke jenis diare persisten, maka si penderita membutuhkan perawatan yang intensif di rumah sakit. Dan berikutlah beberapa cara cepat dan alami mengobati cdan mengatasi diare yang harus anda ketahui:

1.Meminum Air yang Mengandung Elektrolit

Elektrolit merupakan zat yang terkandung di dalam air dapat menghindarkan tubuh dari dehidrasi dan kekurangan cairan. Namun sayangnya tidak semua air tidak mengandung zat ini, harga air yang mengandung zat elektrolit lebih mahal daripada air mineral biasa. Dibutuhkan alat khusus untuk mengubah air biasa menjadi air elektrolit, air yang mengandung elektrolit dapat membuat cairan tubuh si penderita diare tercukupi lagi.

2.Menggunakan Oralit

Oralit merupakan cairan khusus untuk diare yang dapat mengurangi jumlah cairan dalam feses, cara membuat oralit adalah:

  • Siapkan 1 liter air yang sudah dimasak
  • Kemudian larutkan 1 sendok teh garam ke dalam air tersebut
  • Dalam wadah yang berbeda, larutkan 8 sendok teh gula menggunakan air matang tadi
  • Lalu campurkan larutan garam dan larutan gula tersebut sampai benar-benar tercampur rata.
  • Minumlah ramuan tersebut secara rutin tiga sampai empat kali sehari agar diare anda cepat sembuh

3.Makan Dengan Porsi yang Sedikit Namun Sering

Untuk anda yang sedang diare, makanlah dalam porsi yang sedikit namun sering, dan jangan makan terlalu cepat. Kunyahlah makanan sampai benar-benar lembut, karna makanan yang masih kasar akan membuat diare anda semakin parah.

4.Menjaga Kebersihan Tubuh dan Makanan

Menjaga kebersihan tubuh dan makanan adalah cara yang paling ampuh untuk mengatasi penyakit diare. Menjaga kebersihan tubuh dapat membatasi penyebaran virus diare, sedangkan menjaga kebersihan makanan dapat menghindarkan tubuh terkena diare. Makanan yang tidak bersih pasti mengandung bakteri, dan bakteri itulah yang menyebabkan timbulnya diare.

5.Yogurt

Yogurt mengandung bakteri baik yang dapat membunuh bakteri jahat penyebab diare di dalam tubuh, oleh sebab itulah yogurt bisa digunakan untuk mengobati diare.

6.Mengompres Perut Dengan Air Hangat

Penederita diare akan mengalami sakit perut yang sering dan berkepanjangan, dan cara untuk mengurangi rasa sakit perut tersebut adalah dengan mengompres perut menggunakan air hangat.

7.Kaldu dan Garam

Air kaldu yang dicampur dengan air garam dapat mengobati diare. Minumlah campuran tersebut secara rutin 2 kali sehari untuk mengobati diare.

8.Ramuan Daun Jambu Biji

Zat flavonoid yang terkandung dalam daun jambu biji dapat mengurangi cairan di dalam feses, sehingga daun jambu biji cukup efektif untuk mengobati diare. Cara membuat ramuannya pun juga mudah, cukup dengan merebus 15 lembar daun jambu biji yang ditambah dengan sedikit garam. Minumlah ramuan ini tiga kali sehari.

9.Mengkonsumsi Sereal

Makanan sereal yang dibuat dari tepung tapioka juga dapat mengatasi diare, karna tepung tapioka lebih mudah diserap oleh tubuh dibandingkan dengan makanan yang lainnya.

10.Memakan Salak

Rutin memakan salak dengan mengupas terlebih dahulu kulit dalamnya dapat mengatasi diare, karna salak yang sudah dikupas kulit dalamnya mengandung serat yang rendah, sehingga sangat cocok untuk anda yang sedang diare.

11.Kulit Jeruk

Kulit jeruk ternyata juga bisa digunakan untuk mengobati diare, namun hanya jeruk alami atau tanpa pestisida lah yang dapat digunakan. Cara menngunakannya adalah dengan merebus kulit jeruk yang sudah dicuci bersih, minumlah air rebusan ini secara rutin, dan jika anda tidak suka dengan rasa pahitnya, anda juga bisa menambahkan madu ke dalam air rebusannya.

12.Menggunakan Ramuan Khusus Untuk Diare

  • Ramuan pertama

Siapkan satu sendok makan minyak kelapa, 6 butir lada, 6 lembar daun sirih. Haluskan semua bahan tersebut lalu usapkan ke bagian perut dan diamkan beberapa saat, ramuan ini bisa meredakan rasa sakit pada perut dan menghilangkan diare.

  • Ramuan kedua

Siapkan kulit manggis, 3 gelas air, dan madu. Cuci kulit manggis sampai bersih lalu rebus menggunakan air 3 tadi. Tunggu sampai mendidih lalu diamkan sampai air rebusan menjadi ½ gelas, saring kemudian campurkan dengan madu dan aduk sampai rata. Minumlah ramuan tersebut secara rutin 2 kali sehari.

Setelah melakukan beberapa upaya di atas, anda juga harus ingat bahwa ada makanan larangan untuk penderita diare, yaitu:

  • Olahan susu (kecuali yogurt).
  • Makanan yang berminyak
  • Makanan dan minuman yang mengandung kafein (kopi dan coklat)
  • Makanan dengan kandungan gula yang tinggi
  • Makanan yang asam

Sedangkan makanan yang disarankan untuk penderita diare adalah:

  • Wortel rebus
  • Kentang rebus
  • Roti panggang
  • Pisang rebus
  • Ayam giling
  • Bubur tanpa santan

Demikianlah cara cepat dan alami mengobati diare yang dapat saya sampaikan, jangan remehkan penyakit diare karna kalau sampai ke tahap yang serius, maka dapat menimbulkan gangguan pada kesehatan. Sekian dan semoga bermanfaat!

About Fatka Aulia

Hidup memang susah untuk ditebak, namun jika kita merancang hidup ini dengan do'a dan usaha yang konsisten, maka kita akan mendapatkan hidup yang kita inginkan. Itulah kata-kata yang selama ini saya terapakan dalam kehidupan saya. Strive for your life!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *