Home >> How To >> Cara Budidaya Kroto Bagi Pemula
Cara Budidaya Kroto

Cara Budidaya Kroto Bagi Pemula

Cara beternak kroto ini sangatlah mudah, hanya dengan bermodal toples saja kalian sudah bisa melakukan beternak kroto. Beternak ini jarang sekali orang yang melakukannya, saat kalian di desa dan di kota pasti hanya orang yang melakukan ternak sapi, ikan dan lain sebagainya untuk dijadikan ternak. Ternyata dengan kalian beternak kroto ini bisa menjadikan wirausaha yang mendapat jutaan dari beternak kroto ini.

Untuk kalian para pemula yang ingin beternak kroto, kami harap info tentang beternak kroto ini bisa menjadi panduan sukses bagi kalian.

Cara Beternak Kroto Bibit Dari Alam

Cara beternak kroto dengan bibit alam yaitu salah satu cara alternatif, bibit untuk beternak kroto ini kalian bisa ambil dari alam bebas. Seperti orang yang memburu kroto, mencarisarang semut rangrang lalu diambil krotonya. Tetapi di dalam ternak kroto ini, hanya sedikit berbeda. Cara beternak kroto alami ini kalian bisa mengambil sarang semut rangrang yang ada krotonya lalu ternak bukan dijual.

Cara Beternak Kroto Bibit Dari Budidaya

Cara ini berbeda dengan cara beternak kroto dengan bibit alam. Cara beternak kroto ini kalian bisa membeli bibit kroto dari peternak yang sudah lama beternak kroto. Hal ini lah cara alternatif kedua kalau kalian tidak menemui bibit kroto di alam bebas. Memang sangat berbeda dengan bibit dari alam bebas, cara beternak kroto dengan bibit dari peternak ini sudah lengkap. Biasanya kalau beli dari peternak, bibit kroto ini sudah memiliki semut ratu, semut prajurit dan semut pekerja dalam satu koloni semut itu.

Cara Beternak Kroto Bibit Tanpa Ratu

Kalau kalian beli bibit dari peternak untuk beternak kroto, harga bibit dan ratu saat dijual terpisah. Biasanya harga bibit kroto sangat murah dari pada ratu semut. Jadi kalau kalian sudah memiliki modal kalian hanya beli bibit semut rangrang saja, tanpa harus membeli ratunya. Hal ini sama juga saat beternak kroto dari bibit alam bebas. Saat beternak tanpa ratu tidak masalah karena asal mulanya ratu yaitu dari bibit kroto yang biasa. Untuk bibit kroto yang akan kalian ternak itu akan menghasilkan ratu dengan seiringnya waktu.

Cara Beternak Kroto Dai Toples

Banyak para peternak yang sekarang sudah tidak melakukan beternak dengan menggunakan toples, pada dasarnya semua memiliki fungsi yang sama yaitu untuk rumah semut rangrang dan juga untuk tempat lelur-telur semut.

Keunggulan beternak dengan toples yaitu tempatnya mudah di dapat, kuantitas atau harga tempat sangat murah, proses saat panennya mudah, cara jual kroto juga sangat murah, dan mudah dalam pengamatan perkembangan kroto. Kelemahan saat beternak dengan toples yaitu tempatnya termasuk kategori transparan, dan juga cepat penuh karena tempat yang kecil.

Cara Beternak Kroto Besek

Cara beternak kroto dengan tempat besek ini juga hampir sama dengan tempat sarang toples, hanya yang membedakan yaitu bentuk dan kegunaan ruangan dan juga bahan tempat tersebut. Keunggulan menggunakan besek yaitu tempat besek memiliki tempat ruang yang kondusip, tidak transparan, terbuat dari bahan alami, bisa dikatakan awet, dan temperature suhu dan kelembapan yang optimal. Kelemahan beternak menggunakan besek yaitu kualitas besek relatif mahal, tidak mudah di temui, pasokannya terbatas, dan tidak bisa mengamati perkembangan kroto.

Cara Beternak Kroto Dengan Kardus

Dalam cara beternak kroto dengan kardus ini memang terdengar cukup aneh, ternyata malah banyak orang yang melakukan hal ini saat beternak kroto. Keunggulan menggunakan kardus yaitu murah, kardus juga mudah di dapat, stoknya juga banyak, dan juga mempunyai ukuran yang bervariasi. Kemelahan menggunakan kardus yaitu perkembangan kroto tidak bisa dipantau, saat proses pemanenan sangat sulit dan terkadang semut tidak mau bersarang kalau salah memilih kardus.

Hal Yang Perlu Diperhatikan Saat Beternak Kroto

Tidak banyak tentang hal apa saja yang wajib di perhatikan dalam beternak kroto, pada umunya sering sekali dijumpai untuk beternak sapi, ikan dan lain sebagainya. Berikut ini beberapa hal yang bisa kalian jadikan sebagai pedoman untuk beternak kroto. Dalam bisnis wajib untuk dipertimbangkan. Berikut ini kerangka hal-hal yang perlu kalian perhatikan:

Lingkungan Beternak Kroto

  • Lokasi dalam beternak kroto, usahakan sangat minim cahayanya
  • Sirkulasi udara harus baik
  • Suhu lokasi optimal yaitu 26-30 celcius
  • Lokasi harus memiliki kelembapan 60-72%

Rak Ternak Kroto

  • Usahakan saat beternak kroto menggunakan bahan rak yang berserat
  • Usahakan rak sesuai dengan kuantitas bibit

Keamanan Semut Kroto

Keamanan dalam ternak kroto yaitu hal yang tidak perlu di sepelekan. Pasang tempat keamanan denganmemberikan air di setiap kaki rak dengan wadah atau kalian juga bisa menggantinya dengan tempat kolam buatan, agar hal ini berfungsi untuk menahan semut biar tidak kabur dan berceceran.

Pakan Saat Ternak Kroto

  • Dalam pemberian makanan saat beternak kroto usahakan beri pakan yang masih hidup
  • Kalian bisa memberikan makan dengan ulat hongkong, ulat pisang, belalang, dan jangkrik.
  • Berilah minum semut rangrang dengan air gula dengan perbandingan 1 banding 4 (gula dan air) setiap hari atau saat minumnya habis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *