Home >> Binatang Peliharaan >> Cara Budidaya Ikan Koi Praktis dan Cepat
Cara Budidaya Ikan Koi
Cara Budidaya Ikan Koi

Cara Budidaya Ikan Koi Praktis dan Cepat

Ikan koi termasuk dalam kategori ikan karper atau mas, nama ilmiah dari ikan ini adalah Cyprinus caprio. Ikan koi awalnya adalah ikan mas, dikarnakan para petani memiliki ide yang sangat kreatif akhirnya mereka mengawin silangkan macam macam ikan mas, dan mereka berhasil memperoleh ikan yang unik dan cantik, kemudian ikan tersebut dinamakan sebagai ikan koi, sebenarnya banyak sekali yang menerangkan awal mulanya ikan koi. Ikan koi permakali dipopulerkan oleh orang orang negara Jepang.

Waktu demi waktu ikan koi menyebar dengan sangat luas termasuk sampai ke Indonesia, tahun 1960 ikan akoi mulai populer di Indonesia, karena pada saat itu pemimpin dari negara cina memberikan sebuah hadiah yang menarik yaitu berbagai jenis ikan koi kepada presiden Soekarno, kemudian presiden Soekarna memberikan kepda serang petani ikan yang berada di kota Batu Jawa Timur untuk dibudidayakan, hadiah tersebut menjadi cikal bakalnya pengembangan koi lokal.

Budidaya Ikan Koi
Budidaya Ikan Koi

Meskipun koi lokal masi dipandang sebelah mata oleh masyarakat, tapi para petani lokal terus berusaha untuk mengembangkan kualitas ikan koi lokal, budidaya ikan koi mulai bekembang di daerah Blitar Jawa Timur, seiring berjalannya waktu kualitas ikan koi mulai meningkat, dan banyak pasar yang menerima para pembudidaya ikan koi. Dengan masuknya ikan koi impor ke Indonesia persaingan ikan koi lokal menjadi lebih tinggi lagi mulai dari harga sampai kualitasnya.

Budidaya ikan koi sangat mudah untuk dilakukan, dari tahap awal sampai tahap panen caranya cukup mudah untuk dilakukan, dan caranyapun juga tidak berbeda jauh dengan budidaya ikan mas, yang menjadi masalah mungkin hanya persediaan bibit koi yang berkualitas. Pada coretan kali ini kami akan membahas tentang cara budidaya ikan koi.

1.Memilih Indukan yang Baik

Memilih indukan ikan koi adalah hal yang paling penting, karena biasanya jika indukan ikan koi baik maka keturunannya juga akan baik, adapun ciri ciri indukan yang baik adalah keadaan fisiknya sehat (tidak cacat, mempunyai sirip yang lengkap), iika koi jantan minimal sudah berumur 2 tahun, dan koi betina minimal sudah berumur 3 tahunan, gerakan berenangnya tenang dan seimbang, warnanya cemerlang.

2.Pemeliharaan Indukan Ikan Koi

Sebaiknya indukan ikan koi dipelihara ditempat yang berbeda dan khusus, biasanya dalam satu tempat ditaruh satu indukan betina, sedangkan indukan jantannya bisa dua samapi tiga. Indukan jantan dan betina harus dipelihara dikolam yang berbeda supaya ketika dipijahkan indukan ikan koi tidak harus merasakan pemberokan lagi, jika dilihat secara umum pemeliharaan kolam indukan sama sperti kolam pembesaran. Adapun untuk pemberian makanan gunakanlah pellet sebesar 8 mm, untuk ikan koi yang sudah berumuran lebih dari 2 tahun dan berukuran kurang lebih sekitar 60 Cm. Jumlah makanan yang diberikan kurang lebih 3-5% dari bobot tubuhnya dalam satu hari.

3.Penyortiran Ikan Koi

Penyoortiran ikan koi ini dilakukan untuk menentukan nilai harga dari ikan koi tersebut, ikan koi yang mmpunyai kualitas tinggi pastinya mempunyai nilai jual yang tinggi juga. Penyortiran ikan koi bisa dilakukan ketika ikan koi sudah berumur 1 bulan, dikarnakan pada umur tersebut ikan koi sudah lumayan kuat untuk dipindahkan dan jika ingin lbih aman lagi anda bisa mnyortirnya ketika ikan sudah berumur 3 bulan. Adapun faktor faktor yang harus diperhatikan ktika proses penyortiran adalah ukuran badan, warna, dan bentuk ikan koi. Dan ikan koi digolongkan berdasarkan ukurannya jika ikannya kecil maka harus diempatkan bersamaan dengan ikan yang kecil begitu juga sebaliknya. Adapun bentuk badan disesuaikan dngan keadaan bentuk badan ikan koi, dan bentuk badan yang baik dan bagus harus proposianal maksudnya badannya harus berbentuk bulat sebagaimana peluru tapi tidak terlalu panjang, siripnya simtris, dan gerakannya tenang tapi lincah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *