Home >> How To >> Cara Budidaya Ikan Gurame di Kolam Terpal dan Beton
Berbudidaya Ikan Gurame
Berbudidaya Ikan Gurame

Cara Budidaya Ikan Gurame di Kolam Terpal dan Beton

Budidaya ikan gurame ini sebenarnya tak sulit Karena ikan ini adalah ikan air tawar yang mudah sekali di pelihara di mana pun. Budidaya ikan gurame ini mempunyai potensi bisnis yang sangat menggiurkan. Permintaan level ikan gurame pada restoran dan juga supermarket tinggi sekali dan juga stabil sekali. Di tambah lagi dengan tinggkat konsumsi ikan gurame di masyarakat yang menunjukkan peningkatan. Tidak ada salahnya jika anda mencoba terjun di dunia bisnis di halaman rumah anda. Budidaya ikan gurame yang sangat baik ini memerlukan lahan yang luas agar bisa membangun beberapa kolam pembesaran.

Yang uniknya, sekarang sudah tidak pakai kolam permanen, tapi cukup dengan menggunakan terpal plastic yang kedap air. Tapi kolam terpal ini dari segi biaya sangat hemat dari pada membangun kolam permanen yang di buat dari semen. Untuk lebih jelas, berikut ini penjelasan selengkapnya yang mengenai budidaya ikan gurame. Perkembang biakan ikan gurame ini bisa di lakukan di kolam tanah maupun kolam permanen. Untuk persiapan kola mini di masukkan untuk menumbuhkan makanan alami dalam jumlah yang cukup seperti plangton.

Budidaya Ikan Gurame

Persiapan di kolam permanen atau terpal

Cara membudidaya ikan gurame ini dapat di lakukan dengan dua jeni model. Cara budidaya ikan ini di kolam dan juga beton dapat menggali tanah dengan kedalaman 90 cm. Kemudian terpal daapat di pasang paa tanah galian tadi, lalu memasang terpal pada tanah yaitu dengan menggunakan bantuan rangka dari besi ataupun kayu. Lalu terpal ini di rangkai dengan menyerupai bak, bebang pada terpal juga tidak terlalu berat pada saat di beri air. Car kedua ini dapat memudhkan kita untuk melakukan penggantian dan jug pemberssihan pada kolam. Kita juga dapat menyedot kotoran di dalam kolam terpal dengan mudah. Kotoran ikan ini juga harus di keluarkan dari kolam agar kebersihan dan juga kesehatan air tetap terjaga.

Pemilihan Bibit Ikan Gurame

Tahap yang berikutnya di dalam buddidaya ikan gurame adalah dengan pengadaan bibit gurame. Terdapat duaa sember untuk memperoleh bibit gurame yaitu dengan pembibitan sendiri ataupun dengan membeli dari peternak lainnya. Peternak yang senior biasanya mengawinkan sendiri indukan untuk memperoleh bibit yang berkualitas unggul, tanpa membeli dib alai perikanan.

Tapi bagi peternak yang pemula bisa membeli bibit gurame dari balai perikanan ataupun bisa membeli di pedagang ikan. Bibit yang ideal siap tebar yang berukuran tiga jari orang dewasa. Kalau bibitnya terlalu kecil, di khawatirkan tingkat kematian yang cukup tinggi karena sulit untuk beradaptasi ddengan kondisi air dalam kolam terpal. Jadi, di dalam budidaya ikan gurame ini di saranka untuk pemilihan bibit. Pilihlah bibit yang ukurannya lebih besar, jadi anda idak perlu menunggu masa panen yang terlampau lama. Setelah bibit tersebut di tebar di kolam terpal, maka di tahapan ini anda juga harus serius untuk memantau dan juga memperhatikan kondisi bibit gurame agar bibit tersebu tidak mudah mati, berilah makanan yang bergizi dan juga yang mengandung prebiotik.

Pendedaran Ikan Gurame

Setelah kolam terpal selesai di buat, langkah yang selanjutnya yaitu untuk mengisi kolam dengan ikan gurame, tapi sebelum ikan di masukkan, harus di pastikan terlebih dahulu kolam dalam kondisi bersih dari penyakit dan juga zat-zat yang berbahaya. Terpal ini mengandung unsure kimia untuk pewarnanya, jadi sebelum di pasang perlu di cuci ter lebih dahulu dan juga di bersihkan. Kalau untuk membunuh pathogen kolam yang telah terisi dengan air lalu di tburu garam 2 ons/m3. Dan juga pastikan ikan gurame yang akan di budidayakan tidak mengandung bibit penyakit. Jika terdapat gurame yang terkena penyakit, maka perlu di karantina terlebih dahulu sebelum di masukkan kedalam kolam.

Pemberian Pakan Ikan Gurame

Tahapan untuk membudidaya ikan gurame ini adalah dengan pemberian pakan ikan. Pemberian pakan ikan gurame ini ada tiga tahap yaitu pakan untuk bibit, pakan yang dapat memacu pertumbuhn dan juga pakan untuk gurame indukan. Pakan yang di berikan untuk anakkan sebaiknya di beri pellet yang ukurannya kecil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *