Home >> Tips Dan Trik >> Cara Ampuh Untuk Meningkatkan Konsentrasi dan Daya Ingat Otak
Cara Meningkatkan Daya Ingat dan Konsentrasi
Cara Meningkatkan Daya Ingat dan Konsentrasi

Cara Ampuh Untuk Meningkatkan Konsentrasi dan Daya Ingat Otak

Cara Meningkatkan Konsentrasi dan Daya Ingat
Cara Meningkatkan Konsentrasi dan Daya Ingat

Meningkatkan Daya Ingat dan konsentrasi dalam belajar sangatlah penting, apalagi bagi anda yang masih usia muda. Karena, semua kegiatan yang kita kerjakan di masa muda mempunyai pengaruh yang sangat besar untuk masa depan kita nantinya. Setiap manusia, mempunyai daya ingat yang berbeda – beda antara satu dengan yang lain. Sebagian dari mereka mempunyai kemampuan dalam memahami, mengingat, dan menangkap suatu hal yang didengar atau dilihat dengan cepat. Tapi, ada juga yang mempunyai kemampuan otak lambat. Hal tersebut bisa terjadi pada mereka yang terkena gangguan gejala alzheimer atau demensia.

Kemampuan otak yang lambat dalam menerima suatu hal tidak hanya disebabkan oleh gangguan kesehatan, namun juga dapat terjadi karena otak jarang dilatih. Sudah dibuktikan oleh sebagian ilmuwan, jika otak yang sering dilatih mempunyai peluang yang lebih besar dalam tingkat konsentrasi dan tingkat kecerdasannya yang lebih baik.

Untuk anda yang ingin menambah atau meningkatkan kemampuan dalam meningkatkan konsentrasi yang baik serta meningkatkan daya ingat, dapat mencoba beberapa solusi di bawah ini. Berikut ini merupakan cara atau tips dalam meningkatkan daya ingat serta konsentrasi yang dapat anda coba :

1. Sarapan Pagi

Makan Pagi
Makan Pagi

Untuk meningkatkan daya ingat dan konsentrasi, anda bisa membiasakan sarapan pagi secara teratur. Sarapan juga bisa menambah kemampuan otak dalam memecahkan suatu masalah, meningkatkan daya ingat dan kinerja mental, dan dapat meningkatkan mood anda. Sarapan juga merupakan kesempatan untuk tubuh mengisi glukosa setelah sebelumnya tubuh beristirahat dengan tanpa makanan sekitar 8 sampai 12 jam. Glukosa adalah sumber utama untuk pemasok energi dalam tubuh anda.

2. Hindari Makanan yang Mengandung Gula

Jauhi Makanan yang Mengandung Banyak Gula
Jauhi Makanan yang Mengandung Banyak Gula

Karbohidrat baik dalam bentuk keripik kentang, roti putih, dan pasta bisa meningkatkan rasa malas dan lelah pada tubuh. Sehingga, seseorang akan susah untuk menggunakan otaknya dalam berpikir jernih. Hal tersebut disebabkan karena reaksi dari insulin yang mengalir dalam darah untuk menangkal tingginya kadar gula yang masuk.

3. Konsumsi Kacang Almond

Konsumsi Kacang Almond
Konsumsi Kacang Almond

Almond adalah salah satu jenis kacang – kacangan yang termasuk menjadi bahan dalam pembuatan suplemen. Kacang almond mengandung antioksidan dan asam lemak esensial omega-3 yang dapat meningkatkan memori otak. Kandungan antioksidan yang terdapat di dalam kacang almond juga baik bagi kesehatan mata.

Tips mengonsumsi kacang almond :

  • Siapkan 5 hingga 10 kacang almond, kemudian rendam selama semalaman.
  • Pada pagi harinya, kelupas kulit kacang kemudian tumbuk serta giling sampai benar – benar halus.
  • Buat secangkir susu yang masih hangat, kemudian tuangkan air susu itu ke dalam panci bebarengan dengan kacang almond yang sudah halus.
  • Rebuslah serta tambahkan sedikit gula.

Minum setiap hari sekitar 1 sampai 2 bulan secara teratur.

4. Jintan Hitam

Jintan Hitam
Jintan Hitam

Jintan hitam adalah salah satu jenis tumbuhan rempah – rempah yang tergolong sebagai jenis tanaman obat. Jintan hitam mengandung antioksidan yang dapat membantu mengasah otak dan mempunyai anti inflamasi juga neuron yang bermanfaat untuk melindungi otak dari kerusakan.

Cara menggunakan jintan hitam :

  • Siapkanlah madu dan bubuk jintan hitam.
  • Campurkanlah satu setengah sendok teh bubuk jintan hitam dengan madu menjadi satu.
  • Minumlah 2 kali sehari sekitar beberapa minggu.

Di zaman modern sekarang ini, jintan hitam sudah banyak dibuat suplemen, maka anda dapat mengonsumsi suplemen jintan hitam sesuai dengan anjuran  yang terdapat dalam kemasannya.

5. Madu dan Kayu Manis

Madu dan Kayu Manis
Madu dan Kayu Manis

Madu serta kayu manis mempunyai berbagai macam kandungan yang bermanfaat untuk meningkatkan memori sekaligus pereda saraf otak yang sedang tegang. Sebagian penelitian mengatakan jika bau kayu manis bisa membantu meningkatkan fungsi kognitif dan memori otak. Sedangkan madu bisa dikonsumsi setiap hari ketika hendak tidur. Mengonsumsi madu sebelum tidur dapat membuat kualitas tidur menjadi lebih baik dan dapat mengurangi stress metabolik nokturnal. Jika kualitas tidur baik, pasti pikiran akan menjadi ringan.

6. Minyak Kelapa

Minyak Kelapa
Minyak Kelapa

Minyak kelapa adalah bahan alami yang bermanfaat untuk meningkatkan kualitas otak dalam diri seseorang. Bukan hanya itu, minyak kelapa dapat dipakai untuk mencegah penurunan fungsi otak dan menurunkan resiko terkena penyakit alzheimer. Konsumsi dengan rutin sebanyak satu sendok teh minyak kelapa murni. Anda juga dapat mencampurnya di makanan yang ingin anda makan.

7. Belajar Sebanyak Mungkin

Belajar Sebanyak Mungkin
Belajar Sebanyak Mungkin

Belajar sebanyak mungkin adalah salah satu solusi meningkatkan konsentrasi serta daya ingat dalam belajar. Ketika kita mempelajari suatu hal yang baru, maka akan terbentuk aliran arus saraf yang baru pada otak kita. Mereka yang pintar umumnya mempunyai aliran arus yang lebih banyak daripada orang lain. Otak manusia dapat membentuk aliran arus saraf baru, yang akan bertambah banyak ketika kita mempelajari sesuatu hal yang baru.

8. Jogging

Jogging
Jogging

Seorang pakar mengatakan, meningkatkan kecerdasan, mencegah hilangnya ingatan, dan meningkatkan mood, dapat dilakukan dengan lebih baik ketika anda sedang berkeringat dan melakukan aktivitas yang mengolah detak jantung. Dari hal tersebut, dapat diambil kesimpulan, jika olahraga aerobik atau jogging dapat membantu otak kita agar bisa bekerja dengan optimal.

Jogging tidak hanya bermanfaat untuk meningkatkan kecerdasan dan mood seseorang, namun juga membantu tubuh dalam membakar lemak serta kalori yang menumpuk di dalam tubuh. Sehingga, tubuh akan terlihat lebih kurus serta ideal.

9. Menulis

Menulis
Menulis

Menulis hal penting serta kegiatan dalam kehidupan sehari – hari bisa membantu meningkatkan konsentrasi serta daya ingat. Hal tersebut memang kelihatan sepele, namun solusi ini sangat efektif. Jika anda khawatir lupa tentang sesuatu hal yang penting, maka tulislah di buku harian ataupun selembar kertas. Kegiatan menulis dapat membuat aliran oksigen ke area otak, sehingga sesuatu yang anda tulis akan mudah diingat – ingat dibandingkan tidak kamu tulis. Menulis akan membantu untuk meningkatkan kapasitas memori untuk menghafal atau mengingat suatu informasi.

10. Jangan Memikirkan Terlalu Banyak Hal yang Tidak Penting

Jangan Memikirkan Banyak Hal
Jangan Memikirkan Banyak Hal

Mengerjakan serta memikirkan banyak hal bisa membuat anda sering lupa. Hal tersebut dikarenakan anda terlalu memperhatikan serta memikirkan banyak hal dengan bersamaan. Kinerja otak tidak dapat melakukan banyak hal dalam waktu yang bersamaan. Seperti, anda akan sulit membaca buku serta melakukan percakapan dengan seseorang di waktu yang sama. Keadaan tersebut pasti  bisa menurunkan konsentrasi anda. Otak memerlukan selama 8 detik untuk menyimpan informasi dalam memori. Sehingga, rileks serta jangan mengerjakan sesuatu hal dengan bersamaan.

11. Mengonsumsi Makanan yang Baik untuk Otak

Coklat
Coklat

Penelitian mengatakan jika procyanidins yang terdapat di dalam dark chocolate bisa membantu daya ingat atau memori dengan meningkatkan sirkulasi otak saat melawan inflamasi serta oksidasi. Bukan hanya itu, makanan yang berguna untuk sistem saraf pusat merupakan makanan yang mengandung antioksidan dan vitamin yang tinggi. Misalnya, buah, kacang – kacangan, sayuran hijau, serta minyak nabati.

12. Konsumsi Banyak Antioksidan

Mengonsumsi Banyak Antioksidan
Mengonsumsi Banyak Antioksidan

Antioksidan terkenal sebagai zat yang bermanfaat untuk meningkatkan sistem ketahanan tubuh manusia. Antioksidan juga berperan penting untuk melindungi sel – sel yang terdapat dalam tubuh, termasuk otak. Terdapat banyak makanan yang mempunyai kandungan antioksidan sangat tinggi, misalnya cranberry, strawberry, blackberry, kismis, rasberry, dan bayam yang dapat dimanfaatkan untuk pemasok sumber antioksidan yang terdapat dalam tubuh. Dengan kualitas sel otak yang bagus, pasti daya ingat dan konsentrasi anda dalam belajar akan bertambah.

Hal – hal di atas adalah cara yang tepat untuk anda yang ingin meningkatkan konsentrasi serta daya ingat dalam belajar. Semoga bermanfaat.

 

About ria muktiani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *