Home >> Tips Dan Trik >> Cara Ampuh Menghilangkan Rasa Malas pada Diri Sendiri Agar Bersemangat Kembali
Cara Menghilangkan Rasa Malas
Cara Menghilangkan Rasa Malas

Cara Ampuh Menghilangkan Rasa Malas pada Diri Sendiri Agar Bersemangat Kembali

Cara Menghilangkan Rasa Malas pada Diri Sendiri
Cara Menghilangkan Rasa Malas pada Diri Sendiri

Pasti semua orang pernah dihampiri rasa malas. Kira – kira, bagaimana ya, caranya menghilangkan rasa malas yang sedang menghampiri? Malas merupakan penyakit yang sering menimpa pada diri kita. Malas juga merupakan musuh produktivitas dan merupakan tantangan tersendiri untuk menghadapinya.

Walaupun anda telah banyak membaca banyak tips dari beberapa sumber, jika anda malas untuk mempraktekkannya, maka anda akan susah untuk membuang rasa malas tersebut. Artinya, anda sendiri telah memelihara sikap malas tersebut dan akhirnya anda akan menjadi pemalas sejati.

Bahaya Memelihara Rasa Malas

Aristoteles
Aristoteles

Jika rasa malas telah dipelihara, maka apa yang dapat anda dapatkan? Malas merupakan salah satu sikap yang sangat berbahaya. Malas merupakan pembunuh kesuksesan diri anda. Malas dapat membuat kebodohan serta kesengsaraan seperti yang dikatakan oleh Aristoteles berikut ini :

“Apa yang harus saya kerjakan? Saya tidak mempunyai ketekunan untuk membaca, serta tidak memiliki kesabaran terhadap kelelahan dan kejenuhan belajar”. Apakah jawaban Aristoteles?

Kemudian Aristoteles berkata kepada salah satu muridnya yang malas itu, “Jika seperti itu, maka tidak akan ada jalan lain untukmu kelak, kecuali harus bersabar dalam menghadapi KEBODOHAN serta KESENGSARAAN yang kamu alami”.

Pertanyaannya, “ Apakah anda mau bersabar menghadapi kebodohan serta kesengsaraan akibat rasa malas? Tentunya jawaban anda tidak, bukan? Jika anda memang ingin berhasil serta sukses maka bacalah artikel berikut. Artikel ini akan menyajikan beberapa cara menghadapi rasa malas yang terdapat dalam diri anda :

1. Temukan Penyemangat Anda

Temukan Penyemangat Anda
Temukan Penyemangat Anda

Salah satu cara ampuh untuk menghilangkan rasa malas adalah dengan menemukan siapa penyemangat hidup anda. Baik itu teman, sahabat, orang tua, dan lain – lain, yang di saat anda mengingatnya maka anda akan bersemangat dalam melakukan suatu hal.

Orang yang sangat berpengaruh dalam hidup kita adalah orang tua dan keluarga. Coba anda renungkan, apakah anda ingin membahagiakan orang tua? Kalau anda menjadi pemalas otomatis anda akan membuat orang tua sedih dan kecewa.

Kalau anda menjadi orang yang berhasil dan sukses, maka anda telah membahagiakan orang tua anda. Orang tua mana yang tidak senang dan bahagia jika melihat anak yang disayanginya berhasil dan sukses? Apalagi jika anda dapat memberikan sesuatu yang orang tua butuhkan sebagai akibat dari suatu keberhasilan dan kesuksesan anda.

Cobalah untuk menemukan siapa saja yang dapat membuat anda bersemangat lagi! Serta ingat – ingatlah selalu mereka untuk menghadapi rasa malas yang sedang menghampiri diri anda.

2. Menentukan Tujuan Hidup Anda

Menentukan Tujuan Hidup Anda
Menentukan Tujuan Hidup Anda

Apakah anda mempunyai tujuan atau goal hidup anda? Apakah anda mempunyai target – target yang harus anda capai atau raih? Jika saat ini anda belum punya maka segeralah untuk memilikinya. Anda dapat memulainya dengan memikirkan apa sebenarnya yang ingin anda capai dalam hidup ini, ingin menjadi seperti apa anda serta anda dikenal sebagai siapa?

Catatlah tujuan hidup anda serta tempelkanlah di tempat yang gapang anda lihat setiap harinya. Ketika anda merasakan malas untuk mengerjakan sesuatu cobalah membaca kembali tujuan hidup anda tersebut. Kalau anda masih merasa malas cobalah baca lagi dan lagi dengan berkali – kali tujuan hidup anda. Biasanya dengan melakukan hal tersebut anda akan bersemangat kembali.

3. Renungkanlah Bagaimana Sakitnya Jika Tujuan Tidak Tercapai dan Sebaliknya

Jika Tujuan Tidak Tercapai
Jika Tujuan Tidak Tercapai

Tujuan hidup harus betul – betul menggugah. Artinya anda harus tahu serta dapat merasakan bagaimana sakitnya kalau tujuan anda tidak dapat anda capai atau raih. Sebaliknya, anda juga harus mengetahui bagaimana nikmatnya hidup anda kalau tujuan anda telah tercapai nantinya.

Jika anda dapat terus merenungkan rasa nyaman serta rasa sakit akibat terwujud atau tidaknya tujuan hidup anda, maka anda akan dengan mudah bangkit dari rasa malas yang sedang menghampiri anda. Tapi, sebaiknya jangan terlalu berlebihan merenungkan atau membayangkan rasa sakit kalau tujuan hidup tidak terwujud. Cukup anda mengetahui rasanya saja.

Lebih baik anda lebih sering merenungkan atau membayangkan bagaimana nanti kalau tujuan hidup anda telah terwujud. Otomatis anda akan bersemangat kembali serta rasa malas yang sedang menghadiri diri anda akan hilang dengan sendirinya.

4. Dengarkan Audio Anti Malas

Mendengarkan Audio Anti Malas
Mendengarkan Audio Anti Malas

Kalau anda merasa tidak cukup memberikan motivasi dengan menggunakan cara – cara seperti di atas, itu artinya rasa malas yang sedang menimpa anda lumayan kronis. Cara ini merupakan peta sukses anda supaya dapat menghilangkan rasa malas yang menghampiri anda dengan cepat. Hanya dengan mendengarkan audio saja anda dapat bangkit dari kemalasan yang menimpa anda. Seakan – akan anda terus dibimbing untuk selalu bersemangat mengerjakan kegiatan apa pun. Cara ampuh untuk melawan atau menghilangkan rasa malas yang ini merupakan cara terbaik serta tergampang yang dapat anda coba. Karena anda akan selalu terus didorong.

Audio tersebut akan membuat anda bertindak serta melangkah, walaupun hanya langkah atau tindakan yang kecil. Yang terpenting adalah anda dapat memulai langkah atau tindakan anda. Sekali anda mencoba anda akan terus bertindak. Sehingga, yang terpentig adalah mencoba atau memulai langkah pertama terlebih dahulu.

5. Istirahat yang Cukup

Istirahat yang Cukup
Istirahat yang Cukup

Jika anda kurang istirahat juga dapat membuat anda merasakan malas. Bagaimana anda merasa antusias jika anda sedang mengantuk? Sehingga, pastikan jika anda mempunyai waktu istirahat yang baik.

6. Lihatlah pada Manfaat

Bayangkan Jika Anda Berhasil
Bayangkan Jika Anda Berhasil

Salah satu alasan kita menjadi malas disebabkan karena kita hanya melihat kesusahan dari tugas ke depan tanpa memikirkan atau merenungkan manfaat yang akan kita peroleh di saat kita sudah menyelesaikannya. Sehingga, fokuskanlah pikiran anda pada manfaatnya bukan kesusahan yang anda alami.

7. Menetapkan Hadiah untuk Diri Sendiri

Menetapkan Hadiah untuk Diri Sendiri
Menetapkan Hadiah untuk Diri Sendiri

Kalau manfaat terlalu jauh diraih di masa depan, maka mungkin tidak cukup kuat untuk memotivasi diri anda untuk melangkah saat ini. Dalam masalah tersebut, anda bisa memberikan diri anda hadiah lebih cepat. Anda mungkin membiarkan diri anda untuk memakan makanan kesukaan anda atau menontok bioskop untuk hadiah, karena anda sudah menyelesaikan tugas dengan baik.

8. Melakukan Satu Hal pada Sekali Waktu

Melakukan Suatu Hal dengan Sekali Waktu
Melakukan Suatu Hal dengan Sekali Waktu

Mungkin ini terlihat jelas, namun kita dapat menjadi malas karena kita mencoba untuk mengerjakan lebih dari satu hal atau pekerjaan pada sekali waktu. Hal tersebut akan membuat kita merasa kewalahan. Sehingga, pilih mengerjakan satu hal pada sekali waktu serta mengabaikan sisanya.

9. Melihat Kemajuan Orang Lain

Melihat Kesuksesan Orang Lain
Melihat Kesuksesan Orang Lain

Melihat seberapa jauh anda di belakang daripada dengan orang lain juga dapat memotivasi diri anda agar lebih maju. Lihatlah hal – hal baik yang terdapat pada diri orang lain, di area mana anda dapat memperbaikinya, serta biarkan mereka menginspirasi anda.

10. Menyelaraskan Diri dengan Apa yang Penting Menurut Diri Anda

Menyelaraskan Diri
Menyelaraskan Diri

Sementara semua tips tersebut dapat membantu anda, maka akan lebih gampang untuk mengatasi kemalasan jika anda mengerjakan sesuatu yang penting menurut diri anda. Anda akan mempunyai kobaran api dalam diri yang membuat diri anda ingin bertindak atau melangkah. Sehingga temukan sesuatu yang menurut anda penting dan selaraskan diri sebanyak mungkin dengan hal tersebut.

About ria muktiani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *