Home >> Pendidikan >> Berikut Ini Adalah Teknik Dasar Dalam Permainan Bola Basket
Teknik Dasar Dalam Permainan Bola Basket

Berikut Ini Adalah Teknik Dasar Dalam Permainan Bola Basket

Pada artikel kali ini saya akan mengulas tentang beberapa teknik dasar dalam permainan Bola Basket. Teknik dasar tersebut wajib di ketahui serta harus bisa menguasainya untukmu yang ingin menjadi pemain Bola Basket yang professional. Bola Basket itu sendiri merupakan salah satu permainan yang tergolong dalam permainan Bola Besar. Dalam permainan bola basket setiap tim regunya harus ada 5 orang pemain, dan dalam satu pertandingan penuhnya memiliki 2 babak, dalam setiap babaknya memiliki durasi waktu selama 20 menit, dan lama waktu istirahat dalam permainan bola basket ini hanya 10 menit saja. Dan untuk ukuran lapangan permainan Bola Basket ini memiliki panjang 26 meter dan lebar 14 meter.

Karena disini permainan Bola Basket merupakan permainan yang dimainkan secara berregu atau membentuk tim, yang dimana setiap satu timnya memiliki 5 orang pemain. Oleh karena itu dalam permainan bola basket ini sangat memerlukan kerja sama serta kekompakan dalam setiap pemainnya agar dapat memberikan peforma yang baik dalam bertanding. Dan untuk poinnya sendiri, permainan ini memiliki dua jenis poin yaitu 3 poin, dan juga 2 poin. Untuk mendapatkan poin secara maksimal, seorang pemain harus menguasai beberapa teknik tertentu.

Berikut Teknik Dasar Bola Basket :

1.Teknik Dribbling (Menggiring Bola)

Teknik Dribbling merupakan teknik menggiring bola menuju ke pertahanan lawan, sehingga mampu menembus pertahanan lawan. Dribbling tersebut dilakukan dengan cara memantul – matulkan bola dengan menggunakan satu tangan. Dribbling memiliki dua jenis teknik, yaitu :

  • Driblle Tinggi

Teknik ini biasanya digunakan pada saat posisi lawan berada pada posisi yang cukup jauh dari pemegang bola. Teknik ini dilakukan secara cepat dengan memasuki pertahanan lawan dengan jalan cepat maupun lari.

  • Dribble Rendah

Teknik ini digunakan untuk mempetahankan bola dari rebutan lawan. Teknik ini juga digunakan untuk mengecoh lawan pada saat berhadapan langsung dengan lawan.

Saat melakukan teknik dribbling ini, seorang pemain diharuskan untuk memantulkan bola pada saat setelah melakukan 3 kali langkahan, karena jika tidak akan dianggap sebagai pelanggaran.

2.Teknik Passing (Mengoper Bola)

Teknik passing atau mengoper bola kepada teman satu tim ini harus benar – benar dikuasai oleh setiap pemain. Karena teknik passing ini sangat penting dalam permainan bola basket, terutama untuk menjaga penguasaan bola serta menembus pertahan lawan. Untuk melakukan passing dapat menggunakan satu tangan maupun dua tangan. berikut adalah beberapa teknik mengoper bola :

  • Chest Pass : Teknik mengumpan bola dengan cara memegang bola di depan dada, kemudian lempar bola lurus ke depan.
  • Bounce Pass : Teknik hamper sama seperti Chest Pass, namun kali ini bola tidak langsung dilemparkan ke depan, tetapi bola dipantulkan ke bawah terlebih dahulu.
  • Overhead Pass : Teknik ini dilakukan dengan cara mengoper bola dengan kedua tangan yang berada tepat diatas kepala, begitu pula dengan penerima bola.
  • Baseball Pass : Teknik ini dilakukan dengan megoper bola dengan posisi kedua tangan berada di belakang kepala. Teknik ini digunakan untuk melakukan operan bola melambung.

3.Teknik Shooting (Menembak Bola)

Dalam melakukan Shooting ini memiliki 3 teknik, yaitu :

  • Set Shoot : Teknik ini biasanya dilakukan dalam melakukan tembakan secara bebas tanpa adanya halangan.
  • Lay-Up Shoot : Teknik ini dilakukan dengan cara melakukan dribbling pendek, kemudian pemain menembakan bola sambil mengankat tangan dan lutut secara serentak.
  • Jump Shoot : Teknik ini merupakan salah satu teknik yang sering dilakukan oleh pemain pada saat mendekati keranjang lawan. Teknik ini dilakukan dengan cara melompat sambil menembakan bola menuju kea rah kerangjang.

4.Teknik Pivot (Berputar Pada Poros)

Pivot merupakan teknik memutar badan dengan satu kaki setelah menerima operan bola dari teman satu tim. Ada tiga gerakan alternative pada pivot, yaitu :

  • Pivot kemudian dribble
  • Pivot kemudian passing
  • Pivot kemudian shooting

Itulah beberapa teknik dasar dalam permainan Bola Basket yang bisa saya sampaikan. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *