Home >> Tumbuhan >> Bunga >> Berikut Bagian Bagian Bunga Serta Fungsinya
Bagian Bagian Bunga

Berikut Bagian Bagian Bunga Serta Fungsinya

bunga adalah  organ pokok pada tumbuhan yang yang memiliki fungsi sebagai tempat perkembangbiakan generatif dengan proses penyerbukan dan pembuahan.  Bunga memiliki warna yang beragam serta memiliki bentuk yang bagus hal tersebut yang menjadikan bunga di sukai para kaum hawa.  Bunga sendiri merupakan midifikasi dari daun dan batang (tunas) dengan warna serta susunanya yang  di sesuaikan dengan kebutuhan tumbuhan.  Tahukan anda kalau bunga terdiri atas berbagai bagaian dan fungsi masing masing. Secara umum bunga sempurna terbagi menjadi dua yaitu bagian steril dan bagian fertil.  Bagian steril adalah bagian bunga yang tidak berpengaruhi secara lanngsung proses terjadinya penyerbukandan pembuahan, pada bagian ini hanya berfungsi sebagai penghias bunga serta kelengakapan bunga.  Sedangakan bagian fertil adalah bagian bunga yang berpengaruh  langsung atas  terjadinya proses pembuahan dan penyerbukan. Nah sudah tahukan apa itu fertil dan fetil sekarang saya akan memberikan bagian bagian bunga lengkap berikut diantaranya:

Bagian Bagian Pada Bunga

  1. Ibu Tangkai Bunga (pendunculus)

Ibu tangkai bunga atau yang sering di sebut tangkai induk ini merupakan awal sebuah bunga. Sedangkan bagian ini sendiri merupakan aksis bunga dalam lanjutan batang ataupun cabang.

  1. Tangkai Bunga (pedicellus)

Tangkai bunga tepat berada pada bawah bunga dan juga merupakan pendukung terakhir dari cabang bunga. Tangkai bunga sendiri memiliki fungsi sebagai penghubung antara bunga dan ranting. Selain itu tangkai bunga juga memiliki fungsi sebagai penompang bunga. Jadi banyak di temui saat anda beli bunga pasti tangakinya di ikutkan. Selain jadi penompang tangkai bunga juga bisa di gunakan sebagai pegangan.

  1. Dasar Bunga (receptacle)

Bagian  bunga selanjutnya adalah dasar bunga. Dasar bunga merupakan ujung jadi tangkai bunga.  Dasar bunga sendiri mempunyai fungsi sebagai tempat melekatnya serta bertumpunya mahkota bunga.

  1. Daun Tangkai Bunga (brachteola)

Daun tangkai bunga ini berada di bawah atau pangkal dari si bunga. Bagian ini berada di luar kelopak bunga dan juga sebagai daun pelindung dari bunga.

  1. Daun Pelindung (brachtea)

Daun pelindung  merupakan daun yang terakhir yang tumbuh pada bunga. Pada ketiak si daun merupakan tempat bunga tumbuh dan berkembang.

  1. Mahkota Bunga (corolla)

Banyak salah presepsi bahwa mahokta bunga merupakan bunga itu sendiri. Mahkota bunga sendiri memilik ukuran yang lebih besar dari pada kelopak, selain itu mahkota memiliki warna yang indah dan sebagian besar juga memiliki bau yang harum. Hal hal tersebutlah yang membuat kebanyakan orang salah presepsi. Karena warnanya yang indah dan baunya yang harum akan menarik perhatian dari serangga. Tertariknya serangga-serangga tersebutlah yang akan membantu penyerbukan dari si bunga itu sendiri. Selain berfungsi sebagi menarik perhatian mahkota bunga juga berfungsi sebagi melindungi alat alat kelamin bunga saat penyerbukan. mahkota ini merupakan bagian bunga penting.

  1. Daun Buah (carpell)

Daun buah ini merupakan bagian dari fertil. Daun buah ini berupa bakal biji berkolompok yang nantinya akan membentuk putik.

  1. Daun Mahkota (petal)

Daun bunga merupakan pelengkap dari bunga. Daun mahkota ini juga bisa di sebut sebagai perhiasaan bunga karena memiliki warna yang mencolok serta berkelompok.

  1. Kelopak Bunga (sepel)

Kelopak bunga merupakan kuncup saat bunga belum mekar. Fungsi dari kelopak bunga ini sebagai pelindung saat bunga belum mekar, namun saat bunga akan mekar maka kelopak tersebut juga ikut mekar. Setelah bunga mekar sempurna kelopak bunga ini akan membuat bagaian dasar pada bunga.

  1. Benang Sari (stamen)

Benang sari adalah alat kelamin dari bunga. Benang sari ini berfungsi membantu bunga saat proses penyerbukan atau pembuahaan.

Nah itu tadi bagian bagian dari bunga, setiap bunga terdiri atas berbagi bagian dan memiliki fungsi tersendiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *