Home >> Teknologi >> Berikut 9 Cara Merawat Charger Laptop Yang Perlu Anda Ketahui
Cara Merawat Charger Laptop

Berikut 9 Cara Merawat Charger Laptop Yang Perlu Anda Ketahui

Jika anda merupakan salah satu pengguna laptop pastinya anda membutuhkan yang namanya charger laptop. dikarenakan laptop memiliki daya batas pemakaian yang terbatas, sehingga jika anda mengoprasikan  laptop dalam jangka waktu yang cukup lama maka laptop tersebut akan low battery dan membutuhkan pengisian daya menggunakan charger laptop. oleh karena mengapa keberadaan charger laptop sangat penting. Namun kebanyakan pengguna laptop tidak bisa menjaga dan merawat charger laptop miliknya sendiri, bayangkan charger laptop anda rusak karena tidak anda rawat terus anda mau mengisi batrtry laptop anda dengan apa? Nah untuk menghindari hal hal yang tidak di inginkan tesebut saya akan memberitahu beberapa tips cara menjaga charger laptop yang dapat anda praktekan di rumah, antara lain:

9 cara menjaga charger laptop

  1. Periksa Terlebih Dahulu Stop Kontak Yang Akan Digunakan
    Stop Kontak

Meskipun ini kelihatan sepele, namun hal seperti ini perlu anda lakuakan karena kebanyakan orang tidak menyadari jika stop kontak yang digunakan tidak di aliri arus listrik, selain itu jika anda memeriksa stop kontak terlebih dahulu anda akan terhindar dari perbaikan yang tidak perlu di lakukan.

  1. Simpan Charger Di Tempat Yang Kering
    Cara Menyimpan Charger Laptop

Charger laptop sama seperti perangkat elekronik umunya, yaitu membutuhkan tempat yang sejuk untuk menyimpanya. Perlu anda waspadai bahwa charger laptop bisa mengalami kerusakan jika terpapar pada suhu yang tinggi. Apalagi kebanyakan pengguna tidak memperhatikan charger dia hanya menggunakan charger dan focus pada laptopnya padahal adaptor pada charger membutuhkan suhu yang sejuk, nah jika anda memperlakukan charger laptop seperti itu maka adaptor charger anda mudah panas karena menaruhnya di semabarang tempat.  Dan perlu anda ketahui jangan menempatkan charger laptop pada ruangan yang bersuhu dan anda tengah menggunakanya kemungkinan besar charger laptop anda bisa terbakar, Karena suhu yang terlalu tinggi.

  1. Jangan Biarkan Charger Menancap Pada Laptop Terus Menerus
    Charger Laptop Menancap Stop Kontak

Jika daya battry laptop anda sudah terisi penuh sebaiknya lepaskan charger dari laptop, karena jika hal seperti ini terus dilakukan dalam jangka panjang maka akan berpengaruh buruk pada charger dan laptop anda. Selain itu jika anda menancapkan charger terus menerus maka daya listrik yang dipakai juga kan bertambah dan akan berpengaruh pada naiknya biyaya listrik.

  1. Charger Baterai Sebelum Habis
    Charge Battry Sebelum Habis

Pastikan anda mencharge laptop sebelum battry habis, pasalanya battry laptop anda keadaan kosong baru anda menchargernya maka membutuhkan aliran listrik yang besar. Selain itu adaptor charger anda akan bekerja semakin berat, dan akan berpengaruh pada masa pakai adaptor.

  1. Menggulung kabel charger dengan benar
    Cara Menggulung Charger Laptop

Sebaiknya anda menggulung kabel charger dengan baik setlah menggunakanya, jangan menggulung kabel pada adaptor charger karena berat pada adptor tersebut bisa membuat serabut tembaga di dalam kabel tersebut menjadi longgar bahkan terputus. Sebaiknya anda  menggulung kabel terpisah dari adaptor.

  1. Pastikan Kabel Charger Tidak terjepit atau Tertindih
    Charger Laptop Terjepit

Pastikan kabel charger laptop anda tidak terjepit barang ataupun tertindih barang sesuatu. Jika sampai kabel charger laptop anda terjepit ataupun tertindih menyebabkan serabut kabel dalam akan putus bahkan kabel anda yang terjepit akan putus terutama pada barang yang keras. Jadi pastikan setelah kabel tertancap pada kontektor cas pada laptop tidak terjepit atau tertindih.

  1. Jangan Menarik Kabel Untuk Melepaskan Kabel Dari Stop Kontak
    Charger Laptop

Sangat tidak dianjurkan mencabut sambungan charger laptop ke stop kontak dengan menarik kabelnya. Jika hal tersebut sering anda lakukan maka charger anda akan cepat rusak karena meelepaskan sambungan charger dari laptop daya listrik. Anda bisa menarik secara perlahan gagang ces yang sudah di sediakan oleh perushaan charger untuk melepaskan charger dari stop kontak

  1. Guanakan stavolt
    Menggunakan Stavolt Untuk Charger Laptop

Jika tegangan di rumah anda tidak stabil atau naik turun, di anjurkan untuk menggunakan stavolt. Dikarenakan tegangan listrik yang naik turun akan menyebabkan kerusakan komponen elektronik termasuk juga charger laptop. namun jika anda menggunakan stavolt tegangan listrik yang diterima akan sangat stabil hal tersebut akan juga berpengaruh pada umur charger dan juga masa pakai laptop anda.

  1. Jangan menjatuhkan charger laptop
    Charger Laptop Terjatuh

Dan tips merawat charger laptop yang terakhir ini sangatlah mudah, namun kebanyakan ceroboh menaruh charger laptop di tempat yang rawan jatuh. Sebab jika sampai charger laptop anda jatuh maka akan terjadi benturan pada adaptor, benturan tersebut akan membuat charger laptop anda akan terjadi error.

Nah itu tadi cara merawat charger laptop. mulai sekarang sayangi charger laptop anda jangan hanya laptop anda saja, karena kebanyakan orang memandang sebelah mata charger laptop padahal jika charger anda rusak maka akan sulit untuk di perbaiki dan anda harus membeli kembali yang baru dengan biyaya yang cukup mahal. Semoga bermanfaat, terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *