Home >> Teknologi >> Berikut 12 Penyebab Printer Macet Dan Cara Mengatasinya

Berikut 12 Penyebab Printer Macet Dan Cara Mengatasinya

Printer merupakan perangkat output komputer yang memiliki fungsi sebgai mencetak dokumen dari komputer ke media kertas dan sejenisnya. Dengan adanya printer anda dapat mencetak berbagai data berupa laporan, gambar ataupun foto.  Printer itu sendiri dibagi menjadi 3 macam jenis yaitu printer dot matric, printer inkjet, printer laser jet. Dari ketiga jenis printer tersebut masing masing memiliki kekurangan dan kelebihan tersendiri. Namun dikalangan orang umum printer yang paling banyak digunakan yaitu jenis inkjet. Cara kerja printer inkjet itu sendiri yaitu dengan menyemprotkan tinta dari cartridge langsung ke media cetak seperti kertas dan semacamnya. Jika anda menginginkan hasil yang maksimal dari printer inkjet ini jangan jangan menyentuh secara langsung hasil cetakan yang masih baru. Karena hasil cetakan dari printer inkjet memerlukan waktu beberapa saat agar tintanya mengering. Meskipun printer inkjet banyak pengunanya namun printer tersebut memiliki perangakat yang sangat mudah mengalami touble shooting yaitu catridge. Pada bagian head catridge, terdapat lubang kecil berdiameter  0,1 milimeter, nah lubang kecil tersebut merupakan jalan keluarnya tinta. Tetapi karena ukuran lubang tersebut kecil maka akan mudah tersumbat, biasanya tersumbatnya lubang tersebut di sebabkan oleh tinta yang mengering. Penyumbatan catridge tersebut akan berdampak pada hasil cetakan yang akan putus putus atau tidak keluar sama sekali (tidak dapat mencetak). selain permasalahan tersebut, masih ada banyak permasalahan yang menyebabkan printer macet  bahkan tidak bisa mencetak. Dan kebanyakan pengguna printer  tersebut tidak bisa mengatsinya, padahal cara memperbaiki masalah macet pada printer cukup mudah, dan berikut saya akan mengasih tahu apa saja masalah masalh penyebab printer macet dan bagaimana cara mengatasinya, antara lain:

12 Penyebab Printer Macet  Dan Cara Mengatasinya

  1. Printer Masih Dalam Keadaan Mati

    Printer Keadaan Mati

Jika komputer ataupun printer anda macet saat melakukan proses mencetak, langkah pertama yang harus di cek adalah pastikan printer anda dalam keadaan menyala (on). bila printer yang anda pakai dalam keadaan mati tentunya tidak dapat mencetak dokumen. Lakukan pengecekan kabel dari stop kontak menuju printer pastikaan dalam keadaan normal. Karena sebagain masalah dari macetnya printer di sebabkan printer mati karenakabel dari stop kontak bermasalah.

  1. Koneksi Printer Ke Komputer Terputus

    Kabel Usb Terputus

Penyebab terputusnya koneksi dari printer menuju komputer adalah kabel USB yang menyambungkan kedua buah perangkat tersebut bermasalah. Periksa kabel USB  yang menghubungkan printer ke printer apakah kabel data tersebut dalam kedaan baik. Cek juga pemasangan kabel USB tersebut apakah sudah benar. Selain itu anda juga bisa mengecek apakah printer anda sudah tersambung ke komputer yang anda gunakan pada menu Device anda Printers, pada menu tersebut pastikan ada merk printer anda dan ada  tanda centang.

  1. Driver Printer Bermasalah

    Driver Printer Bermasalah

Jika driver pada pc anda bermasalah maka pengiriman data dari komputer ke printer anda akan bermasalah bahkan terputusnya koneksi printer. Pastikan Bahwa Komputer yang anda gunkan untuk mencetak Sudah terinstal dan terpasang driver printer.  Jika pc anda belum terinstal driver printer, segera install driver tersebut. Karena proses penginsatalnya cukup mudah, setelah anda selesai menginstal lakukan konfigurasi di menu Devices and Printers.

  1. Tinta Habis

    Tinta Printer

Pastikan tinta pada printer anda masih ada karena printer anda kan tetap berjalan meskipun tintanya habis namun tidak ada coretan pada hasil cetakan anda (tidak ada hasil).  Rutinlah mengecek sisa tinta pada printer anda, anda dapat melihat sisa tinta anda secara langsung jika printer anda menggunakan infuse tetapi jika printer anda tidak di modif infuse anda dapat mengeceknya dengan dengan membuka head catridge, jika head catridge kering tinta printer anda habis. Sebaiknya lakukan pengisian tinta printer sebelum tinta habis, minimal tersisa 20 % agar catridge anda awet, dan pastikan anda mengganti jenis tinta sama seperti sebelumnya.

  1. Catridge Tidak Terpasang Dengan Benar

    Catridge Printer Bermasalah

Pastikan catridge anda terpasang dengan benar pasalnya jika catridge terpasang miring atau tidak pas printer anda akan macet bahkan tidak bisa bekerja. Untuk mengatasinya anda dapat membuka dan memasang ulang catridge. Dan cek apakah catrdge yang baru anda pasang sudah terpasang dengan benar.

  1. Catridge Kotor (Head Cleaning)

    Head Cleaning

Catridge yang kotor akan membuat hasil cetakan anda bergaris dan putus putus. Untuk cara mengatasinya anda dapat mencoba head cleaning, tinggal anda buka aplikasi tersebut dan klik head cleaning lakukanlah klik 2 sampai 3 kali. Kemudian lakukanlah mencetak dan bagaimana hasilnya jika hasil cetaklan tersebut tetap anda perlu memberishkan secara manual. Caranya lepaskan catridge dari printer lalu bersihkan head catridge menggunakan tisu bersih.

  1. Tinta Kering

    Tinta Printer Kering

Jika tinta pada printer anda kering maka lubang penyemprotan pada head catridge akan tersumbat. Jika hal tersebut sampai terjadi maka printer anda macet dan gagal untuk mencetak dokumen.  untuk mengatasinya anda dapat menggunakan aplikasi deep cleaning, atau anda dapat memperbaikinya secara manual dengan cara lepaskan catridge dari dalam printer, lalu celupkan pada mangokok yang sudah terisi air hangat  kemudian goyangkan catridge hinga tintanya mencair. Lakukan hal tersebut beberapa kali dan anda harus mengganti air yang baru, namun anda harus menjaga chip catridge tersebut biar tidak terkena air, jika chip tersebut terkena air maka chip tersebut akan berkarat dan tidak dapat digunakan kembali. Setelah catridge di celupakan beberapa kali selanjutnya angkat dan keringkan menggunakan kain halus ataupun tisu.  Pastikan catridge benar benar cering sebelum memasangnya.

  1. Catridge Tidak Terdeteksi (rusak)

    Catridge Tidak Tereteksi

Jika catridge anda tidak terbaca oleh printer meskipn anda sudah mencoba cara di atas, kemungkinan catridge anda rusak dan anda harus membeli catridge varu agar printer anda bisa digunakan untuk mencetak lagi.

  1. Printer Melampaui Batas Percetakan (macet)

    Printer Error

Setiap printer memiliki batasan jumlah mencetak dokumen, batasan tersebut di tentukan sendiri oleh produsen printer dengan berbagai alasan. Jika anda mencetak sampai melampaui batasan yang di tentukan, printer akan macet dan tidak mau mencetak lagi. Untuk mengatasi hal seperti ini anda harus mereset printer menggunakan software resetter yang dapat anda unduh melalui internet.

  1. Paper Jam

    Paper Jam

Paper Jam merupakan masalah yang umum pada printer macet. Paper jam sendiri di sebabkan benda asing yang menyangkut pada printer. Untuk mengatasinya, pertama lepaskan semua kabel yang menancap ke printer lalu buka casing atau penutup atas printer kemudian buka pemisah kertas pada dalam printer. Tarik kertas dari dalam printer secara pelan pelan hingga seluruh bagaian kertas keluar. Selanjutnya kembalikan lagi pemisah kertas seperti posisi awal, dan tutup lagi penutup printer. Tersangkutnya kertas tersebut biasanya juga bisa di sebabkan kertas kriting atau menempel dengan kertas lain.

  1. Kertas Yang Dimuat Terlalu Banyak Atau Tebal

    Kertas Printer Terlalu Banyak

Sebuah  printer pasti memiliki batasan wadah kertas di dalamnya, jika sampi anda memberikan printer kertas terlalu banyak dan melampaui batas maka roll printer akan kesulitan menarik kertas karena kertas terlalu banyak dan padat. Biasanya kertas yang anda gunakan terlalu tebal pun juga mejadi penyebab roll tidak bisa menarik kertas. Hal tersebut karena kekuatan roll yang terbatas ataupun space kertas yang kurang. Jika anda tidak menginginkan hal itu terjadi anda dapat mengunakan kertas yang tipis untuk mencetak dan tidak memasukan kertas dengan porsi yang banyak pada printer.

  1. Roll Penarik Rusak

    Roll Printer Bermasalah

Penyebab terakhir printer macet adalah roll atau roda penarik rusak., jika roll tersebut rusak maka printer anda tidak dapat mencetak. Penyebab dari roll rsak tersebut bisanya ada gangguan pada putaran roll tersebut. Untuk mengatasi masalah terakhir ini anda perlu memeriksa keadaan roll dalam printer terlebih dahulu. Caranya buka cover printer lalu cek jalur keluarnya kertas pastikan tidak ada benda asing, perhatikan juga pada bagian roll apakah ada bagaian yang rusak seperti pengaitnya patah dan semacamnya. Jika roll printer anda benar benar rusak anda perlu menggantinya dengan rol yang baru.

Nah itu tadi penyebab printer macet yang perlu anda ketahui, jika anda punya printer dan macet saat menetak anda bisa menggunkan tips di atas. Dan dengan membaca ini semoga menambah wawasan anda, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *