Home >> My Life >> My Journey >> Bercocok Tanam di Internet layaknya Bercocok Tanam di Sawah
Kembali Bercocok Tanam di Internet

Bercocok Tanam di Internet layaknya Bercocok Tanam di Sawah

Alhamdulillah rutinitas di sawah sudah selesai. Dan padi yang sudah ditanam tinggal memberi pupuk, perawatan dan tinggal tunggu masa panen. Namun, disaat proses panen, adakalanya padi mati, terserang penyakit, terserang wereng, cuaca tidak mendukung dan lain sebagainya yang membuat bisa gagal panen. Bisa juga lancar tanpa kendala sampai musim panen tiba. Panen yang melimpah membuat petani sangat bahagia dan semua rasa lelah akan terbayarkan disaat hasil panen yang melimpah, tapi panen yang gagal membuat panen sedih dan susah karena untuk bertahan hidup harus bekerja yang lain seadanya alias serabutan. Gagal maupun berhasil, petani tetap selalu semangat berjuang dan selalu berharap musim bisa lebih baik.

Bercocok tanam di sawah mengingatkan saya saat membangun sebuah website baik website toko online, adsense, amazon dan website lainnya. Memiliki proses yang hampir sama. Kadang membangun bisnis online sudah mengeluarkan biaya yang sangat banyak, menguras pikiran dan tenaga namun disaat akan panen hasilnya ternyata gagal. Contohnya di saat akan cair adsense ternyata besok terkena banned.

Membangun bisnis online tidak instan, kecuali ada modal yang sangat besar itupun ada proses yang harus kita ikuti tahapannya seperti bayar orang untuk iklan, buat website dan lain lain. Tapi kalau gagal modalpun juga akan hilang.

Bangunlah bisnis online tahap demi tahap, bekerja keras diawal dan rencanakan yang baik. Misalkan saya buat contoh membangun toko online. Buatlah website yang baik, siapkan produk dan promosi. Jika sudah punya website, jangan dibiarkan saja. Seperti halnya padi, kalau dibiarkan saja akan ada rumput liar atau penyakit akan datang. Kalau website tidak dirawat dengan baik, tidak update bisa jadi yang datang bukanlah customer malah jadi hacker. Customer yang mau beli jadi takut karena website yang tidak update.

Upload produk terbaru, perluas toko online dengan social media seperti facebook, twitter ,instagram atau social media yang lain. Beri asupan backlink dan promosi toko online baik lewat online maupun offline. Jika bersungguh sungguh bangun bisnis online dan di rawat dengan sungguh sungguh lambat lain akan dapat hasil. Meskipun kadang penyakit malas akan mendatangi diri kita. Selain pupuk toko online kita, jangan pupuk diri kita untuk selalu semangat dan berkembang dan berkembang.

Jika sudah waktunya masa panen dari apa yang kita kerjakan, ada dua kemungkinan bisa gagal ataupun berhasil. Terimalah apapun hasil yang kita dapatkan dan jangan lupa selalu disyukuri apapun hasilnya. Dan jangan sampai kegagalan yang menerpa kita, membuat kita jadi putus asa dan tidak mau mencoba lagi. Coba lagi dan coba lagi, jika kita sudah berusaha semaksimal mungkin dan diiringi dengan doa pasti Allah akan memberikan kemudahan di kemudian hari.

Semoga catatan ini bisa memotivasi teman teman pembaca semua

Salam Petani Internet 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *