Home >> My Life >> My Journey >> Berbagi Tutorial Cara Pendaftaran Online PPDB YPBU SMK Budi Utomo Tahun Ajaran 2017/2018
Pendaftaran Online SMK Budi Utomo 2017
Pendaftaran Online SMK Budi Utomo 2017

Berbagi Tutorial Cara Pendaftaran Online PPDB YPBU SMK Budi Utomo Tahun Ajaran 2017/2018

SMK Budi Utomo sekarang punya gawe besar di tahun 2017 yaitu Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Yayasan Pendidikan Budi Utomo (YPBU). Para orang tua khusunya sudah mulai berburu mencari informasi cara mendaftar online di PPDB YPBU SMK Budi Utomo. Bagi panitia pendaftaran juga sedang sibuk sibuknya untuk menerima berbagai informasi yang masuk termasuk informasi pengaduan. Bagi No HP Panitia yang tertera di brosur atau website tentunya akan sering berdering karena orang tua ingin informasi secara detail sehingga kadang lupa waktu dalam berkomunikasi. Tapi yang sabar ya pak :D… termasuk saya sendiri hari ini mengalami hal sama. Anak dari Paman saya juga ingin sekolah di SMK Budi Utomo sehingga juga mencari informasi sedetail detailnya agar anaknya bisa masuk ke sekolah idaman tersebut. Entah berapa kali bolak balik ke Gading Mangu untuk mendapat informasi tersebut. Dan akhirnya di perjalanan yang terakhir dan mendapatkan brosur untuk pendaftaran secara online. Sudah tahu pendaftaran secara online, dikira harus pergi ke Gading mangu lagi untuk daftar online di SMK Gadingmangu sehingga pagi hari ingin pergi ke sana untuk daftar kembali.

Mungkin tidak hanya paman saya yang mengalami hal tersebut, karena ketidak tahuan sehingga waktu banyak di jalan untuk mengurus anaknya bisa masuk sekolah di SMK Budi Utomo. Dan semoga Tutorial Cara Pendaftaran Online PPDB YPBU SMK Budi Utomo Tahun Ajaran 2017/2018 bisa membantu para orang tua ataupun siswa untuk daftar via online.

Sebagai catatan : Pendaftaran Via Online bisa di lakukan di mana saja asalkan ada koneksi internet dan tidak harus di Gadingmangu dan DIBUKA TANGGAL 6-9 JUNI 2017 SECARA ONLINE

Website Halaman Depan PPDB Online SMK Budi Utomo 2017/2018

Langkah Langkah Cara Pendaftaran Online PPDB YPBU SMK Budi Utomo Tahun Ajaran 2017/2018 :

  • Silahkan buka http://ppdb.ypbugama.org/ dan pilih pendaftaran SMK Budi Utomo. Karena pendaftaran SMP dan SMA juga ada pada halaman tersebut. Klik DAFTAR untuk masuk ke menu Selanjutnya.
Pendaftaran Online SMK Budi Utomo 2017
Pendaftaran Online SMK Budi Utomo 2017
  • Di menu selanjutnya, akan di tampilkan Tahapan Pendaftaran Calon Peserta Didik Baru. Tapi saat berada di halaman ini silahkan upload berkas yang di butuhkan. Adapun untuk pengisian biodata diri ada di halaman berikutnya.
Upload File Untuk Pendaftaran
Upload File Untuk Pendaftaran
  1. File yang harus di Upload adalah Foto copy Ijasah / STTB / SKHUN /SKL yang ada nilai UN, saya ingatkan lagi yang ada nilai UN. Jika nilai UN diberikan secara terpisah maka silahkan upload kembali berkas tersebut.
  2. Foto copy Kartu Keluarga
  3. Foto copy KTP Orang tua
  4. Pas photo berwarna (4×6) (Khusus perempuan berjilbab)

* Semua Berkas tersebut di SCAN menggunakan SCANNER atau di Foto Gunakan HP yang resolusi tinggi agar dapat hasil yang bagus, baru di upload berkas tersebut dan di usahakan file tidak terlalu besar maksimal 1 Mb 

Tips Agar Upload Sukses dan Berhasil

  • Usahakan agar file tidak terlalu besar ukurannya. Sehingga proses upload lebih cepat
  • File yang di upload berekstesi .jpg, .png, .bmp
  • Periksa kembali kelengkapan berkas yang di upload. Jangan asal upload tapi sesuai persyaratan di atas.
  • File tidak boleh lebih dari 1024 Kb atau 1 M

Jika sudah selesai dalam upload berkas silahkan masuk ke menu selanjutnya 🙂

Pendaftaran Selanjutnya
Pendaftaran Selanjutnya

Saat memasukan Biodata calon peserta didik dan orang tua harus detail dan teliti ya 🙂

Daftar Pendaftar

Untuk Daftar Pendaftar Yaitu :

  • Email untuk nanti masuk di website ppdb ypbugama baik untuk informasi data, untuk ujian online atau untuk daftar di pondok YPBUGAMA
  • Isikan Password yang mudah di ingat
  • Isikan NISN (No. Induk Siswa Nasional) dari Sekolah masing masing
  • Isikan No Peserta Ujian Nasional dari Sekolah Masing masing
  • Adapun keterangan Data Diri Siswa harap diisikan secara lengkap mulai dari Nama Lengkap, Nama Panggilan,Tempat/Tanggal Lahir,Agama ,Kewarganegaraan,Anak,Jml Saudara kandung,,Status Anak, dan Bahasa Sehari-hari.
Keterangan Kesehatan dan Pendidikan
Keterangan Kesehatan dan Pendidikan

Pada bagian Keteranga Kesehatan dan Pendidikan juga di Isikan secara komplit. Di saat mengisikan Tanggal dan Nomor STTB/Ijazah atau Tanggal dan SKHU silahkan gunakan nomor dan tanggal yang diberikan pada Surat Keterangan Lulus (SKL) dari sekolah masing masing bagi yang belum menerima Ijazah. Jika sudah selesai isi Form di atas. Selanjutkan isikan Keterangan Ayah Kandung :

Keterangan Ayah Kandung
Keterangan Ayah Kandung

Silahkan isi form yang ada secara lengkap dan apa adanya. Bagi dari segi pendidikan ataupun penghasilan. Adapun alamat rumah cukup diisikan Dusun, RT/RW. Karena keterangan Desa, Kecamatan, Kabupaten, Provinsi dan Kode Pos ada di Form lainnya. Jangan lupa untuk memasukan no telpon yang bisa di hubungi.

Keterangan Ibu Kandung dan Prestasi

Untuk pengisian keterangan Ibu Kandung sama seperti halnya pengisian keterangan ayah kandung. Bila alamat sama dengan ayah tinggal centang di saat mengisikan alamat ibu kandung. Kegemaran Calon siswa diisi sesuai minat dan bakat.

Sebelum Tekan Tombol SELESAI, jangan lupa periksa kembali data yang telah di masukan. Jika sudah yakin tekan tombol SELESAI. Setelah itu Masuk Email yang digunakan untuk mendaftarkan dan VERIFIKASI

Verifikasi Email Pendaftaran
Verifikasi Email Pendaftaran

Di email tersebut kita akan mendapatkan No Pendaftaran, Nama , Email dan Password. Tekan AKTIFKAN untuk mengaktifkan pendaftaran.

Setelah semua selesai, kita akan di bawa ke halaman menu selanjutnya yaitu Akun Kita di website PPDB YPBU SMK Budi Utomo. 

Langkah Alurnya Sebagai Berikut

  • Daftar
  • Verifikasi Persyaratan
  • Konfirmasi Pendaftaran
  • Verfikasi Pendaftaran
  • Ujian Online
  • Daftar Ulang
  • Konfirmasi
  • Daftar Ulang
  • Verifikasi
  • Daftar Ulang

Setiap langkah diatas harus di lewati tahap demi tahap. Di saat langkah Daftar sampai Verifikasi persyaratan membutuhkan waktu maksimal 4 – 5 Jam. Verifikasi persyaratan menunggu dari Admin Panitia Online. Seteleh selesai verifikasi berhasil maka akan disuruh untuk bayar biaya administrasi. Tampilan seperti dibawah ini :

Besaran Biaya Yang Harus Di Transfer
Besaran Biaya Yang Harus Di Transfer

Setelah selesai Transfer jangan lupa untuk Konfirmasi agar lebih cepat untuk di konfirmasi oleh admin

Konfirmasi Pembayaran Detail
Konfirmasi Pembayaran Detail

Jangan lupa untuk memberikan informasi yang benar dan alam dalam form tersebut. Adapun transfer bisa menggunakan SMS Banking, Internet Banking atau ATM serta jangan lupa buat Lampiran dengan ukuran maksimal 256 Kb baru di Konfirmasi kalau Dana Sudah di Transfer. Jika sudah selesai konfirmasi maka akan dapat Kuitansi Online dan keterangan selesai Transfer

Berhasil Konfirmasi
Berhasil Konfirmasi

 

Verifikasi Pendaftaran Selesai

Setelah semua persyaratan Selesai akan secepatnya di aktifkan untuk ikut Ujian Online. Jangan lupa belajar ya agar bisa mengerjakan semua soal ujian online. Materi yang diberikan adalah Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris dan TIK. Silahkan pilih sesuai jurusan yang di inginkan.

Menu Ujian Online

Jika telah mengikuti ujian online. Silahkam tunggu pengumuman tanggal 12 Juni 2017. Diumumkan di www.ypbugama.org dengan login terlebih dahulu.

Ujian Online Selesai

One comment

  1. Terima kasih untuk infonya, sangat bermanfaat min

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *