Home >> Kesehatan >> Berbagai Manfaat Jamu Kunyit Asam
Jamu Kunyit Asam

Berbagai Manfaat Jamu Kunyit Asam

Indonesia merupakan negara yang kaya dengan obat herbal yang sangat baik untuk kesehatan. Obat herbal masih lestari sampai saat ini. Jamu merupakan obat herbal yang sering di konsumsi oleh masyarakat indonesia yang memiliki manfaat yang sangat manjur dalam mengatasi macam-macam gangguan kesehatan termasuk dari jamu kunyit asam. Resep jamu ini sudah di ketahui oleh nenek moyang kita, dan mereka juga mengatakan kalau jamu ini bermanfaat untuk menyembuhkan macam-macam infeksi penyakit. Yang sebenarnya adaa banyak yang di peroleh karena mengkonsumsi jamu kunyit asam ini.

Manfaat Jamu Kunyit Asam

Banyak sekali manfaat jamu kunyit asam bagi kesehatan.

1. Menetralkan Racun Kimia

Salah satu keunggulan kunyit asam ini yaitu membantu proses pengeluaran racun di dalam tubuh yang di akibatkan dari kelebihan mengkonsumsi obat kimia. Senyawa yang ada dalam kunyit dapat membantu mengeluarkan racun di dalam tubuh dan juga tubuh kita akan lebih sehat.

2. Mengontrol Berat Badan

Penyebab tidak terkontrol berat badan karena nafsu makan yang berlebihan sehingga dapat mendorong anda untuk selalu menikmati makanan. Dengan adanya jamu kunyit asam ini nafsu makan pada anda akan lebih terkendali sehingga tidak dapat makan berlebihan lagi.

3. Mengatasi Beberapa Infeksi

Anti bakteri yang terkandung pada kunyit ini mmpu membunuh bakteri yang bisa menyebabkan infeksi, misalnya infekssi padaa tenggorokan, infeksi karena luka bakar, cideraa dan juga terbakar karena terkena radiasi dari matahari yang terlalu berlebihan. Seperti ini dapat di atasi dengan cara mengkonsumsi kunyit asam. Karena kunyit ini memiliki sifat anti radang.

Khasiat Jamu Kunyit Asam Bagi Wanita

a. Siklus darah saat haidd menjai lebih lancar

Banyak wanita yang sudah membuktikan khasiat dari kunyit asam ini. Mereka mengkonsumsi jamu ini rutin, apalagi jika di kombinasikan dengan sirih. Jamu ini akan menjadi obat alami yang dapat menghilangkan nyeri haid dan juga keputihan.

b. Warna kulit menjadi lebih cerah

Kunyit bisa menetralisirkan racun yang ada di dalam tubuh, tubuh yang sehat dan juga bersih dari racun akan berdampak posotif pada kulit, kulit akan menjadi lebih sehat dan juga lebih bersih dari kotoran.

c. Mengurangi lemak di dalam tubuh

Jika menginginkan tubuh yang ideal langsing yang proposional, anda bisa mengkonsumsi jamu kunyit asam di rumah anda, kandungan yang ada di dalam kunyit dapat mengurangi lemak yang ada di dalam tubuh dan juga dapat mengendalikan berat badan. Ini sangat cocok untuk anda yng sedang menjalani program diet.

d. Memperlambat proses penuaan

Kandungan antioksidan yang adaa di dalam jamu kunyit asam bisa membantu di dalam prosess peremajaan kulit, sehingga sel yang ada pada kulit menjadi segar kembali. Ada juga yang menyebutkan, bahwa jika mengkonsumsi ramuan ataupun jamu kunyit asam dapat mengecilkan perut yang buncit tanpa olahraga. Asal kalau mengkonsumsi secara teratur.

Cara Membuat Kunyit Asam

Kunyit di bersihkan dari kotoran sampai bersih lalu di parut ataupun di blender sampai halus dan juga di saring untuk di ambil airnya. Kemudian air perasan tadi di rebus dan di campurkan air 2 liter, gula jawa, asam dan juga garam sampai mendidih sambil di aduk. Setelah mendidih, kemudian matikan api dan biarkan sampai dingin. Jamu kunyit asam sudah siap untuk di minum, jika anda ingin memakai es, anda bisa saja menaambahkan kedalam gelas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *