Home >> Pendidikan >> Bencana – Bencana yang Sangat Dahsyat yang Pernah Melanda di Negara Indonesia !
Bencana alam di indonesia
Bencana alam di indonesia

Bencana – Bencana yang Sangat Dahsyat yang Pernah Melanda di Negara Indonesia !

Negara Indonesia adalah kepulauan yang berada di tempat letak geografis Indonesia dan Indonesia berada di posisi pertemuan 4 lempeng tektonik, dan membuat Negara kita ini termasuk ke dalam wilayah yang sangat rawan bencana alam.

Dan sampai sekarang selalu benar jika kita ingat – ingat sejarah bangsa kita Indonesia ada beberapa macam bencana alam yang sangat dahsyat dan sampai – sampai Negara di seluruh dunia terkena dampaknya.

Dan sekarang kita akan membahas beberapa bencana alam yang sangat dahsyat yang pernah terjadi di Negara kita dan menimbulkan sejumlah kerusakan dan korban jiwa yang sang besar. Penasaran apa aja bencana alam yang pernah melanda Negara kita Langsung simak aja Let’s Check it out!!

Berikut daftar – daftar bencana alam yang sangat besar yang pernah melanda Negara kita berdasarkan urutan!

1.Gunung Meletus Krakatau.

Gunung Meletus Krakatau
Gunung Meletus Krakatau

Bencana ini sudah sangat lama sekitar bencana ini terjadi pada 129 tahun yang lalu otomatis berada di tahun 1883 tahun dan bayangkan apa yang terjadi pada tahun tersebut. Jika kita melihat sejarah dulu daya ledakannya saja di perkirakan 30.000 kali lipat yang setara dengan bom atom Nagasaki dan Hiroshima yang pernah terjadi Negara jepang. Bahkan suara letusanya bisa terdengar hingga sampai Negara Australia dan bhkan Negara afrika sampai sejauh 4.653 km.

Dan bencana alam yang sangat mengerikan ini sudah merenggut nyawa sebanyak 36.000 jiwa yang sudah tewas di tempat. Dan gelonbangnya bisa menimbulkan gelombang setinggi 40 meter, dan terjadi gempa bumi dan juga di susul dengan bencana Tsunami yang sangat dahsyat hingga sampai Hawaii.

Dan dampak yang di peroleh dari meletusnya gunung Krakatau yaitu hancurnya 195 desa- desa di sepanjang merak hingga karawang. Dan ujung barat hingga Sumatra bagian selatan.

Sampai – sampai atmosfer bumi menjadi lautan debu vulkanik. Dunia kita yang dulu sempat mengalami kegelapan selama dua hari artinya dunia tidak di sinari dengan matahari selama itu dan matahri redup selama setahun dan perubahan iklim global pun terjadi.

2.Tsunami Aceh

Tsunami Aceh
Tsunami Aceh

Sekarang kita akan membahas tentang tsunami aceh, tsunami ini memiliki ketinggian mencapai 35 meter di karenakan gempa bumi tektoni yang berkekuatan 8,5 sr berpusat pada di samudra hindia. Dan gempa bumi tersebut di sertai gelombang pasang (Tsunami) yang menyapu beberapa wilayah lepas pantai Indonesia (Aceh dan Sumatera Utara), Sri Langka, India, Bangladesh, Malaysia, Maladewa dan Thailand.

Dan menurut bantuan darurat daei serikat organisasi PBB jumlah korban tewas akibat badai tsunami tersebut jika kita hitung rata- rata 13 negara tersebut mencapai 127.672 orang

Namun jumlah korban tewas di Asia Tenggara, Asia Selatan, dan Afrika Timur yang sebenarnya tidak akan pernah bisa diketahui, diperkirakan sedikitnya 150.000 orang.

3.Gunung Meletus di Gunung Kelud

Gunung Meletus di Gunung Kelud
Gunung Meletus di Gunung Kelud

Letusan ini terjadi pada tahun 1919 dan merupakan bencana terbesar pada saat itu dan menyebabkan aktivitas gunung kelud pada abad ke 20 sekitar 5160 orang yang tewas terkena bencana alam tersebut.

Letusan ini terjadi pada saat tengah malam antara tanggal 19 dan 20 mei 1919 yang di tandai dengan suara dentuman yang sangat keras sekali, Bahkan sampai terdengar hingga di Kalimantan dan kemudian hujan abu cepat menyebar akibat tiupan angin kea rah timur.

Dan begitulah bencana – bencana yang sangat besar pernah melanda di Indonesia, kita harus bersyukur dengan keadaan apapun suka maupun duka kita tetap harus tabah pada-Nya. Sekian dari artikel ini semoga bisa bermanfaat dan bisa di jadikan refrensi yang sangat baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *