Foto Bareng Risyal Hidayat Wartawan ANTARA

Begitu banyak ilmu untuk mengembangkan potensi diri, termasuk pengembangan di dunia maya. Salah satu ilmu yang sangat berkaitan dengan dunia internet adalah foto jurnalistik. Manusia diberikan kelebihan masing masing terhadap dirinya. Ada yang ahli dibidang foto, ada yang ahli menulis, membuat video dan semacamnya. Bahkan ada yang multi talenta atapun hanya di ahli di satu bidang saja.

Di saat saya bertemu mas risyal salah satu wartawan Antara, memaparkan tentang teknik foto yang baik. Saya sendiri belum terlalu bisa bahkan memegang kamera DSLR jarang jarang, selain tidak bisa juga tidak punya. Di saat memberikan materi tentang teknik dasar foto jurnalistik. Saya hanya diam dan mendengarkan serta mencatatat point penting tentang foto jurnalistik sampai pelatihan selesai. Di saat yang lain praktek cara foto yang benar, saya hanya melihat dan mengamati saja.

Setelah pelatihan berakhir, saya coba dekatin mas risyal secara personal belajar dari pengalaman dia sebagai wartawan senior foto jurnalistik. Dan jauh berbeda dengan yang dipaparkan saat presentasi. Yang diberikan kepada lebih dari itu. Bercerita tentang pengalaman di wartawan membuat saya jadi semangat. Yang membuat saya kaget, ternyata belajar foto jurnalistik dengan cara otodidak. Sungguh mengesankan dan membuat saya yang awalnya minder jadi tambah semangat untuk belajar.

Salah satu pesan untuk saya, jangan takut untuk bertanya jika tidak bisa, jangan mudah menyerah dan selalu belajar. Karena dunia foto itu butuh praktek, kalau tidak pernah praktek ya selamanya tidak bisa foto jurnalistik. Jadi teknik dasar foto jurnalistik adalah mau belajar untuk foto, meskipun hasil jepretannya kurang bagus tapi terus mencoba dan mencoba. Meskipun kamera yang dimiliki biasa harus bisa menciptakan karya yang luar biasa. Di ceritakan waktu di festival foto di Jember, banyak ibu ibu dan peserta foto yang kameranya canggih dan mahal. Mas risyal sempat minder dan kagum dengan kamera yang di miliki peserta lain. Namun, mereka tidak begitu mengerti fungsi dari kamera tersebut. Dari pengalaman itulah belajar bahwa walaupun dengan alat yang sederhana tapi bisa menciptakan karya yang luar biasa akan memberikan kepuasan yang tiada tara. 🙂

Ayo belajar foto jurnalistik bersama… saya juga belajar. Teman teman yang baca tulisan ini… sekali lagi ayo belajar foto jurnalistik atau minimal gunakan smartphone kita untuk mengabadikan moment yang spesial.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY