Home >> Gaya Hidup >> Wisata >> Beberapa Wisata Tersembunyi yang Dimiliki Kota Sidoarjo.

Beberapa Wisata Tersembunyi yang Dimiliki Kota Sidoarjo.

Sidoarjo adalah sebuah kabupaten yang terdapat di Provinsi Jawa Timur, Indonesia. Atau orang biasa menyebutnya dengan kota Delta. Bandeng dan udang adalah ikon utama yang juga sekaligus menjadi simbol dari kota Sidoarjo. Sidoarjo juga sekaligus telah menjadi penyangga utama kota Surabaya senhinggga membuatnya masuk ke dalam kawasan Gerbang Kertosusila.

Dan sebagai salah satu penyangga Ibukota di Provinsi Jawa Timur, Sidoarjo merupakan kota yang mengalami perkembangan yang cukup pesat.  Keberhasilan inipun dapat dicapai karena sidoarjo mampu menembangkan berbagai potensi yang dimilikinya dengan sangat baik dan terarah. Beberapa potensi itu meliputi potensi industri dan perdagangannya, pariwisata, ataupun berbagai jenis usaha kecil sampai menengah.  Meskipun sekarang Sidoarjo sangat dikenal dengan Lumpur Lapindonya, tetapi hal ini tidaklah berarti kalau Sidoarjo tak punya tempat wisata yang lain. Berikut ini merupakan beberapa wisata tersembunyi yang dimiliki kota sidoarjo yang tak banyak orang ketahui.

  1. Museum Mpu Tantular.
Museum Mpu Tantular
Museum Mpu Tantular

Tentunya saat pertama kali mendengar namanya sudah tak asing lagi di telinga kita karna memang nama museum ini sering kali muncul di dalam buku sejarah. Museum Mpu Tantular ini tepatnya berada di jalan raya Buduran, Sidoarjo. Museum ini dibangun diatas sebuah lahan seluas 3,28 hektar dan merupakan kawasan wisata sejarah yang sangat menarik untuk dikunjungi. Jika anda menanyakan apa yang ada di dalam museum ini? di sini anda dapat melihat berbagai macam peninggalan sejarah pada abad ke-14. Seperti koleksi emas, lukisan, etnografi, numismatik, kerangka tulang jaman prasejarah, hingga berbagai karya seni rupa yang lain.

Termasuk yang paling saya sukai disini adalah sebuah ruangan yang selalu terkunci rapat dan memiliki privasi yang tinggi, yang mana di dalamnya terdapat berbagai macam koleksi emas. Dan juga pada lantai dua yang disana terdapat beberapa barang yang pertama kali di temukan dari jaman dahulu mulai dari sepeda, sepasang alat pemancar suara, dan bebagai barang temuan lain yang sangat unik sekaligus menarik yang akan jarang ditemukan di tempat lain.

  1. Candi Pari.
Candi Pari Porong Sidoarjo
Candi Pari Porong Sidoarjo

Seperti namanya tempat ini adalah sebuah bangunan candi yang berbentuk segi empat yang terletak di desa Candi Pari, kec. Porong, Sidoarjo. Sebuah peninggalan sejarah ini berjarak tidak terlalu jauh dari kawasan wisata Lumpur lapindo. Candi ini berdiri dengan gaya arsitektur Campa Vietnam sehingga memunculkan suatu daya tarik tersendiri bagi para pengunjung untuk melihatnya. Jika anda berkunjung kesini anda akan merasakan nuansa religi agama Hindu yang sangat kental. Karena candi ini merupakan peninggalan dari kerajaan majapahitdan dibangun sejak masa pemerintahan Hayam Wuruk.

Tak hanya dapat melihat Candi Pari ini saja anda juga dapat manikmati kolam renang Candi Pari yang ada di dekat lokasi ini. selain itu, disana anda juga bisa sekaligus menemukan candi lain yang lokasinya tidak jauh dari jauh dari Candi Pari ini yang bernama Candi sumur. Candi Sumur inipun menurut dari kepercayaan warga sekitar juga memiliki sejarah yang berkaitan dengan Candi Pari. Jika anda penasaran ingin mengetahuinya anda dapat datang langsung kesini dan menanyakannya.

  1. Pulau Sarinah yang Merupakan Hasil Sedimentasi Dari Lumpur Lapindo.
Keajaiban Terbentuknya Pulau Srinah
Keajaiban Terbentuknya Pulau Srinah

Pulau sarinah ini tengah menjadi perbincangan hangat pada saat ini. karna pulau ini terbentuk secara alami dari peristiwa sedimentasi lumpur lapindo. Pulau ini terletak di desa Kedungpandan, kec. Jabon, Sidoarjo. Nuansa pohon bakau yang sejuk dan tenang akan membuat para pengunjung betah berada di sini. Dan pulau sarinah kini telah menjadi daya tarik bagi bagi pengunjung untuk menghabiskan libur akhir pekannya disini.

  1. Sentra Pengrajin Tas Dan Sepatu Tanggulangin.
INTAKO Tanggulangin
INTAKO Tanggulangin

Nah, selain dapat berwisata ke beberapa tempat unik yang berada di Sidoarjo. Anda juga dapat berburu oleh-oleh yang menarik di sini. Apalagi bagi anda para pecinta tas dan sepatu, tak afdol rasanya jika anda belum sempat mampir kesini. Yaitu di sentra pengrajin tas dan sepatu tanggulangin yang ada di sepanjang jalan desa Kludan, kec. Tanggulangin, Sidoarjo. Di sana anda akan menemukan banyak sekali toko yang berjejer rapi di sepanjang jalan. Di dalam took ini menyuguhkan berbagai macam jenis tas dan sepatu, yang ditawarkan dengan harga miring.

Walaupun harganya miring, tetapi produk lokal yang di jual disini sudah berkelas dunia. Buktinya sudah banyak sekali hasil produk pengrajin di sini yang sudah di import ke beberapa negara. jika anda bingung mau memilih toko yang mana, INTAKO adalah termasuk salah satu produsen tas terbesar yang ada di Tanggulangin. Dan lebih menariknya lagi tas disini banyak yang diminati oleh masyarakat mancanegara karena modelnya yang menarik dan terbuat dari bahan pilihan yang dijamin akan awet.

  1. Kampoeng Batik Jetis.
Kampoeng Batik Jetis
Kampoeng Batik Jetis

Yang terakhir adalah sebuah kampung unik yang berada di pusat kota Sidoarjo, lebih tepatnya berada di Jalan Diponegoro, Sidoarjo. Yaitu Kampoeng Batik Jetis. Tak perlu malu pergi ke kantor dengan menggunakan baju batik asal Sidoarjo ini karena modelnya bermotif modern dan sangat mudah ditemukan karena memang lokasinya yang sangat strategis erada di pusat kota.

Baju batik ini rasanya akan sangat cocok bila dijadikan sebagai oleh-oleh untuk sanak saudara, keluarga, atau bahkan calon mertua. Anda tak hanya bisa membelinya saja di sini, tetapi juga bisa menimati nuansa unik yang tersaji disini. Begitu anda memasuki labirin yang bertuliskan kampoeng batik jetis ini anda langsung disuguhkan dengan pemandangan dinding yang dipenuhi dengan berbagai macam motif batik. Apalagi yang paling khas adalah motif burung meraknya yang merupakan motif asli yang berasal dari Sidoarjo.

Itulah beberapa wisata tersembunyi yang ada di kota Sidoarjo. Bagaimana? Apakah anda tertarik untuk kesini dan melihatnya secara langsung? Semoga bermanfaat dan bisa menjadi refrensi wisata jika anda berkunjung ke kota Sidoarjo.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *