Home >> Dunia >> Beberapa Sungai Terpanjang dan Terluas di Dunia
Sungai Ob
Sungai Ob

Beberapa Sungai Terpanjang dan Terluas di Dunia

Sekarang kita akan membahas tentang sungai terpanjang dan terluas di dunia ini. Sungai merupakan aliran pita yang berasal di bumi ini dan pada masing – masing benua di bumi ini hanya beberapa saja yang memiliki sungai terpanjang dan terluas di dunia dan bahkan bisa membuat terkenal sampai belahan dunia. Dan sekarang ini kita akan membahas hal tersebut Penasaran apa aja sungai terpanjang dan terluas di dunia tersebut yang memiliki kesan yang sangat menakjubkan dan terkesan mengaggumkan. Dan mungkin aja anda pernah berkunjung  ke salah satu sungai terpanjang dan terluas di dunia ini tetapi anda tak pernah menyadarinya kalau sungai tersebut sangatlah menakjubkan. Langsung aja di simak Let’s check it out !

1.Sungai Nil

Sungai Nil
Sungai Nil

Sungai yang terpanjang dan terluas di dunia yang di urutan pertama ialah Sungai Nil. Dn sungai nil pasti sudah tidak asing lagi di dengar oleh kita di karenakan sungai ini sudah di jadikan simbol sungai terluas dan terpanjang di dunia yang sangat terkenal. Tempatnya di Danau Victorial dan mengaliri diantra 9 negara bagian yaitu beberapa negara seperti  Kenya, Zaire, Uganda, Tanzania, Rwanda, Burundi, Sudan, Ethiopia dan Mesir. Panjangnya mencapai 4180 mil.

Sungai Nil ini sebenarnya belum di ketahui batasan sungai tersebut jadi sampai sekarang masih belum di ketahui panjang yang di miliki sungai nil ini masih belum di ketahui.

2.Sungai Amazon

Sungai Amazon
Sungai Amazon

Sungai terpanjang dan terluas di dunia berikutnya di tempati oleh Sungai Amazon. Sungai ini adalah sungai terpanjang danterluas di dunia no 2 dengan memiliki panjang 3912 mil sehingga menyumbang dari 1/5 dari bagian total sungai yang ada di dunia ini. Jika kita perhatikan aliran yang dari awlnya berasal dari Glazer danau Fed di Peru yang kemudian bisa mengaliri beberapa negara Amerika Latin dan juga berakhir tepat di Samudra Atlantik.

3. Sungai Yangtze

Sungai Yangtze
Sungai Yangtze

Sungai yang sangat panjang dan terluas berikutnya adalah sungai yangtze, Sungai ini juga termasuk sungai terpanjang di karenakan memiliki 63.000 km dan menjadikan sungai ini masuk ke dalam daftar sungai terpanjang dan terluas di dunia. Ada juga Sebutan lain dari sungai Yangtze yaitu Sungai Chang Jiang yang mengaliri Tibetan dan berakhir di laut China.

4.Sungai Mississipi

Sungai Mississipi
Sungai Mississipi

Sungai terpanjang berikutnya di tempati oleh Sungai Mississipi. Sungai ini sudah memasuki daftar sebagai sungai terpanjang dan terluas yang ada di dunia ini dan sungai ini di aliri dengan peggunungan dari red rock. Danau Itasca di Minnesota hingga sekarang bermuara di Teluk Meksiko. Sungai ini memiliki Panjangnya sekitar 3713 mil dan mengaliri 6 negara bagian Amerika pusat.

5.Sungai Kuning/Hwang Ho

Sungai Hwang Ho
Sungai Hwang Ho

Sungai yang sangat panjang dan sanggat luas sekali yang ada di dunia ini berikutya ada di tempati oleh Sungai Hwang HO. Sungai ini sudah terdaftar menjadi sungai terpanjang dan terluas di dunia.Sungai ini terdapat di daerah di mana di negara china utara. Dan sungai ini juga memiliki panjang sekitar 2900 mil dan maka akan terlihat jelas sekali bila difoto melalui helikopter. Pada Aliranya dimulai dari Teluk Vhihli pada bagian barat Cina.

 6.Sungai Ob

Sungai Ob
Sungai Ob

Sungai yang akan kita bahas selanjutnya adalah sungai ob. Memang sangat aneh sekali ketika kita medengarkan namanya saja namun di balik namanya yang sangat aneh tersebut sungai ob ini termasuk sungai terluas di dunia. Dan memiliki panjang 3495 mil dan saat ini sepertinya akan mempunyai lebih banyak anak sungai lagi. Dan Aliranya dimulai dari gunung Altai Rusia dan berakhir di Teluk Ob.

Itulah daftar – daftar sungai terluas dan terpanjang yang ada di dunia, dan semoga artikel ini bisa menjadi manfaat yang baik buat kita semua.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.