Home >> Tumbuhan >> Tanaman Hias >> Beberapa Macam Tanaman Hias Daun yang Cantik dan Cocok di Koleksi di Rumah
Tanaman Hias Daun
Tanaman Hias Daun

Beberapa Macam Tanaman Hias Daun yang Cantik dan Cocok di Koleksi di Rumah

Tanaman hias daun adalah salah satu jenis tanaman hias yang paling banyak diminati untuk menambah keasrian dan keindahan ruangan rumah atau taman. Tanaman ini mempunyai ciri khas serta keindahan yang terdapat pada daunnya. Di Indonesia, banyak sekali orang yang meminati tanaman hias daun, bahkan sebagian dari mereka berani membeli dengan harga yang sangat tinggi. Itulah sebabnya, para petani banyak yang ingin membudidayakan tanaman hias daun tersebut.

Tumbuhan Hias Daun yang Indah
Tumbuhan Hias Daun yang Indah

Harga dari tanaman hias daun ini pun ada yang mencapai ratusan juta, tergantung pada keindahan dan keunikan tanaman. Berikut ini merupakan beberapa macam tanaman hias daun yang cocok untuk di koleksi di rumah, dan banyak diminati oleh masyarakat :

1. Suplir atau Adiantum

Suplir atau Adiantum
Suplir atau Adiantum

Tanaman suplir merupakan jenis tanaman hias daun yang mempunyai banyak jenis serta varietas. Walaupun demikian, tanama suplir mempunyai tampilan yang sangat indah jika dipandang mata, karena bentuk daunnya yang kecil serta memberikan suasana yang sejuk di sekitar taman. Tanaman suplir lumayan susah untuk dipelihara, karena tanaman ini memerlukan lingkungan yang lembab serta yang bersih. Tempat asli tanaman suplir ini terletak di pinggir – pinggir sungai yang dinaungi dengan pohon yang rindang. Jika anda berminat untuk menanam tanaman ini, anda harus menyiapkan tempat yang sejuk dan rindang.

Tanaman hias daun jenis ini tidak membutuhkan air yang banyak, sehingga cara penyiramannya hanya dengan menggunakan sedikit air saja, yang penting di sekeliiling tanaman tersebut lembab (tidak kering dan juga tidak terlalu basah). Jika bisa, penyiramannya dapat menggunakan air hujan, namun jika tidak ada dapat memakai  air biasa. Saat musim kemarau tiba, sebaiknya di sekeliling tanaman diberikan mos yang basah dengan air. Hal tersebut dilakukan untuk menjaga kelembaban tanaman. Tanaman ini akan mulai tumbuh jika musim hujan telah tiba, sehingga sebaiknya diberikan pupuk secara rutin serta dipindahkan ke dalam lahan tanam yang lebih besar dari sebelumnya.

2. Keladi Red Star (Caladium Bicolor)

Keladi Red Star
Keladi Red Star

Tanaman hias daun yang satu ini memiliki penampilan yang sangat indah pada daunnya, yaitu urat daun yang berbentuk bintang serta berwarna merah cerah. Tangkai daun yang sedikit kemerahan serta belang hitam membuat tanaman tersebut terlihat lebih eksotis. Keladi hias adalah tanaman yang sangat gampang untuk ditanam.

Tanaman ini sangat gampang untuk berkembang biak, asalkan media tanam dapat anda jaga kadar kelembabannya. Tanaman ini akan berkembang dengan baik jika ditempatkan di tempat yang terkena sinar matahari secara langsung, supaya warna merah yang terdapat pada urat daunnya bertambah kuat.

Penyiraman pada tanaman ini dilakukan setiap pagi ataupun sore hari. Penyiraman diarahkan ke media tanam secara langsung, jangan pada daun keladinya. Jika anda menjaga media tanam tetap dalam kondisi basah, daun keladi akan tumbuh dengan lebar dan indah. Bukan hanya itu, warna cerah merah yang terdapat di daunnya akan lebih keluar. Untuk media tanamnya, anda dapat memanfaatkan sekam serta cocopeat. Janganlah menggunakan tanah, karena akan sulit untuk ditembus akar tanaman keladi red star.

3. Saka Asparagus Plumosus

Saka Asparagus Plumosus
Saka Asparagus Plumosus

Tanaman hias daun yang satu ini masih tergolong dalam keluarga Asparagus Plumosus, adalah tanaman hias sejenis paku dan mempunyai daun yang lebat menyerupai jarum halus. Daun kecil lebat ditambah dengan adanya beberapa bunga pada tanaman ini sangat tepat untuk anda jadikan sebagai hiasan ruangan atau taman. Tanaman ini sangat gampang ditanam, asalkan diberi cahaya matahari tiak langsung serta diletakkan dilingkungan yang lembab.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *