Home >> Pendidikan >> Beberapa Macam Sejarah Candi Prambanan yang Wajib Anda Ketahui
Macam Sejarah Candi Prambanan
Macam Sejarah Candi Prambanan

Beberapa Macam Sejarah Candi Prambanan yang Wajib Anda Ketahui

Hampir seluruh warga indonesia mengenal candi prambanan ini, maupun itu berkunjung atau melihat dari media televisi atau bahkan dengan media yang lainnya, yuk cari tahu tentang sejarah candi prambanan. Candi prambanan adalah sebuah candi hindu yang berada bertempat di perbatasan 2 provinsi jawa tengah dan daerah istimewa yogyakarta, candi prambanan merupakan candi hindu peninggalan hindu yang terbesar di indonesia. Memang candi prambanan ini candi hindu yang paling besar yang ada di indonesia yang harus anda ketahui, sebagai berikut sejarah candi prambanan yang wajib anda ketahui:

  1. Sejarah Candi Prambanan, Latar Belakang Pembangunan Candi Prambanan

Setelah lamanya tanah jawa dikuasai oleh dinasti syailendra yang beragama budha, akhirnya kekuasaan mereka lama kelamaan mulai pudar karena setelah mengalami kekalahan besar. Candi prambanan pun sudah dimulai pada saat itu, dan secara perlahan dinasti sanjaya secara perlahan mulai kembali menguasai wilayah jawa, dan juga untuk menyaingi candi borobudur yang berada di jawa yang dibangun oleh dinasti syailendra, makanya dinsati sanjaya juga membangun candi yang tak kalah mengahnya. Sejarah candi prambanan dimulai pada sekitar tahun 850 masehi, candi prambanan di bangun pertama kali oleh rakai pikatan penguasa dinasti syailendra pada masa itu, dan setelah rakai pikatan, kemudian sejarah candi prambanan dilanjut dengan pembangunan besar-besaran oleh raja lokapal dan juga dilanjutkan lagi oleh balitung maha sambu penguasa kerajaan mataram yang dari dinasti sanjaya, dan pembangunan dilanjutkan lagi oleh raja daksa anda tulodong dengan membangun candi perwara yaitu candi-candi kecil yang mempunyai jumlah yang sangat banyak bahkan bisa mencapai ratusan.

2. Sejarah Candi Prambanan, Pusat Pemerintahan

Ada beberapa bukti yang membuktikan sejarah candi prambanan, candi prambanan ini diyakini candi yang digunakan untuk acara pemujaan berbagai acara keagamaan lainnya, dan juga diyakini bahwa di sekitar candi prambanan terdapat komplek bangunan yang semacam kuil atau tempat tinggal para brahmana atau juga pendeta budha. Dengan adanya beberapa bangunan komplek yang ada di sekitar candi prambanan itu diyakini bahwa lokasi ini merupakan lokasi pusat pemerintahan kerajaan mataram hindu dari dinasti sanjaya.

3. Sejarah Candi Prambanan, Runtuhnya Candi Prambanan

Sejarah candi prambanan berakhir pada saat istana kerajaan prambanan bergeser pindah ke jawa timur, penyebab kepindahan lokasi pusat pemerintahan ini diakibatkan oleh letusan gunung merapi yang terletak di sebelah utara candi, ada juga penyebab yang lainnya yaitu ada berbagai pemberontakan yang sangat besar yang terjadi di dalam dinasti sanjaya. Setelah ditinggalkan candi prambana  secara perlahan mulai rusak dan akhirnya mengalami kehancuran besar-besaran yang diakibatkan oleh gempa yang terjadi pada abad ke-16 dan candi prambanan benar-benar hanya tinggal puing-puing kecil yang berjumlah mencapai ratusan, tapi para masyarakat masih menghormati keberadaan reruntuhan candi tersebut dan sampai muncullah legenda roro jonggrang yang sangat terkenal.

4. Sejarah Candi Prambanan, Penemuan Kembali dan Pemugaran

Setelah bertahun-tahun ditinggalkan hanya tinggal puing-puing saja, sejarah candi prambanan mulai kembali menemukan jalan terang setelah inggris tertarik untuk memulai mengembalikan kekayaan candi prambanan ini, ada yang menemukan sebuah reruntuhan candi prambanan dan ditugaskan untuk kembali melakukan eksekusi, namun hal itu tidak berjalan dengan mulus dan reruntuhan itu masih tetap terbangkalai. dan mulai diresmikan lagi secara langsung oleh presiden soekarno, dan pada tahun 2006 candi prambana mulai kembali mengalami kerusakan berat akibat sebuah gempa bumi yang menguncang wilayah yogyakarta dan juga sekitarnya.

Sejarah candi prambanan memang mempunyai sejarah pada jaman dahulu yang harus anda ketahui sebagai warga indonesia yang mengetahui sejarah candi prambanan. Candi prambana mempupunyai sejarah yang sangat banyak dari jaman dahulu yang harus anda ketahui sebagai warga indonesia yang harus mengetahui sejarah candi prambanan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *