Home >> Kesehatan >> Beberapa Khasiat Tanaman Bawang Dayak Untuk Obat Alami

Beberapa Khasiat Tanaman Bawang Dayak Untuk Obat Alami

Di sekitar kalian ada beberapa jenis bawang yang sering digunakan sebagai campuran bumbu masak agar semakin enak. Diantaranya yaitu bawang merah, bawang putih, bawang bombay, dan daun bawang, bawang-bawang yang sering sekali digunakan sebagai bumbu masakan selain diolah agar masakan jadi lebih enak dan lezat, ternyata juga mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan. Bawang putih mengandung minyak atsiri yang berkhasiat untuk mengurangi kadar kolestrol dan juga menurunkan penyakit jantung koroner, darah tinggi, dan lain sebagainya. Sedangkan bawang merah juga digunakan untuk mengatasi demam dan juga masuk angin. Ada juga jenis bawang yang manfaatnya baik untuk tubuh yaitu bawang dayak.

Bawang dayak ini hampir mirip dengan bawang merah tetapi bawang dayak ini memiliki warna umbi yang lebih merah menyala dibandingkan dengan bawang merah biasa, bawang dayak ini memiliki permukaan yang licin, lapisan umbinya tebal dan kerat, bawang ini juga bisa tumbuh hingga mencapai panjang 25 hingga 50 cm. Bawang dayak ini mempunyai nama lain seperti bawang berlian, bawang sabrang, bawang tiwai, bawang mekah, dan juga bawang hutan. Meskipun bawang dayak ini tidak terkenal di masyarakat tetapi bawang ini sudah lama digunakan di Kalimantan sebagai tanaman obat.

Bawang Dayak Untuk Obat Herbal

Berikut ini beberapa khasiat bawang dayak untuk obat alami:

Obat Sakit Perut

Sudah sejak lama masyarakat yang ada di suku dayak memanfaatkan umbi dayak sebagai salah satu obat alami. Kegunaan bawang dayak untuk obat batuk yaitu bisa membantu menghilangkan dan meredakan rasa sakit, nyeri dan juga mual pada bagian perut.

Mengobati Penyakit Kuning

Tanaman bawang dayak ini tidak hanya mengobati penyakit ringan saja, tetapi bawang dayak ini juga bisa mengobati penyakit kuning, bawang dayak ini mempunyai manfaat yang sangat baik untuk mengobati penyakit kronis.

Menyembuhkan Penyakit Amandel

Penyakit amandel bisa menyerang anak-anak hingga orang dewasa, penyakit amandel kalau tidak diobati makin membesar dan sakit untuk menelan makanan. Ternyata bawang dayak ini mampu untuk mengobati penyakit amandel .

Obat Flu

Orang suku dayak juga sering menggunakan bawang dayak sebagai obat flu. Dengan kandungan anti bakteri yang tinggi, bawang dayak ini sangat efektif untuk membantu menghambat pertumbuhan bakteri yang menyebabkan munculnya penyakit flu, sehingga baik untuk membantu mengobati penyakit flu.

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Di dalam bawang dayak mempunyai kandungan vitamin dan antioksidan yang sangat tinggi. Banyak sekali manfaat yang di dapat dari bawang dayak ini, salah satu manfaatnya yaitu kalian bisa rasakan dengan mengkonsumsi bawang dayak yaitu bisa meningkatkan daya tahan tubuh. Kalian bisa mengkonsumsi bawang dayak dengan cara kalian mencampurkan pada menu makanan kalian sehari-hari untuk membantu meningkatkan daya tahan tubuh kalian.

Bisa Membantu Mencegah Kanker Dan Tumor

Penyakit kanker dan tumor saat ini menjadi salah satu penyakit yang cukup mengganggu dan juga mengkhawatirkan semua orang. Banyak orang yang terkena kanker dan tumor yang berujung pada kematian. Demikian itu untuk mencegah munculnya kanker dan juga tumor kalian bisa mengkonsumsi bawak dayak. Selain memiliki kandungan antioksidan yang mampu mencegah munculnya kanker dan tumor, bawang dayak ini memiliki kandungan naphtoquinones yang merupakan senyawa alami yang bermanfaat untuk mencegah munculya sel kanker dan tumor yang ada di dalam tubuh.

Mencegah Peradangan

Bawang dayak ini juga memiliki manfaat lain yang baik untuk kesehatan tubuh. Bawang dayak ini mampu untuk membantu mencegah peradangan pada tubuh. Peradangan yang sering terjadi yaitu pada bagian tenggorokan, usus dan juga lambung.

Dengan kalian menggunakan bawang dayak kalian bisa mencegah dari beberapa penyakit pada tubuh kalian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *