Home >> Gaya Hidup >> Wisata >> Beberapa Air Terjun yang Ada di Kaki Gunung Rinjani
Air Terjun Sendang Gile, Senaru, Lombok Utara
Air Terjun Sendang Gile, Senaru, Lombok Utara

Beberapa Air Terjun yang Ada di Kaki Gunung Rinjani

Kita mengenal gunung rinjani ini sebagai gunung yang mempunyai keindahan landscape yang tidak ada duanya. Tapi selain itu gunug rinjani ini memadukan kemegahan yang luar biasa dari sisi bentangan alam juga ada air terjun. Air terjun yang sangat indah ini ada di kawasan hutannya yang jarang sekali di ketahui oleh pendaki rinjani. Yang bisanya di lakukan oleh pendaki ini hanya hiking ke gunung rinjani dan tidak perlu tertarik untuk melakukan penjelajahan ke air terjun. Selain fisiknya yang sudah ngedrop karena medan pada rinjani ini memang tergolong sangat berat, dan juga akses untuk menuju beberapa lokasi air terjun tak ada angkutan umum. Sehingga harus membawa uang yang cukup untuk menggunakan ojek sepeda motor. Beruntung sekali jika anda mempunyai kenalan dekat yang mau mengantarkan dengan menggunakan sepeda motor. Tapi beberapa air terjun ini sudah bisa di tuju dengan menggunakan kendaraan pribadi dan juga ada angkutan umum.

Beruntung sekali jika anda melakukan hiking meleati jalur Torean, karena dengan jalur ini anda bisa mendapatkan suguhan empat air terjun sekaligus dari 12 air terjun yang ada di sekitar rinjani. Yaitu air terjun genit, air terjun penimbungan, air terjun pancor mas, air terjun panas-dingin goa susu. Tapi sayangnya pada jalur ini kurang di minati oleh pendaki gunung. Biasanya mereka mengambil pada jalur dari sembalun maupun senaru.

1. Air Terjun Sendang Gile, Senaru, Lombok Utara

Air Terjun Sendang Gile, Senaru, Lombok Utara
Air Terjun Sendang Gile, Senaru, Lombok Utara

Konon pada air terjun ini tidak di sengaja di temukan oleh warga yang sedang berburu singa gila yang mengacaukan sebuah kampung dan juga kemudian masuk kedalam hutan. Air terjun ini mempunyai ketinggian 32 meter. Untuk mencapai lokasi ini dari pintu masuk membutuhkan waktu 11 menit melalui jalur tangga. Air terjun ini indh sekali. Anda harus coba datang kesini untuk menikmati keindahan air terjun sendang gile. Pasti anda akan terpesona dengan keindahannya.

2. Air Terjun Tiu Kelep, Senaru, Lombok Utara

 Air Terjun Tiu Kelep, Senaru, Lombok Utara
Air Terjun Tiu Kelep, Senaru, Lombok Utara

Air terjun tiu kelep ini letaknya tidak jauh dengan air terjun sendang gile. Kedua air terjun ini satu lokasi dengan pintu masuk yang ada di depan rumah makan Galang Ijo. Para pengunjung ini harus melewati jalan yang berupa terowongan air, terowongan ini memberikan sensasi yang sangat luar biasa, kita tidak harus berjalan pelan di dalam keremangan cahaya senter. Alternative pad jalur lainnya ini bisa melewati jalan setapak yag mudah. Harus berhati-hati pada saat menuju Tiup Kelep, karena bebatuan sungainya yang sangat licin.

3. Air Terjun Penimbungan, Torean, Lombok Utara

Air Terjun Penimbungan, Torean, Lombok Utara
Air Terjun Penimbungan, Torean, Lombok Utara

Jika anda ingin sekali menddaki gunung rinjani melalui pintu masuk Torean yang akan menjumpai air terjun yang ada di tengan perjalan. Letak air terjun dari pintu masuk kurang lebih dua jam. Jika anda biasanya melewati rute sembalun dan juga senaru. Maka tak salah jika suatu saat rute ini mendapatkan view cantik lainnya dari gunung rinjani. Jalur Torean ini merupakan jalur yang kurang populer di banding dengan dua jalur lainnya yang menuju gunung rinjani. Jalur ini biasa di lewati oleh para peziarah yang mau melakukan ritual kepercayaan yang ada di segara anak.

4. Air Terjun Pancor Mas, Torean, Lombok Utara

Air Terjun Pancor Mas, Torean, Lombok Utara
Air Terjun Pancor Mas, Torean, Lombok Utara

Letak air terjun ini lumayan jauh dari setapak hiking, yang membuat air terjun panor mas ini jarang sekali untuk di kunjungi, penduduk lokal juga janrang mengunjungi tempat ini. Untuk menemukan air terjun ini tidak sulit, karena perjalanan dari air terjun aik genit hanya setengh jam saja. Air terjun ini akan terlihat dari kejauhan. Para pengunjung bisa membandingkan ketinggian air terjun pancor mas ini lenih tinggi di banding dengan air terjun aik genit.

5. Air Terjun Panas Dingin Goa Susu

Air Terjun Panas Dingin Goa Susu
Air Terjun Panas Dingin Goa Susu

Air terjun ini masih di jalur torean, dan juga tidak jauh dari goa susu, anda bisa menjumpai air terjun yang mengalirkan air panas. Anda jangan sampai melewatkan momen pada air terjun ini untuk mandi di bawahnya, karena mandi di air hangat dapat memulihkan kelelahan pada fisik.

6. Air Terjun Tiu Pupus, Genggelang, Gangga, Lombok Utara

Air Terjun Tiu Pupus, Genggelang, Gangga, Lombok Utara
Air Terjun Tiu Pupus, Genggelang, Gangga, Lombok Utara

Nama tiu pupus ini teryata memiliki arti yang bermakna, kata tiu ini artinya genangan air sedangkan pupus berarti sebuah akar yang tampak dari sebatang pohon yang berada di tebing sungai. Anda bisa membayangkan bagaimana pemandangan dari air terjun yang ada di lombok ini. Tinggi dari air terjun tiu pupus ini kurang lebih 50 meter yang juga memiliki kolam bawah air terjun yang luas sekali dan juga sedikit dalam udaranya juga cukup dingin karena berada di kawasan pegunungan. Debir pda air di musim kemarau biasanya sangat kecil, meskipun begitu anda bisa tetap mandi di kolam air terjun tiu pupus ini.

7. Air Terjun Mayung Putek, barat Sajang, Lombok Timur

Air Terjun Mayung Putih, barat Sajang, Lombok Timur
Air Terjun Mayung Putih, barat Sajang, Lombok Timur

Air terjun mayung putek ini terletak di desa bilok petung, kecamatan sembalun, kabupaten lombok timur. Jika di ukur dari kota mataram jaaknya yang di lewati sekitar 173 kilo meter ataupun dengan waktu yang di tempuh sekitar 4 jam perjalanan. Ada dua alternative rute jalan yang bisa di lalui melalui kota mataram. Rute yang pertama dengan melewati kawasan kabupaten lombok timur yaitu mataram lalu mantang lalu terara lalu sikur lalu aikmel lalu suwela lalu sapit lalu lemor lalu sembalun bumbung lalu semblun lawang kemudian bira.

Sedangkan rute yang kedua melalui jalur lombok utara yaitu mataram, pusuk ataupun sepanjang jalan pantai senggigi, pemenang, tanjung, gondang, selengan, batu gembung, desa searu, desa grisak, desa sembek elen dan bira.

8. Air Terjun Jeruk Manis, Kembang Kuning, Lombok Timur

Air Terjun Jeruk Manis, Kembang Kuning, Lombok Timur
Air Terjun Jeruk Manis, Kembang Kuning, Lombok Timur

Mungkin dari beberapa air terjun yang berada di kawasan gunung rinjani, air terjun jeruk manis ini sudah di kelola dengan baik. Di sekitar air terjun ini terdapat homestay, cottage, restoran dan juga untuk mengakses menuju ke tempat ini halus sekali jalan aspalnya. Tidak heran jika banyak sekali wisatawan yang mengunjungi pulau lombok. Anda bisa menyempatkan satu ataupun dua mlam untuk menikmati panorama yang ada di sekitas air terjun dan juga desa.

9. Air Terjun Benang Stokel, Aik Berik, Lombok Tengah

Air Terjun Benang Stokel, Aik Berik, Lombok Tengah
Air Terjun Benang Stokel, Aik Berik, Lombok Tengah

Benang stokel ini memiliki air terjun yang kembar yang sama menariknya untuk berenang di bawahnya. air terjun yang satunya lebih deras dan juga lebih tinggi airnya. Untuk mencapainya anda membutuhkan waktu 30 menit dari pintu masuk. Selain para wisatawan lokal, tidak banyak dari wisatawan yang mengunjungi air terjun ini.

10. Air Terjun Benang Kelambu, Aik Berik, Lombok Tengah

Air Terjun Benang Kelambu, Aik Berik, Lombok Tengah
Air Terjun Benang Kelambu, Aik Berik, Lombok Tengah

Jika nanda ingin melakukan perjalanan menuju ke air terjun benang kelambu, maka i sarankan untuk mempersiapkan fisik yang sangat baik, karena medan yang di lalui sangat curam, seperti jalur hiking pada umumnya. Untuk menuju air terjun benang kelambu ini membutuhkan waktu sekitar setengah jam untuk melewati kerimbunan hutan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *