Home >> Kesehatan >> Bahaya Kesehatan di Balik Kebiasaan Tidur di Lantai
Bahaya Kebiasaan Tidur Di Lantai
Bahaya Kebiasaan Tidur Di Lantai

Bahaya Kesehatan di Balik Kebiasaan Tidur di Lantai

Saat cuaca panas, tidur di lantai tanpa kasur akan terasa sangat nyaman dan sejuk. Tidur di lantai tanpa ksur akan membuat tubuh menjadi adem atau sejuk, sehingga tidur akan semakin nyenyak, dan banyak orang yang melakukan hal ini.

Keseringan Tidur Di Lantai Ternyata Dapat Menimbulkan Bahaya
Keseringan Tidur Di Lantai Ternyata Dapat Menimbulkan Bahaya

Namun kenapa anda lebih memilih tidur di lantai yang keras jika ada kasur yang nyaman, selain menimbulkan rasa sakit pada punggung dan leher ketika bangun tidur, tidur di lantai tanpa kasur juga dapat menimbulkan hal lain yang membahayakan bagi kesehatan tubuh anda. Dan inilah beberapa bahaya yang dapat timbul karna kebiasaan tidur di lantai:
1.Masuk Angin

Tidur di lantai memang pada awalnya akan memberi kesejukan pada tubuh kita dan akan membuat tubuh kita menjadi semakin nyaman, karna angin dan udara yang sejuk dapat langsung mengenai tubuh kita. Namun jika anda tidur di lantai dengan waktu yang cukup lama bahkan sampai berjam-jam, anda akan mengalami gejala masuk angin yaitu tubuh anda akan terasa demam, dan kepala anda akan terasa sakit. Bahkan masuk angin dapat mengakibatkan gangguan pada pencernaan seperti mual, perut kembung, muntah, bahkan diare. Dan tentunya kondisi tubuh yang seperti itu akan membuat anda lebih mudah terserang penyakit lainnya.

2.Sinusitis

rasa dingin yang terlalu sangat pada tubuh akan menyebabkan gangguan sinusitis. Gangguan sinusitis ditandai dengan gejala yang sama seperti influenza, seperti hidung tersumbat, kepala pusing, cairan hidung yang berlebihan, dan bersin tanpa henti. Saat mulai muncul gejala sinusitis pada tubuh anda, segera periksakan diri anda ke dokter agar anda mendapatkan perawatan yang dini sehingga peradangan pada rongga sinus ini tidak semakin parah. Sinusitis juga dapat menimbulkan komplikasi seperti penyakit meningitis, asma, dan resiko terkena gangguan otak seperti stroke dan aneurisma.

3.Penyakit Paru-Paru           

Banyak orang yang beranggapan bahwa tidur di lantai akan menyebabkan paru-paru basah. Namun penyakit paru-paru penyakit basah yang mereka maksud bukanlah arti yang sebenarnya. Penyakit paru-paru yang disebabkan oleh kebiasaan tidur di lantai dikarenakan lantai yang disunakan tidur kurang terjaga kebersihannya, bukan karna paru-paru yang terendam air. Karna lantai menjadi media semua bakteri dan kuman, anda harus rajin-rajin membersihkan lantai anda agar bakteri dan kuman yang ada pada lantai tidak masuk pada tubuh anda. Bakteri bisa masuk dengan cepat ke dalam paru-paru dan menyebabkan peradangan pada paru-paru. Peradangan biasanya ditandai dengan batuk-batuk, tidak nafsu makan, pusing, dan tubuh akan terasa lemah.

4.Flu

Jika anda terlalu sering tidur di lantai tanpa ada alas, maka virus penyebab flu akan mudah masuk ke dalam tubuh anda. Virus flu ini akan menyerang semua bagian pernafasan anda mulai dari hidung, tenggorokan, sampai paru-paru. Flu ditandai dengan demam, kepala pusing, hidung pilek, dan tubuh terasa tidak nyaman. Flu yang tidak terlalu parah memang akan bisa sembuh dengan sendirinya, namun jika penyakit flu ini berkepanjangan dan tidak kunjung sembuh, maka anda harus periksa ke dokter untuk mendapatkan perawatan.

5.Sakit Punggung

Tidur di atas lantai yang keras tentunya akan menimbulkan rasa sakit dan nyeri pada punggung, karna semua tulang dan otot punggung tidak bisa bersantai dan selalu tegang. Lantai yang keras akan membuat tulang dan otot berada dalam posisi yang terpaksa. Dan jika anda terus-terusan tidur di atas lantai yang keras, kemungkinan besar anda juga akan mengalami kelainan bentuk tubuh.

6.Penyakit Kulit

Walaupun anda sudah membersihkan lantai rumah anda berkali-kali, namun akan tetap ada kuman dan bakteri yang tidak dapat anda lihat yang tetap ada pada lantai rumah anda. Bakteri dan kuman tersebut lah yang menyebabkan anda terkena penyakit kulit seperti gatal-gatal, dan lain-lain.

7.Stroke

Mungkin anda masih tidak percaya bahwa hal sepele seperti tidur di lantai dapat menyebabkan stroke, tapi pada kenyataannya ada banyak studi yang membuktikan hal tersebut.

8.Gangguan Tidur

Beberapa hal seperti punggung dan leher yang sakit serta hawa yang terlalu sejuk akan membuat tubuh merasa tidak nyaman ketika tidur. Dan tentunya ketidaknyaman tersebut akan menggangu kualitas tidur anda. Kualitas tidur yang buruk dapat menimbulkan depresi dan perasaan sedih, serta tubuh akan mudah terserang penyakit.

9.Gigitan Serangga

Tidur di lantai tentunya juga dapat membuat anda merasa tidak nyaman dan tenang karna adanya ancaman terkena gigitan serangga. Ada berbagai hewan melata berbahaya yang biasa ditemui di lantai rumah seperti kalajengking, kelabang, semut rangrang, dan lain-lain.

Kalau ada kasur yang empuk dan nyaman, kenapa anda harus tidur di lantai yang keras dan tentunya menimbulkan banyak bahaya bagi kesehatan kita? Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *