Home >> Info Pajak >> Apa itu NPWP dan Kenapa Harus Mengurus NPWP?

Apa itu NPWP dan Kenapa Harus Mengurus NPWP?

Bagi yang belum pernah berurusan dengan perkreditan atau bank anda mungkin belum tahu apa itu NPWP. Atau bagi anda yang tidak berkecimpung di bidang usaha anda mungkin juga tidak akan tahu apa itu npwp. Oleh karena masih belum banyak yang tahu tentang npwp pada kesempatan kali ini akan coba dibahas satu – persatu secara mudah seputar NPWP.

Apa itu NPWP?

Npwp merupakan singkatan dari Nomor Pokok Wajib Pajak. Npwp memiliki serangkaian nomor yang berfungsi sebagai identitas wajib pajak. Nomor ini kemudian bisa digunakan untuk memudahkan wajib pajak dalam membayar pajak. Untuk bisa mendapatkan npwp ini anda harus melakukan registrasi terlebih dahulu baik secara online maupun datang langsung ke kantor pelayanan pajak (KPP) atau ke kantor penyuluhan dan pengamatan potensi perpajakan (KP4).

NPWP
NPWP

Cara Mengurus NPWP

Seperti yang sudah di bahas di atas tadi, ada beberapa cara mengurus npwp. Anda bisa datang langsung ke kantor pelayanan pajak (KPP) atau ke kantor penyuluhan dan pengamatan potensi perpajakan (KP4). Cara seperti ini biasa disebut dengan daftar npwp secara offline.

Sementara untuk cara yang kedua yaitu dengan melakukan registrasi secara online atau biasa disebut daftar npwp secara online. Untuk cara registrasi npwp online menjadi pilihan yang lebih mudah karena tidak perlu mengambil nomor antrian di kantor pelayanan pajak. Anda bisa langsung mengakses situs terkait untuk mengurus pendaftaran npwp secara online di https://ereg.pajak.go.id/.

Kenapa harus mengurus npwp?

Sebagai warga Negara yang bijak seharusnya semuanya memiliki kesadaran untuk membayar pajak. Langkah pertama untuk mewujudkan kesadaran tersebut dimulai dengan mengurus npwp. Lalu jika ditanya mengapa harus mengurus npwp? Sebab, bagi wajib pajak yang tidak mengurus npwp akan dikenai tarif pajak yang lebih tinggi 20% dari tarif normal. Ini artinya anda akan membayar pajak yang lebih tinggi atas penghasilan yang anda terima.

Selain itu, alasan kenapa harus mengurus npwp adalah jika ada memiliki npwp maka anda akan dimudahkan untuk beberapa administrasi seperti ketika anda ingin membuat passport atau ketika anda ingin melakukan pengajuan kredit ke bank.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *