Home >> Teknologi >> Komputer >> Apa itu CCTV? Yuk Mengenal Lebih Dalam Apa Itu CCTV

Apa itu CCTV? Yuk Mengenal Lebih Dalam Apa Itu CCTV

Closed circuit television atau yang sering di sebut CCTV merupakan sebuah perangkat komputer  berbentuk  kamera video yang di gunakan untuk memantau tempat atau daerah tertentu lalu mengirimkan sinyal hasil tangkapanya ke monitor. Hal tersebut dapat di manfaatkan untuk memantau kondisi suatu tempat, sehingga dapat meminimalis terjadinya tindak kejahatan dan dapat di jadikan barang bukti tindak kejahatan yang telah terjadi.

Pada awalnya system CCTV menggunakan Vidio Cassete Record yang umumhya di kenal dengan VCR, dan membutuhkan kabel dari CCTV menjuju ke monitor untuk mengirimkan sinyal video, anda pun perlu mengawasinya secara langsung di monitor namun pada system ini resolusi gambarnya masih rendah yaitu 1 gambar per 12,8 detik.

Mengenal Lebih Jauh CCTV

Seiring berjalanya waktu  perkembangan teknologi semakin pesat, dan hal ini berdampak positif terhadap perkembanganya CCTV, dan kini CCTV telah memakai system teknologi modern.dan sekarang CCTV menggunakan system kamera digital yang dapat di operasikan atau mengontrol memalaui smartphone atau perangkat perangkat computer. Selain itu anda dapat mengontrolnya  kapan saja di mana saja asalkan saling terkoneksi dengan internet.

Komponen Komponen Jaringan CCTV

Untuk membangun system sederhana CCTV anda memerlukan beberapa peralatan yang di butuhkan untuk instalasi, dan berikut apa peralatan dan komponen CCTV antara lain:

  1. Bayonet Neill Concelman (BNC)

    Konektor BNC Kabel Coaxial

BNC merupakan konektor tipe RF yang umumnya terpasang di ujung kabel coaxcial yang di gunakan sebagai media penghung dari alat perekam menuju ke monitor. Dan hampir semua jaringan CCTV menggunakan konektor BNC ini. Konektor BNC ini berbentuk bulat dengan ada pin di tengahnya.

  1. Kabel Coaxcial

Kabel coaxcial merupakan kabel yang terhubung dari CCTV ke monitor yang ujungnya terdapat konektor BNC. Kabel coaxcisal ini berfungsi untuk mengirimkan sinyal dari CCTV ke monitor. Kabel coaxial sendiri terbagai menjadi beberapa tipe di anataranya RG-6,RG-59 dan RG-11. Kabel coaxial di golongkan menurut jarak maksimum dari setiap tipe kabel.

  1. Tang Crimp Kabel Coaxial

    Tang Crimp Kabel Coaxial

Tang coaxial berfungsi untuk mengcrimping kabel coaxialagar bisa menyatu dengan konektor BNC. Perlu anda ketahui tang crimp kabel coaxial berbeda dengan tang crimp kabel utp jadi anda jangan salah pilih.

  1. Kabel power

Di lihat dari namanya saja anda pastinya sudah tau apa itu fungsi dari kabel power,kabel power merupakan kabel pemasok tegangan AC (searah) dari stop kontak ke adaptor atau power supply kamera CCTV. Tipe kabel power yang di gunakan untuk instalasi CCTV biasanya NYA(2×1,5mm) ataupun NYM(3×2,5mm). pada instalasi kabel power lebih baiknya di tambahkan pipa high impact counduit untuk lebih awet dan tahan lama.

  1. Power Supply Dan Adaptor

pada perangkat ini kerjanya hampir mirip dengan kabel power yaitu sama sama berhubungan dengan listrik. Tugas dari alat ini adalah menyuplai tegangan listrik dari kabel adaptor ke kamera CCTV. Selain itu perangkat ini juga memeiliki fungsi lain yaitu membuat tegangan listrik lebih stabil dan aman. Besar tegangan adaptor atau power supply ini kurang lebih 12 volt (DC), namun juga ada yang memiliki tegangan 24 volt (AC) ataupun 24 volt (DC). Bisanya jika adaptor ini berbeda tipe maka akan berbeda tegangan pula.

  1. Kamera CCTV

    Kamera CCTV

Perangkat selanjutnya yang di butuhkan untuk membangun jaringan CCTV ialah kamera, kamera sendiri merupakan perangkat yang penting pasalnya, kamera ini yang merekam dan memantau kondisi atau tempat yang akan di eksekusi. Kamera CCTV pun di bagi menjadi beberapa tipe di antaranya :

  • Kamera IP
  • Kamera Fixed Dome
  • Kamera Wireless
  • Kamera Pan/Tilt/Zoom (PTZ)

Dari beberapa tipe di atas di bedakan berdasarkan kebutuhan dan harga. Bila anda mau membeli kamera CCTV ada beberapa hal penting yang anda harus perhatikan agar mendapatkan CCTV yang sesuai dengan keinginan anda, dan berkut hal hal yang perlu anda perhatikan saat memilih CCTV yaitu spesifikasinya,  pada sepesifikasnya anda akan di suguhi format lensa Charge Coupled Sevice (CCD)  yang biasanya memiliki ukiran tipikal ½” sampai dengan ¼”. Setelah spesifikasi yang perlu anda pilah lagi yaitu TV Lines, TV Lines ini bersangkutan dengan resolusi gambar, lalu LUX yang bersangkutan dengan kesensitifan terhadap cahaya, kemudian yang termasuk TV Lines selanjutnya adalah varifocal lens yang berhubungan terhadap jarak pandang sudut yang bisa anda atur secara manual, indoor ataupun outdoor.

  1. Digital Vidio Recorder (DVR)

Perangkat keras yang biasanya berada di dekat monitor ini memiliki fungsi sebagai media peyimpanan video yang telah di record. Besar kecilnya penyimpanan pada DVR ini tergantung pada hardisk yang terpasang di dalam DVR tersebut. Umumnya penyimpanan DVR sebesar 160 Gygabyte namun ada yang mencapai 1 Terabyte. Dan hasil dari rekaman yang tersimpan di DVR ini berformat Avi,MPEG-4 dan QCIF dan terdiri 4,6,16 dan 32 channel camera.

  1. Monitor CCTV

    Monitor CCTV

Dan perangkat yang terakhir adalah monitor. Monitor di gunakan untuk menayangakan hasil keseluruhan gambar dari kamera yang sesuai dengan inputan DVR. pada 1 monitor dapat menampilkan beberapa tangakapan layar dari kamera dengan tampilan yang di bagi di layar monitor tergantung banyaknya kamera yang terhubung ke DVR.  namun tidak harus monitor untuk menampilkan hasil dari kamera namun kita bisa menggunakan media lain seperti smartpone tapi dengan syarat smartpone dan jaringan CCTV saling terhubung dengan internet.

Naih itu tadi beberapa pengenalan tentang CCTV beserta perangkat perangkat yang harus di butuhkan untuk istalasi CCTV. Perlu anda ketahui juga pemasangan CCTV juga perlu karena dapat menjaga kemanaan rumah ataupaun apartemen dan tempat tempat lain. Semoga bermanfaat terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *