Home >> Teknologi >> AMD APU Kaveri dalam Lenovo Z40-72 Laptop Gaming Paling Tipis

AMD APU Kaveri dalam Lenovo Z40-72 Laptop Gaming Paling Tipis

Laptop gaming biasanya memiliki ukuran yang cukup tebal dan berat karena kapasitas hardisknya yang lebih besar dan membutuhkan DVD untuk memutarnya. Lantaran ukuran dan beratnya inilah beberapa gamer enggan untuk membawa laptopnya karena membuat punggung sakit.

Namun hal itu tidak akan gamer temui lagi jika gamer menggunakan Lenovo Z40-72. Laptop dari Lenovo ini diklaim sebagai salah satu laptop gamin tertipis namun memiliki performa yang luar biasa untuk memainkan berbagai game terbaru.

Rahasia dibalik kekuatan Lenovo Z40-72 adalah ditanamkanya AMD APU Kaveri di dalamnya. AMD APU Kaveri merupakan prosesor generasi terbaru dan tertinggi dari AMD yang mampu bekerja ganda baik sebagai CPU maupun GPU sekaligus.

Baca Juga : Zero Client VCloudpoint Hadir Mampu Perkecil Penggunaan Komputer / PC

AMD APU Kaveri memiliki core atau inti sebanyak 10 dengan pembagian 4 core sebagai CPU dan 6 core ssebagai GPU. Semuanya dalam satu rangkaian yang didukung oleh teknologi HSA yang memungkinkan prosesor ini bekerja dengan cerdas membagi beban tugas. Disaat komputer membutuhkan CPU untuk menjalankan suatu aplikasi, maka HSA akan lebih memprioritaskan core CPU untuk bekerja. Begitu pula sebaliknya, jika kebutuhan grafis yang lebih dibutuhkan maka core GPU akan lebih diutamakan. Berkat teknologi HSA ini, keduanya bisa bekerja berkesinambungan dalam satu rangkaian.

Hebatnya lagi untuk masalah pengolah grafis, meskipun AMD APU Kaveri sudah memiliki GPUnya sendiri namun GPU ini juga bisa bekerja bersama dengan chip GPU AMD Radeon R6 M225DX. Kerjasama kedua GPU tersebut akan menghasilkan dua GPU dalam satu laptop atau biasa disebut dengan crossfire. Satu GPU saja bisa cukup baik untuk mengolah grafis apalagi ada dua? Bisa dibayangkan bagaimana tangguhnya crossfire ini untuk menjalankan game – game kelas atas? Ada tambahan lagi yakni, chip grafis ini juga menggunakan arsitektur GCN (Graphics Core Next) dan terintegrasi dengan teknologi mantle AMD sehingga membuat game lebih responsive. Dengan hadirnya semua teknologi ini, maka Lenovo Z40-72 merupakan salah satu laptop gaming yang paling direkomendasikan untuk para gamer.

Bicara soal ketebalan, Laptop Lenovo Z40-72 merupakan salah satu produk laptop gaming paling tipis. Ketebalanya tidak lebih dari 1 cm dan beratnya tidak lebih dari 2,4 Kg. sudah tipis ringan pula, jadi produk ini juga cukup nyaman untuk dibawa kemana – mana dalam tas punggung gamer.

Baca Juga : HP Desktop 110-510X, Performa Kuat dengan AMD Quad Core A8

Beberapa gamer sering kali mengeluhkan kapasitas laptopnya. Betul saja, game – game terbaru saat ini ukuranya sangat besar. belum lagi ketika diinstal juga membutuhkan ruang penyimpanan bebas yang besar sebagai syarat untuk menjalankan game tersebut.

Namun sobat gamer tidak perlu khawatir jika menggunakan Lenovo Z40-72 karena laptop gaming paling tipis ini memiliki kapasitas penyimpanan yang sangat besar. kapastias penyimpananya adalah 1 TB. Ukuran penyimpanan yang lebih besar ini memberikan ruang penyimpanan yang melimpah bagi para gamer untuk mengoleksi game – game kesayangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *