Home >> Gaya Hidup >> Kesehatan >> Akibat Kekurangan Dan Kelebihan Serat Bagi Tubuh
Akibat Dari Kekurangan Dan Kelebihan Serat Bagi Tubuh
Akibat Dari Kekurangan Dan Kelebihan Serat Bagi Tubuh

Akibat Kekurangan Dan Kelebihan Serat Bagi Tubuh

Serat adalah salah satu nutrisi yang harus dipenuhi karna sangat diperlukan oleh tubuh, serat dibutuhkan oleh tubuh karna sangat diperlukan untuk proses pencernaan dan metabolisme tubuh. Serat mampu mengikat kandungan lemak yang berasal dari makanan yang kita konsumsi sehari-hari, yang kemudian diikat dan dicerna secara sempurna oleh organ pencernaan. Selain untuk melancarkan proses pencernaan, serat juga mampu untuk menurunkan kadar kolesterol dan membantu menurunkan berat badan. Pakar gizi menyarankan agar tubuh kita mendapatkan asupan serat yang cukup yaitu sekitar 25 sampai 35 gram setiap harinya. Dengan asupan serat yang terpenuhi, proses pencernaan pada tubuh kita akan bekerja dengan baik dan lancar serta tidak terhambat oleh apapun.

Lalu apa jadinya jika tubuh kurang serat? Ketika tubuh kita tidak tercukupi asupan seratnya, pastilah tubuh akan merespon dengan fungsi-fungsi organ yang bekerja secara tidak maksimal, dan akan ada beberapa penyakit yang timbul akibat kurag serat, di antaranya:

Akibat Kurang Serat
Akibat Kurang Serat
  1. Sembelit

Sembelit adalah keadaan di mana anda akan kesulitan buang air besar. Lambung dan perut anda juga akan terasa tidak nyaman,  seolah-olah perut terisi sangat penuh.

  1. Kenaikan Berat Badan

Fungsi utama dari serat adalah mengikat lemak sehingga mudah dicerna oleh tubuh. Ketika anda kurang serat, sudah dipastikan anda akan mengalami kegemukan karna lemak dalam tubuh tidak dapat terserap dengan baik serta akan sulit keluar dan tetap mengendap.

  1. Kadar Gula Darah Tidak Stabil

Penelitian membuktikan bahwa salah satu penyebab timbulnya diabetes adalah kekurangan asupan serat. Kekurangan serat satu hari saja sudah dapat menimbulkan ketidakstabilan gula darah dalam tubuh, dan tentunya akan berpengaruh pada kesehatan tubuh secara umum.

  1. Munculnya Beberapa Gangguan Pencernaan

Seperti yang dijelaskan di awal, serat merupakan senyawa yang sangat dibutuhkan untuk proses pencernaan, dan jika tubuh kurang serat maka akan timbul beberapa gangguan pencernaan seperti wasir atau ambeyen, diare, radang lambung dan usus, sakit perut, susah BAB, usus buntu, mual, dan penyakit ginjal.

  1. Munculnya Beberapa Penyakit

Ketika ada satu penyakit yang kemudian menimbulkan komplikasi atau kemunculan penyakit lain, itu merupakan hal yang umum dan wajar. Kekurangan serat juga dapat menimbulakn beberapa penyakit lain seperti diabetes, obesitas, kolesterol, hernia, batu empedu, hipertensi, kencing manis, dan kanker usus.

  1. Menimbulkan Penyakit Jantung

Salah satu manfaat penting serat adalah menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Sedangkan kolesterol yang tinggi dapat menimbulkan penyakit jantung, sehingga asupan serat yang terpenuhi akan mengurangi resiko terkena penyakit jantung.

  1. Penyakit Kardiovaskular

Penyakit kardiovaskular merupakan salah satu penyakit gangguan pada jantung dan pembuluh darah. Penyakit ini memiliki beberapa macam namun yang paling terkenal adalah stroke dan jantung. Penyakit kardiovaskular terjadi akibat kadar kolesterol jahat atau LDL dalam tubuh meningkat secara signifikan. Makanan berserat mampu mengikat kolesterol jahata atau LDL dalam saluran pencernaan sehingga tubuh tidak meyerapnya dengan banyak, dan kadar kolesterol jahat dalam tubuh juga akan dapat dikurangi.

Bahaya terhadap kesehatan juga dapat timbul jika anda kelebihan asupan serat, apa saja bahaya terhadap kesehatan tersebut?

akibat dari kebanyakan makan serat
Akibat Dari Kebanyakan Serat
  • Sembelit. Sembelit tidak hanya disebabkan oleh kurangnya asupan serat, ternyata sembeblit juga disebabkan karna kelebihan asupan serat. Kenapa bisa begitu? Serat adalah nutisi yang mampu menyerap cairan dalam tubuh. Karna asupan serat yang tinggi dapat menyerap semua cairan dalam organ pencernaan sehingga akan kesulitan buang air besar.
  • Dehidrasi. Seperti yang saya jelaskan di atas, asupan serat yang terlalu tinggi dapat menyerap cairan tubuh sehingga tubuh akan mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan.
  • Perut Kembung. Kebanyakan mengkonsumsi serat justru akan menyebabkan proses pencernaan berjalan dengan tidak semestinya, dan lambung akan merespon hal tersebut dengan mengeluarkan gas, dan gas tersebutlah yang menyebabkan perut anda terasa kembung.
  • Kenaikan Berat Badan. Hal ini bisa terjadi karna serat yang berlebih akan banyak mengikat cairan dalam tubuh sehingga menyebabkan air akan mengendap di dalam tubuh yang biasa disebut dengan istilah retensi air. Air yang mengendap di dalam tubuh inilah yang menyebabkan berat badan anda menjadi naik.

Jika anda ingin mendapatkan asupan serat yang seimbang, sebaiknya ada jangan terlalu banyak mengkonsumsi multivitamin yang mengandung serat. Konsumsilah sumber serat alami seperti:

  • Buah-buahan
  • Sayuran hijau
  • Biji-bijian
  • Umbi-umbian
  • Kacang-kacangan
  • Dan gandum

Itulah beberapa akibat dari kekurangan dan kelebihan serat bagi tubuh yang dapat saya informasikan pada anda. Semoga bermanfaat!

About Fatka Aulia

Hidup memang susah untuk ditebak, namun jika kita merancang hidup ini dengan do'a dan usaha yang konsisten, maka kita akan mendapatkan hidup yang kita inginkan. Itulah kata-kata yang selama ini saya terapakan dalam kehidupan saya. Strive for your life!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *