Home >> Pengetahuan >> 8 Urutan Planet dan Nama Planet Dalam Sistem Tata Surya
Planet Dalam Sistem Tata Surya

8 Urutan Planet dan Nama Planet Dalam Sistem Tata Surya

Tata surya adalah benda langit, yaang terdiri sebuah bintang, yang biasa kita sebut Matahari dan juga sisitem gravitasinya. Sistem tata surya itu sendiri terdiri dari Matahari, 4 planet dalam,  Sabuk Asteroid, 4 planet di bagian luar dan sabuk kuiper, ada juga piringan tersebar yang juga termasuk bagian yang paling luar.

Namun kita tidak akan membahas mengenai bagian-bagian tata surya namun yang kan kita pelajari adalah urutan-urutan planet yang ada di sistem tata surya, mungkin semuanya sudah mengetahui bahwa hanya ada 8 planet, namun tidak menutup kemungkinan jika di masa yang akan datang planet-planet ini akan bertambah ataupun akan berkurang.

Jika secara umum planet adalah benda langit yang tidak bisa mengeluarkan cahaya dan juga tidak bisa mengeluarkan panas, Planet-planet bergerak mengelilingi Matahari secara tetap, jumlah dari planet itu sendiri juga sudah di tetapkan oleh Persatuan Astronomi Internasional atau IAU (Internasional Astronomical Union) yaitu 8 planet. Berikut ini adalah Urutan dan Nama Planet di Sistem Tata Surya.

1.Merkurius

Merkurius adalah planet yang terdekat dengan Matahari, planet Merkurius adalah planet terkecil, massa planet Merkurius sama dengan massa Bumi yaitu 0,055. Banyak orang menyebutnya sebagai Bintang Senja atau Bintang Pagi, Planet Merkurius tidak memiliki Planet Alami satu pun.

Adapaun jarak Planet Merkurius dengan Matahari adalah 57,9 juta KM dengan kala rotasi planet Merkurius 59 hari dan kala Revolusinya berkisar 88 hari.

2.Venus

Venus merupakan planet yang paling dekat dengan Bumi, ukuran dari Planet Venus pun mirip dengan Bumi, yang mana ukuran Planet Venus 0,815 dari ukuran Bumi, dengan samanya ukuran Venus dengan Bumi menjadikannya sering dijuluki Planet Saudara, karena ukuran yang mirip. Planet Venus tidak memiliki Satelit alami.

Sebutan untuk Planet Venus adalah Bintang Fajar, Bintang Timur, dan juga Bintang Kejora jarak Planet Venus dengan Matahari adalah 108.2 juta Km dengan skala Rotasi 143 hari, dan skala Revolusi 22,4 hari.

3.Bumi

Bumi adalah satu-satunya Planet yang berpenghuni, Bumi memiliki satelit alami yang kita kenal sebagai Bulan, Bulan adalah satelit terbesar dari Planet Bumi dalam sistem tata surya. Jarak Bumi dengan Matahari adalah 150 juta Km dengan skala Rotasi 365,25 hari dan skala Revolusi buumi 24 jam.

4.Mars

Mars adalah urutan keempat yang dekat dengan Matahari, Uniknya nama dari Planet ini di ambil dari nama dewa perang Romawi yaitu Mars, planet ini juga dijuluki dengan Planet Merah, karena jika dilihat dari kejauhan. Ini disebabkan adanya oksida yang ada sipermukaan Planet Mars, Planet Mars memiliki dua satelit yaitu Phobos dan juga Deimos. Jarak Planet Mars ke Matahari 247,1 juta Km dengan kala Rotasi planet Mars selama 25,62 jam, dan kala Revolusi planet Mars 687 hari.

5.Yupiter

Yupiter merupakan raksasa gas denga massa 1/1000 Massa Matahari, dan dua setengah kali jumlah massa semua planet lain di tata surya. Planet ini dan raksasa lain di tata surya yaitu saturnus, uranus, dan neptunus. Kadang-kadang disebut planet jovian atau Planet Luar.

6.Saturnus

Planet Saturnus adalah planet yang berbeda dengan planet-planet lainnya, karena planet ini mempunyai cincin, dan juga Planet Saturnus adalah planet terbesar nomor dua setelah Yupiter, jarak Saturnus sangatlah jauh dari Matahari, karena itulah saturnus tidak jelas jika di lihat dari bumi, Saturnus memiliki 18 satelit dan yang terbesar adalah satelit Titan.

7.Uranus

Uranus merupakan planet yang paling ringan di antara-antara planet luar. Planet ini memiliki kelainan ciri orbit. Planet ini ditemukan oleh Sir William Herchel pada tanggal 13 Maret 1781, menambah batas yang diketahui dari tata surya untuk pertama kalinya dalam sejarah modern.

8.Neptunus

Planet Neptunus merupakan planet yang terbesar keempat berdasarkan diameternya 49.530 Km dan terbesar ketiga berdasarkan massa, jarak neptunus dari Matahari adalah 2.869 Km dengan kala rotasi selama 6 jam dan kala revolusi 165 tahun.

Demikian lah ulasan mengenai urutan planet dan juga sistem tata surya, semoga dengan ulasan ini anda bisa terbantu dan semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *