Home >> Ekonomi >> Bisnis >> 8 Penyebab Kegagalan di Bisnis Online
Penyebab Kegagalan di Bisnis Online
Penyebab Kegagalan di Bisnis Online

8 Penyebab Kegagalan di Bisnis Online

Saat dulu saya belajar di bisnis offline, didalam seminar disampaikan untuk menjadi menjadi pengusaha, maka harus siap gagal. Ternyata, kalimat tersebut juga berlaku di bisnis online. Untuk menjadi pebisnis online yang professional, harus siap gagal dan bahkan gulung tikar. Banyak dari teman teman saya yang menggeluti bisnis internet yang gagal ditengah jalan daripada yang sukses sehingga memilih untuk bisnis offline kembali. Dan biasanya, pebisnis online yang pemula di awal awal memiliki semangat membara namun karena merasa tidak mendapatkan hasil, akhirnya putus asa dan tidak mau melanjutkannya.

Berikut ini beberapa alasan pebisnis online mengalami kegagalan.

  1. Bisnis online tidak nyata dan main main belaka

Karena kebanyakan orang yang online melakukan kegiatan main main seperti game online, saling sapa di media sosial dan lain lain, sehingga image ketika online lebih cenderung untuk main main saja, bukan untuk mencari uang. Jika kita menganggap bisnis online sebagai lahan untuk main main, maka hasilnya juga seperti main main (baca: sedikit). Jika saya pribadi, bisnis online sama persis dengan bisnis offline, jika saya serius didalamnya maka insyaallah hasilnya pun bisa maksimal dan bisa menjadi penghasilan utama. jangan lupa tetap fokus dan serius dalam bisnis online yang kita geluti

  1. Tidak bisa membedakan antara bekerja dan bermain

Banyak dari teman teman saya berkata, bahwa mereka sudah berjam jam berada di depan laptop atau computer tapi saya balik bertanya, apa yang anda pelajari (apa yang anda buka?) ternyata mereka kebanyakan didepan internet hanya buka media sosial, game, baca berita dan lain lain. Seakan akan serius untuk belajar bisnis online, tapi hanya main main saja. Jika ingin sukses dalam bisnis internet, maka jangan lupa membedakan jam bekerja dan jam bermain. Bagi waktu sebaik mungkin, jika sudah waktunya bekerja. Tutuplah semua browser yang mengganggu pikiran anda. sehingga bisa fokus untuk belajar dan mengembangkan potensi anda di internet.

  1. Beranggapan kalau bisnis online adalah bisnis cepat kaya dengan instant.

Paling banyak pebisnis online pemula gagal adalah Beranggapan kalau bisnis online adalah bisnis cepat kaya dengan instant. Hal ini juga didukung dengan status para mastah yang update status isinya tentang earning bulanan, hasil yang didapatkan selama satu bulan. para pemateri bisnis yang menganggap mudah internet serta banyak bertebaran ebook yang dijual memberikan pemahaman mudahnya mencari uang di internet. Yang harus digaris bawahi adalah bisnis online adalah bisnis dan semua bisnis pasti membutuhkan waktu, tenaga dan kesabaran untuk sukses. Oleh karena itu jangan terburu buru mengatakan bahwa mereka semua mudah mencari uang lewat internet. Meskipun saat ini mereka bisa melakukan itu. Namun, diawal merintis bisnis onlinenya, mereka membutuhan waktu dan tenaga ekstra untuk mencapai kesuksesan dan hal tersebut jarang diungkap di internet.

  1. Tidak mau action dan hanya terlalu banyak berpikir

Biasanya pebisnis online pemula terlalu banyak berpikir sehingga tidak langsung action. Waktu terlalu banyak dihabiskan untuk berpikir tanpa melakukan tindakan apa pun. Ikut seminar sana sini, cari informasi sana sini, galau dan akhirnya bingung untuk memulai dan apakah sukses atau tidak. Akhirnya tendenga terlalu banyak pertanyaan di otaknya, maka ujung ujungnya tidak jadi bisnis online dan kembali lagi bisnis offline atau kembali lagi sebagai karyawan.

  1. Tidak mau mengeluarkan modal

Seperti layaknya bisnis offline, bisnis online membutuhkan modal. Minimal yang dibutuhkan adalah modal internet. Jika tidak mempunyai computer, bisa ke warnet atau pinjam temannya.

  1. Tidak mau belajar dan merasa pintar sendiri

Saya dulu awal mengalami hal ini karena terlalu banyaknya ebook ebook yang bertebaran yang mengekspose tentang bisnis online dan saya pribadi tidak mencari informasi yang lebih detail dan akhirnya saya membeli produk tersebut dan kecewa dengan hasilnya. Dan saya menganggap bisnis online itu penipuan. Kebanyakan pebisnis online pemula tidak mau berbagi ilmu dengan teman teman yang lain. Padahal semakin banyak kita berbagi, maka semakin banyak kita mendapatkan. Karena merasa pintar sendiri, maka seakan akan dia seperti katak didalam tempurung. Tidak mau lagi belajar dan ilmunya hanya itu itu saja. Akhirnya bukan semakin berkembang tapi malah ketinggalan jaman.

  1. Tidak mau kreatif dan inovatif

Sifat manusia menyukai semua yang berbau instan, dan saat mendapatkan informasi suka ditelan secara mentah mentah. Suka meniru usaha orang lain tanpa memodifikasinya, suka ikut ikutan. Misalnya, lagi ramai google adsense, maka semuanya ikut google adsense, ketiak lagi ramai Affiliate Amazon, maka akhirnya berbondong bonding semua membuat website amazon, ada temannya membuat toko online maka membuat toko online. Membuat template yang sama dan domain pun hampir dibuat mirip dan akhirnya gagal lagi. Tanpa disadari, mereka membangun bisnis online dengan ikut ikutan saja. Modal sudah terlalu banyak dikeluarkan, bukannya untung malah jadi buntung. Mulai sekarang, coba untuk memulai pelajari potensi dalam diri (Hobby dan minat) amati website atau bisnis online lain yang setipe, tiru modelnya dan modifikasi sehingga jangan sampai sama persis.

  1. Tidak punya mentor

Sangat berbeda antara pebisnis online yang memiliki mentor dan yang tidak. Yang belajar otodidak seperti saya, membutuhkan waktu yang lama. Saya sarankan untuk mencari mentor atau guru yang sekiranya membantu dan tidak terjebak dalam lika liku bisnis online.

Cukup dulu deh, udah capek terlalu banyak ngetiknya, semoga beberapa alasan penyebab kegagalan dibisnis online jangan sampai terjangkit pada diri anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *