Home >> Kesehatan >> 8 Manfaat Mengkonsumsi Telur Mentah
beberapa manfaat makan telur mentah
Beberapa Manfaat Telur Mentah

8 Manfaat Mengkonsumsi Telur Mentah

Telur merupakan salah satu makanan yang dikonsumsi oleh hampir semua orang di dunia ini. Pada dasarnya semua jenis telur dapat dikonsumsi namun yang paling sering dikonsumsi adalah telur ayam, telur bebek, dan telur puyuh. Salah satu alasan yang membuat manusia suka mengkonsumsi telur adalah karna telur memiliki kandungan nutrisi yang lengkap seperti karbohidrat, kalsium, yodium, zat besi, mangan, magnesium, seng, dan yang paling tinggi dalah protein.

Manfaat Telur
Manfaat Telur Ayam

Telur biasanya dikonsumsi dengan cara digoreng atau direbus, dan yang paling kreatif adalah menjadikan telur sebagai bahan membuat kue. Namun ada beberapa orang yang tidak memakan telur secara utuh, ada yang makan kuningnya saja, dan ada yang makan putihnya saja. Padahal ada banyak manfaat jika kita mengkonsumsi telur secara keseluruhan, apalagi jika kita mengkonsumsi telur yang masih mentah. Telur yang masih mentah akan memberikan banyak manfaat bagi tubuh kita jika kita mengkonsumsinya, di antaranya 8 manfaat mengkonsumsi telur yang msih mentah berikut:

1.Pembentukan Otot

Bukan hanya putih telur yang direbus saja yang dapat membuat otot terlihat atletis, telur mentah ternyata juga dapat membentuk otot anda dan sangat cocok bagi anda yang sedang menjalankan progam diet. Telur mentah mengandung nutisi yang masih lengkap sehingga mampu membuat otot anda menjadi semakin kuat dan berisi.

2.Terhindar Dari Lemak dan Kolesterol

Apakah anda sangat gemar mengkonsumsi telur yang digoreng? Kalau iya, sebaiknya mulai sekarang hindari kegemaran anda tersebut jika anda ingin tubuh anda terhindar dari lemak dan kolesterol. Hal ini dikarenakan telur goreng mengandung kadar lemak jenuh dan kolesterol yang lumayan tinggi. Jika anda ingin tubuh anda terbebas dari lemak jenuh dan kolesterol jahat, mulai dari sekarang rutinlah mengkonsumsi telur mentah, namun cukup satu hari sekali saja.

3.Mencegah Kanker dan Penyakit Jantung

Banyak penelitian yang membuktikan bahwa dengan rutin mengkonsumsi kuning telur yang masih mentah akan dapat menekan resiko terkena kaker dan penyakit jantung karna kuning telur mentah mengandung nutrisi penting yang dapat bermanfaat untuk menghambat pertumbuhan sel kanker dalam tubuh serta menjaga kesehatan jantung.

4.Memperbaiki Suasana Hati

Senyawa yang ada dalam kuning telur dapat merangsang hormon tertentu yang membuat mental menjadi lebih baik. oleh karna itu, jika suasana hati anda sedang tidak baik, konsumsilah telur mentah untuk membuat suasana hati anda menjadi lebih baik.

5.Menangkal Katarak dan Kebutaan

Mengkonsumsi telur mentah ternyata juga dapat mencegah penyakit katarak yang biasanya memicu kebutaan pada organ mata. Jadi mulai sekarang lindungilah mata anda dari resiko terkena katarak dengan rutin mengkonsumsi telur mentah.

6.Menyembuhkan Gangguan Pada Paru-Paru

Sejumlah penelitian telah menjabarkan bahwa rutin mengkonsumsi telur mentah ternyata ampuh untuk menyembuhkan gangguan yang ada pada organ paru-paru, khususnya untuk penderita emphysema.

7.Memberikan Energi

Telur mentah mengandung karbohidrat yang masih utuh, sehingga jika dikonsumsi maka akan memberikan sumbangan energi pada tubuh. Menurut ahli nutrisi, organ pencernaan pada tubuh tidak akan kesulitan untuk mencerna telur metah karna telur mentah mengandung enzim alami yang dapat memperlancar proses pencernaan.

8.Menjaga Stamina Tubuh

Bagi anda yang merasa kurang bertenaga dan bersatamina, mengkonsumsi telur metah merupakan pilihan yang sangat pas untuk anda. Telur mentah dapat menambah stamina serta kekuatan tubuh anda secara keseluruhan. Dan selain itu, telur mentah juga bisa menjaga keseimbangan hormon dalam tubuh, mempercepat proses metabolisme, dan melancarkan sistem sirkulasi organ dalam tubuh.

Memang sih telur mentah terasa sangat amis dan terkadang membuat perut terasa mual, namun apa salahnya jika anda mencoba untuk mengkonsumsinya untuk mendapatkan manfaatnya. Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah pengetahuan anda!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *