Home >> Wisata >> Destinasi Wisata di Banyuwangi Yang Sayang Untuk di Lewatkan
Destinasi Wisata Banyuwangi
Destinasi Wisata Banyuwangi

Destinasi Wisata di Banyuwangi Yang Sayang Untuk di Lewatkan

Banyuwangi merupakan sebuah kota sekaligus kabubaten yang terkenal akan berbagai tempat wisatanya yang mempesona dan menawan sehingga wajib untuk di kunjungi. Kota yang terletak di ujung timur pulau jawa ini ternyata benar menyimpan sejuta ke-indahan alam yang mempesona. Hal itu terbukti saat kota Banyuwangi ini mendapatkan penghargaan dalam ajang Internasional “12th UNWTO Award Forum” yang pada saat itu digelar di kota Madrid (Spanyol), pada bulan Januari 2016, penghargaan tersebut diberikan oleh Organisasi Pariwisata Dunia Perserikatan Bangsa – Bangsa (UNWTO).

Selain itu, sesuai berjalannya waktu keindahan alam di kota Banyuwangi ini semakin mempesona, karena pemerintah Kota Banyuwangi ini sangat antusias dan juga bersemangat untuk membuat wisata di kota Banyuwangi ini agar lebih berkembang ke depannya nanti. Beberapa tempat wisata yang sering dikunjungi oleh wisatawan diantaranya adalah Kawah Ijen, Pantai Plengkung, Tabuhan Island, hingga Teluk Hijau. Selain menyimpan sejuta keindahan alamnya yang mempesona, Kota Banyuwangi juga terkenal akan aneka olahan kulinernya serta wisata Budayanya. Dan berikut ini beberapa wisata di kota Banyuwangi yang saying untuk di lewatkan.

 

Tempat Wisata di Banyuwangi :

 

1.Kawah Ijen

Kawah Ijen
Kawah Ijen

Kawah Ijen atau biasa disebut Blue Fire (Api Biru) ini merupakan sebuah kawah danau terbesar dipulau Jawa. Kawah ijen ini terletak pada ketinggian 2.443 m dari permukaan laut, serta memiliki kedalaman hingga 200 m. secara administratife Kawah Ijen ini terletak di Banyuwangi dan juga Bondowoso. Kawah ini memiliki keindahan tersendiri sehingga dapat memancing pengunjung untuk melihatnya lebih dekat. Namun meskipun memiliki keindahan yang mempesona, pengunjung juga diharapkan berhati – hati karena Kawah Ijen ini memiliki suhu yang bisa mencapai hingga 200 derajat celcius, serta memiliki tingkat asam yang dapat meleburkan tubuh manusia dan juga besi.

Bila anda ingin berkunjung ke Kawah Ijen ini, sebaiknya anda datang pada dini hari, karena Kawah Ijen ini akan lebih cantik dan eksotis jika dilihat saat dalam keadaan alam sekitar gelap. Selain dapat menikmati keindahan Kawah Ijen, anda juga akan dapat menyaksikan kegiatan tambang kelereng di daerah Kawah Ijen tersebut.

2.Pantai Plengkung

Pantai Plengkung
Pantai Plengkung

Pantai Plengkung atau biasanya wisatawan menyebutnya Gi-Land ini merupakan salah satu pantai wisata yang sering dikunjungi oleh peselancar dosmetik maupun mancanegara. Karena selain pemandangannya yang cantik, pantai plengkung ini juga memiliki ombak yang cukup besar hingga mencapai ketinggian 6 meter sehingga cocok bila digunakan untuk berselancar. Maka tidak heran jika ombak di pantai plengkung ini merupakan ombak terbaik kedua di dunia setelah ombak di pantai Hawai.

Jika anda hendak berselancar di pantai plengkung ini, sebaiknya anda datang pada pertengahan bulan Juli – September, karena pada bulan tersebutlah anda bisa mendapatkan ombak terbaik serta merasakan sensai berselancar yang sesungguhnya. Selain itu, di pantai plengkung ini juga telah menyediakan tempat persewaan papan selancar, sehingga bagi anda yang hendak berselancar tidak perlu kerepotan lagi untuk membawa selancar sendiri dari rumah.

Bagi anda yang tidak menyenangi kegiatan berselancar, anda bisa saja menikmati keindahan alamnya serta suasanya yang tenang karena pantai plengkung ini jauh dari dari pusat keramaian. Selain itu, anda juga dapat menikmati keadaan alam sekitar pantai plengkung yang di kelilingi oleh hutan Tropis serta juga terdapat beberapa lokasi Air Terjun yang cocok untuk trekking.

3.Pulau Tabuhan

Pulau Tabuhan
Pulau Tabuhan

Pulau Tabuhan atau Tabuhan Island ini merupakan salah satu pulau yang memiliki air lautnya yang sangat jernih sehingga indah untuk di lihat dan juga cocok bila di gunakan untuk kegiatan snorkeling. Jadi tidal heran bila pulau yang terletak di tengah Selat Bali ini menjadi salah satu tempat wisata yang popular di kalangaj wisatawan lokal maupun mancanegara. Pulau yang tidak berpenghuni ini memiliki hamparan pasir putih serta air lautnya yang bening. Pulau yang memiliki ukuran luas hingga 5 hektar ini berjarak cukup dekat dengan pusat Kota Banyuwangi, yaitu berjarak sekitar 20 km.

Untuk dapat berkunjung dan tiba ke “Tabuhan Island” ini anda dapat menggunakan kapal yang telah disewakan di beberapa tempat seperti Watu Dodol, Kampe, dan juga Bangsring. Jika anda menginginkan agar cepat sampai ke “Tabuhan Island” ini, anda dapat melakukan perjalanan dari Bangsring dan juga Kampe, perjalanan tersebut memakan waktu hingga 15 menit. Untuk persewaan kapalnya sendiri, anda perlu merogoh kocek hingga 500 ribu untuk kapasitas kapal hanya untuk 10 orang saja.

4.Pantai Bangsring

Pantai Bangsring
Pantai Bangsring

Pantai yang terkenal akan keindahan biota laut serta terumbu karangnya ini merupakan salah satu pantai yang popular dikalangan wisatawan. Pantai Bangsring ini memiliki luas sekitar 15 hektar serta kedalamannya mencapai 2 – 15 meter. Pantai ini sangat cocok untuk kegiatan snorkeling dan juga Diving. Selain itu, sorotan utama di pantai ini adalah adanya Rumah Apung Bangsring yang memiliki ukuran 27m x 7m dan mengapung cukup dekat dengan bibir pantai.

Selain Senorkeling dan Diving, anda juga dapat berenang bersama dengan kawanan ikan hiu yang sudah jinak, dan anda juga dapat menanam terumbu karang pada Pantai Bangsring tersebut.

5.Teluk Hijau

Teluk Hijau
Teluk Hijau

Di Teluk Hijau ini anda dapat mendapatkan sensasi undara segar pantai yang bercampur dengan udara dari hutan tropis Taman Nasiol Meru Betiri. Untuk melakukan pejalanan ke Teluk Hijau ini anda dapat menempuhnya dengan waktu sekitar 3 – 4 jam, dari pusat Kota Banyuwangi. Dalam perjalanan menuju ke teluk hijau ini memang cukup melelahkan, namun semua itu akan hilang saat telah tiba di Teluk Hijau. Karena di Teluk Hijau ini memiliki keindahan laut serta alamnya yang masih tetap terjaga dan lestari. Selain memiliki air laut yang sangat jernih berwarna hijau kebiruan, ‘Teluk Hijau” ini juga memiliki hamparan pasir putih, serta ombaknya yang tenang, sehingga suasana pantai ini menjadi tenang dan rileks. Namun yang disayangkan masih banyak orang yang belum mengetahui keindahan “Teluk Hijau” tersebut.

6.Air Terjun Kalibendo

Air Terjun Kalibendo
Air Terjun Kalibendo

Air terjun yang terletak tidak terlalu jauh dari pusat kota Banyuwangi, tepatnya di Kampung Anyar (Glagah) ini menyimpan pesona alam yang menawan dan menenangkan. Air terjun ini memiliki air yang jernih, dan di sekitar air terjun ini juga terdapat beberapa aliran sungai yang sehingga membuat udara disekitar aior terjun ini terasa segar dan juga menambah ke-indahan pada Air Terjun Kalibendo tersebut.

Selain terdapat air terjun yang mempesona, Kampung Anyar (Glagah) ini juga menyimpan pemadangan nan indah yang dapat anda nikmati, selain itu anda juga dapat berjalan – jalan di beberapa perkebunan Teh, Kopi, dan Cengkeh yang memiliki hamparan yang hijau menawan sehingga dapat menyegarkan mata anda.

 

Dan itulah beberapa tempat wisata di kota Banyuwangi yang sayang untuk anda lewatkan. anda bisa saja berkunjung ke Kota Banyuwangi berkunjung ataupun berlibur ke berbagai tempat wisatanya yang populer seperti Kawah Ijen, Teluk Hijau, Air Terjun Kalibendo, dan juga yang lainnya. Buatlah masa liburan anda semakin berwarna dengan berkunjung ke beberapa tempat wisata yang berada di kota Banyuwangi.

 

About Arya Sixna

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *