Home >> Teknologi >> 5 Resiko Bagi Pembisnis Online Pemula dan Cara Mengatasinya

5 Resiko Bagi Pembisnis Online Pemula dan Cara Mengatasinya

Berbisnis merupakan salah satu cara yang sering kali dilakukan oleh banyak orang untuk meraih kesuksesan. Saat ini bisnis yang paling populer yakni adalah Bisnis Online. Dalam hal bisnis online tersebut pasti tidak akan selalu berjalan dengan mulus, sehingga banyak rintangan serta resiko yang harus siap diterima oleh para pembisnis online, terutama bagi pembisnis online pemula. Dalam sebuah bisnis pasti ada saja resiko serta rintangan yang akan dilalui, tak terkecuali dalam Bisnis Online maupun Bisnis Offline. Namun hal tersebut tergantung dari anda bagamaina cara mengatasi dan mengantisipasi berbagai hal tersebut.

Bisnis Online Pemula

Saat ini telah banyak orang yang ingin meraih kesuksesan melalui berbagai macam Bisnis Online menjanjikan. Namun tak sedikit pula orang yang ragu akan keputusannya tersebut. Nah, bagi anda yang hendak mendiriksan sebuah bisnis online, alangkah baiknya jika anda mengetahui terlebih dahulu apa saja resiko yang sering dialami oleh pembisnis online, terutama bagi pemula.

5 Resiko Bisnis Online dan Cara Mengatasinya

1.Adanya Persaingan Bisnis yang Cukup Ketat

Persaingan Bisnis

Saat ini Internet telah menjadi sebuah ladang usaha yang banyak dimanfaatkan oleh banyak orang, terutama dalam hal Bisnis Online. Hal tersebut telah menjadikan pasar Internet semakin ramai dan berkembang dengan pesat. Tentu hal tersebut menjadi salah satu kendala awal yang akan dilalui oleh para pembisnis online. Loh kok bisa ? tentu bisa, banyangkan saja bila anda hendak mendirikan sebuah bisnis online dengan suatu hal yang akan anda bidik. Namun al hasil hal tersebut sudah banyak pembisnis online yang sudah menjalani bisnis tersebut. Sehingga hal itulah yang akan menjadi saingan anda dalam Bisnis Online yang akan anda dalami.

Namun anda jangan-lah mudah putus asa karena meskipun pemula, waktu akan tetap berjalan dan anda juga akan melewati persaingan ketat tersebut.

2.Permintaan Pasar Yang Selalu Berubah

Permintaan Pasar Yang Selalu Berubah

Adapun sebuah produk yang dijual secara online, salah satu contohnya yakni hal yang berbau Fashion. Sudah dari dulu jika Fashion ini merupakan salah satu tren yang selalu berubah – ubah sesuai dengan berjalannya waktu. Sehingga hal itulah yang membuat para pembisnis yang dalam bidang ini selalu mempunyai strategi untuk dapat memenuhi permintaan yang berbeda dari setiap konsumen.

Namun, bagi pemain baru tentu saja hal tersebut menjadi salah satu tantangan yang cukup merepotkan bagi mereka. Dan lebih parahnya lagi jika mereka belum memiliki supplier yang selalu ready dalam stock barang sesuai dengan permintaan konsumen. Sehingga hal tersebut membuat konsumen untuk cenderung berbelanja pada toko online lain yang sudah ready, ketimbang harus menunggu barang dari toko online kita.

Untuk anda yang hendak mendirikan Bisnis Online, sebaiknya anda mencari sebuah produk yang sekiranya memiliki jang waktu yang cukup lama. Sehingga hal tersebut tidak mudah termakan waktu.

3.Masih Marak Penipuan

Penipuan Bisnis Online

Di dunia Internet ini penipuan bisa saja dilakukan oleh semua orang, baik itu dari pihak pembeli maupun pihak penjual. Tak jarang pula kita sebagai penjual juga harus siap jika ada calon pembeli yang akan menipu kita. Nah, untuk bentuk penipuan yang dilakukan oleh calon pembeli cukup beragam, diantaranya mulai dari bukti transfer pulsa, membayar dengan jumlah yang tidak sesuai dengan kesepakatan, dan juga masih banyak lagi. Dan maka dari itu, sebagai seorang pembisnis pemula, anda juga harus siap untuk menghadapi hal tersebut. Namun tak jarang pula ada beberapa konsumen yang memang berencana untuk menipu sang penjual, namun hal tersebut gagal dan al hasil mereka berusaha untuk merusak nama baik sebuah toko online tersebut.

4.Adanya Pengadaan Barang

Pengadaan Barang Bisnis Online

Pengadaan barang merupakan salah satu kendala yang harus diperhatikan betul oleh para penjual, karena jika barang yang kita jual tidak available, maka hal tersebut akan berpengaruh terhadap berkurangnya konsumen serta kehilangan calon pembeli. Namun bila anda menjual sebuah produk hasil produksi sendiri, maka salah satu tugas penting anda yakni harus mengontrol dengan baik adanya pengadaan barang tersebut, dan memastikan bahwa barang tersebut telah memenuhi standart. Dan juga sebaliknya, jika anda menjual sebuah produk dari dropship ataupun reseller, maka tugas anda yakni harus selalu memastikan bahwa anda bekerja sama dengan supplier yang selalu ready stock serta menjalin komunikasi dengan baik.

5.Proses Pemasaran

Proses Pemasaran Bisnis Online

Mempunyai sebuah bisnis online dengan menjual suatu produk yang banyak dibutuhkan oleh banyak orang, maka jangan beranggapan bisnis online anda akan sukses. Karena selain bergantung pada produk, dalam hal berbisnis-pun juga harus menguasai proses pemasarannya. Pasalnya tidak semua pembisnis online tersebut pandai dalam hal memasarkan produknya tersebut. Hal tersebut bukanlah hal yang aneh, karena setiap pembisnis online tersebut pasti memiliki skill serta strategi yang berbeda pula. Dalam hal pemasaran produk tersebut juga memiliki berbagai macam cara. Salah satu cara pemasaran yang sering digunakan yakni menggunakan SEO (Search Egine Optimization), karena memiliki jangka waktu yang panjang dalam pemasaran produk.  Atau tak jarang pula mereka juga memilih iklan Google Adwords maupun Facebook Ads dalam memasarkan produknya tersebut.

Dalam hal berbisnis online baik itu pemula maupun yang sudah lama, resiko itu merupakan salah satu hal yang pasti akan dilalui oleh setiap pengusaha tersebut sebelum menuju dalam kesuksesan. Namun bagi anda yang saat ini hendak mendirikan sebuah bisnis online namun takut akan resiko serta kegagalan, tenang saja karena disetiap resiko maupun masalah pasti ada jalan keluarnya untuk menuju titik terang. Tinggal tergantung bagaimana anda dalam mengatasi resiko serta masalah tersebut. Jangan mudah putus asa dan teruslah berusaha. karena Hasil tak akan pernah menghianati usaha.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *