Home >> Gaya Hidup >> Kesehatan >> 5 Khasiat Buah Naga Merah Bagi Kesehatan Tubuh
Manfaat Buah Naga Merah Untuk Kesehatan Tubuh
Manfaat Buah Naga Merah Untuk Kesehatan Tubuh

5 Khasiat Buah Naga Merah Bagi Kesehatan Tubuh

Buah naga atau biasa disebut dengan pitaya yang sebenarnya buah naga itu berasal dari benua Amerika.  Amerika Selatan dan Amerika Tengah. Akan buah naga ini sekarang mulai  menyebar keseluruh penjuru dunia, dan termasuk salah satunya adalah negara Indonesia. Jenis Buah Naga Ada 3 yaitu.

  • Hylocereus polyrhizus

Merupakan buah naga yang mempunyai warna kulit pink atau merah muda, dan sedangkan daging buah mempunyai warna yang merah.

  • Selenicereus megalanthus

Merupakan buah yang berkulitnya berwarna agak kekuning dan isi buahnya mempunyai warna putih

  • Hylocereus undatus

jenis buah naga ini mempunyai kulit yang berwarna merah dan isi buahnya berwarna putih. Dan buah naga jenis ini yang paling banyak dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia.

Dan adapun dengan kandungan nutrisi dalam buah naga merah ini seperti serat asam folat, mineral essenskaroten, vitamin C, B1. Berikut ini kami akan membahas satu per satu mengenai manfaat buah naga tersebut, baik bagi kesehatan.

Manfaat Buah Naga Merah Untuk Kesehatan Tubuh

Khasiat Buah Naga Merah Bagi Kesehatan Tubuh
Khasiat Buah Naga Merah Bagi Kesehatan Tubuh
  1. Mengurangi resiko penyakit diabetes

Diabetes itu muncul dikarenakan kadar gula dalam darah ini  sangatlah tinggi, semakin tinggi kadar gula darah anda, maka semakin tinggi juga resiko Anda terkena penyakit diabetes. Anda tidak perlu khawatir, Anda dapat mengurangin resiko diabetes tersebut dengan anda mengonsumsi buah naga ini secara rutin. Dengan kandungan kadar glikemik indeks yang rendah dan vitamin B1, kadar gula dalam darah Anda tidak akan naik dan malahan gula darah anda bisa turun. Dengan  mengkonsumsi buah naga ini.

  1. Untuk mencegah kanker

Kanker ini adalah suatu penyakit yang sangat mematikan yang nomor 2 setelah serangan jantung. Kanker ini sangatlah sulit untuk diobati, dan bisa Anda cegah dengan mengkonsumsi buah naga merah ini. Menurut penelitian dari Universitas of Chicago di Amerika Serikat ini, dan buah naga ini banyak mengandung senyawa antioksidan yang sangat tinggi. Dan manfaat antioksidan ini bisa menangkal radikal bebas dan penyebab kerusakan pada sel dan memicu pertumbuhannya kanker. Bisa dikatakan kandungan antioksidan dalam buah naga ini hampir sama dengan kandungan antioksidan di dalam buah manggis yang sangat fenomenal ini.

  1. Demi menjaga kesehatan pada tulang

Fosfor dan  Kalsium adalah nutrisi yang cukup baik bagi tulang, karena kandungan mineral alami tersebut bisa mencegah kekeropos pada tulang atau osteoporosis. Anda bisa mendapatkan nutrisi fosfor dan kalsium tersebut dengan cara mengkonsumsi buah naga. Menurut FAO buah naga ini banyak mengandung fosfor dan kalsium yang cukup tinggi. Bagi orang dewasa kandungan tersebut mampu untuk memperkuat tulang, dan sedangkan bagi anak-anak usia 10 – 20 tahun kandungan tersebut untuk mengoptimalkan pertumbuhan tulang dan menambah tinggi badan mereka.

  1. Untuk mengurangi resiko penyakit jantung

Kanker, serangan jantung, dan diabetes ini adalah penyakit-penyakit yang sangat mematikan. Dan banyak sekali nyawa yang melayang  setiap menit karena akibat dari penyakit tersebut. Buah satu ini banyak mengandung kalium yang cukup tinggi. Kandungan mineral kalium ini  dapat dipercaya bisa melebarkan pembuluh darah, dan sehingga mampu membuat kinerja jantung lebih ringan dalam mendistribusikan darah keseluruh bagian tubuh.

  1. Baik buat diet

Siapa yang sedang lagi menjalani program diet atau penurunankan berat badan? apabila Anda salah satunya, maka silahkan makan buah naga merah ini menu makanan diet sehat harian Anda. Menurut para ahli gizi buah naga banyak banget mengandung senyawa serat dan kalori sangat rendah, dan kandungan pada buah naga tidak akan membuat berat badan Anda menjadi naik. Dan kandungan serat tersebut akan membantu menurunkan berat badan anda. Dan untuk mendapatkan manfaat buah naga yang satu ini, dan silahkan mengkonsumsi buah naga ini dengan secara rutin minimal 1 butir setiap harinya. Anda bisa membuat jus buah naga dan agar anda tidak cepat bosa ketika anda mengonsumsi buah tersebut.

About ikhaa jannah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *