Home >> Binatang Peliharaan >> 5 Jenis Kelinci Peliharaan yang Ada Di Indonesia
Jenis Kelinci Peliharaan

5 Jenis Kelinci Peliharaan yang Ada Di Indonesia

Kelinci merupakan hewan mamaia yang berkaki empat dan juga berbulu, dan juga memiliki tingkah laku yang sangat lucu, kelinci memiliki banyak sekali jenis, mulai dari kelinci pedaging, hingga kelinci peliharaan. Biasanya kelinci yang dagingnya untuk di konsumsi berukuran besar, sedangkan kelinci yang biasa di gunakan untuk hewan peliharaan berukuran keci dan juga lucu. Berikut ini adalah jenis-jenis kelinci yang biasanya di gunakan sebagai hewan peliharaan.

1.Kelinci Anggora

Jenis Kelinci Peliharaan ini berasala dari Ankara, Turki kelinci ini dikenal di seluruh dunia, karena bulunya yang panajang, bukan hanya itu juga Kelinci ini bisa dikena di seuruh dunia berkat pelaut dari Inggris yang membawa kelinci ini ke Inggris setelah itu kelinci ini di kenalkan di Prancis, selanjutnya di kenalkan di Jerman. Kemudian kelinci ini di kenal di seluruh dunia, khususnya di benua Eropa.

Baanyak sekali yang menyukai keinci anggora ini, di Negara Eropa memanfaatkan bulu kelinci yang tebal untuk di jadikan wool, namun hal ini berbeda sekali di Indonesia yang lebih memilih menjadi kelinci anggora sebagai kelinci peliharaan saja.

2.Kelinci Lop

Kelinci Lop memiiki keunikan di bagian telinganya, kelinci biasanya meiliki telinga yang tegak namun Kelinci Lop ini memiiki telingan yang menggantung dari pangkal kepala hingga pipi, hal ini sanga mirip sekai dengan telinga anjing. Telinga keinci akan terlihat menggantung pada usia 2-4 bulan, namun itu semua juga tergantung dengan varietas kelinci itu sendiri, karena kelinci memiliki varietas yang sangat banyak, adapun varietas keliinci itu antara lain english lop, dwarf lop, holland lop, frech lop, dan sebagainya, namun di antara banyaknya jenis kelinci english lop adalah varietas kelinci yang paling terkenal, dan yang paling digemari.

3.Kelinci Flemish Giant

Kelinci ini sangat digemari karena memiliki tubuh yang sangat besar, keinci ini juga di sebut sebagai kelinci raksasa, bobot kelinci ini bisa mencapai 13kg bahkan jika di beri makan khusus keinci ini bisa berbobot 22,23kg. kelinci dengan bobot 22,23kg pernah ada dan masuk di Guinnes World Records.

Awalnya  Kelinci Peliharaan ini hidup liar di Arghentina, pada abad ke 18 para pedagang dari Beanda membawa kelinci ini ke Eropa untuk di budidaya dan tujuan untuk membudidayakan kelinci flemish giant ini untuk memenuhi permintaan daging. Karena di masa itu peningkatan permintaan daging kelinci sangat besar, maka Negara-Negara di dunia berlomba-lomba membudidayakan kelinci jenis ini, namun di Indonesia jenis kelinci ini dijadikan sebagai hewan peliharaan. Hal ini dikarenakan permintaan daging kelinci di Indonesia sangat sedikit.

Panjang dari Kelinci Flemish giant ini bisa mencapai 51 cm, bertuang tebal, telinganya tegak, kepala besar, dan juga memiliki kaki yang panjang, tidak salah jika banyak orang yang menjulukinya sebagai kelinci yang gagah. Selain itu warna dari bulu kelinci ini sangat beragam seperti, hitam , biru, abu-abu, putih dan masih banyak lagi.

4.Keinci Rex

Kelinci ini berasal dari Prancis, awal di temukannya keinci rex pada tahun 1919, kelinci ini merupakan keturunan dari kelinci liar yang ada di Prancis, kelinci ini menjadi sangat terkenal ketika diikutkan sebuah kegiatan di Prancis, mulai dari situ lah kelinci ini sangat banyak peminatnya bahkan sampai di Impotr ke Amerika dengan jumlah yang besar.

Kelinci Rex di budidayakan untuk di ambil dagingnya, dan juga buu dari kelinci rex bisa di jadikan jaket atau aksesoris pakaian, karena bulu dari kelinci ini sangat unik dan jarang di temui.

5.Kelinci Duth, (Kelinci Belanda)

Kelinci Duth merupakan kelinci yang berasal dari Belanda, kelinci yang dijuluki sebagai kelinci Belanda ini memiliki buu yang pendek dan bervariasi, warna bulu dari kelinci ini antara lain putih, abu-abu, hitam, cokat dan masih banyak lagi, ada juga perpaduan dari warna-warna itu, kelinci ini termasuk kelinci yang banyak diminati di Indonesia baik dari pecinta keinci, peternak maupun yang hanya ingin memeliharanya saja.

Itulah beberapa jenis kelinci peliharaan yang sangat menakjubkan, apakah di antara 5 jenis itu saah satunya sudah anda miliki?.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *