Home >> Gaya Hidup >> Kesehatan >> 15 Manfaat Daun Kelor Bagi Kesehatan yang Jarang Diketahui
Manfaat Daun Kelor Bagi Kesehatan
Manfaat Daun Kelor Bagi Kesehatan

15 Manfaat Daun Kelor Bagi Kesehatan yang Jarang Diketahui

Apakah anda tahu apakah daun kelor itu? Memang menurut sebagian orang, daun kelor masih asing bagi mereka. Daun kelor (moringa Oleifera) merupakan jenis tumbuhan suku moringaceae. Batang tumbuhan daun kelor memiliki tinggi sekitar 7 sampai 11 meter, bentuk daunnya bulat seperti telur dengan ukuran kecil-kecil yang bersusun secara majemuk dalam satu tangkai. Daun kelor dapat dimanfaatkan untuk obat dan sayur, bunga daun ini berwarna putih agak kekuning-kuningan dan tedung pelepahnya memiliki warna hijau. Bunga daun kelor keluar setiap tahun dengan bau yang cukup semerbak, tumbuhan kelor memiliki buah yang berbentuk segitiga memanjang yang juga dapat dijadikan sebagai bahan masakan.

Tanaman Kelor
Tanaman Kelor

Kelor merupakan salah satu tanaman liar yang sering digunakan sebagai tanaman pagar. Daun kelor memiliki banyak manfaat yang jarang diketahui oleh banyak orang. Di Indonesia, daun kelor dipercaya mampu mengobati lebih dari 300 macam penyakit. Dan selain di India, di berbagai Negara lain daun kelor juga dimanfaatkan untuk mengobati beragam penyakit. Dan jika anda masih belum mengetahui manfaat dari daun kelor ini, pada artikel kali ini saya akan menyebutkan dan menjelaskan beberapa manfaat daun kelor bagi kesehatan dan kecantikan. Namun sebelum itu, ada baiknya jika kita membahas terlebih dahulu mengenai kandungan apa saja yang ada dalam kandungan daun kelor. Daun kelor mengandung nutisi yang cukup banyak dan tinggi seperti vitamin C yang tujuh kali lipat lebih tinggi daripada jeruk, kalsium yang empat kali lipat lebih tinggi daripada susu, potassium yang 3 kali lipat lebih tinggi daripada pisang, asam amino essensial yang lebih banyak daripada dalam susu, dan vitamin A yang lebih baik 4 kali lipat daripada wortel. Cukup banyak kan? Dan karna kandungan nutrisi yang banyak dan tinggi tersebutlah yang membuat daun kelor menjadi salah satu daun yang kaya akan manfaat.

Berikut Beberapa Manfaat Daun Kelor Bagi Kesehatan:

1.Sebagai Obat Diabetes Melitus

Menurut para peneliti dari Univercity of Wiconsin Lacrosse, daun kelor mempunyai kandungan zinc yang sangat diperlukan untuk produksi insulin dalam tubuh. Penderita diabetes disarankan untuk mengkonsumsi ekstrak daun kelor secara rutin selama 3 minggu untuk mengurangi kadar gula dalam darah. Selain mengkonsumsi ekstraknya, air rebusan daun kelor juga dapat digunakan untuk menurunkan kadar gula dalam darah.

2.Mengobati Sariawan

Daun kelor mengandung vitamin C yang sangat tinggi sehingga sangat efektif untukk mengobati sariawan yang pada umumnya disebabkan karna kekurangan vitamin C.

3.Mencegah Kanker

Di tahun 2011 jurnal dalam Food and Chemical Toxicology mengumumkan bahwa ekstrak daun kelor terbukti mampu mencegah pertumbuhan sel kanker dalam tubuh, lebih tepatnya sel kanker serviks.

4.Mengobati Sakit Kuning

Salah satu cara tradisional untuk mengobati sakit kuning adalah menggunakan daun kelor. Caranya tumbuk 7 tangkai daun kelor sampai halus kemudian campur dengan satu gelas air teh hijau dan satu sendok makan madu murni, minumlah ramuan ini secara rutin sampai benar-benar sembuh.

5.Menyehatkan Otak

Potassium yang tinggi dalam daun kelor sangat dibutuhkan untuk memelihara kesehatan otak dan saraf.

6.Meredakan Gejala Rematik

Zat tertentu yang disebut pterigospermin yang berguna untuk merilekskan otot serta menghangatkan tubuh dapat ditemui dalam daun kelor. Para peneliti menjelaskan bahwa ekstrak daun kelor dan akarnya mampu mengurangi peredangan dan nyeri pada penderita arthritis (salah satu gejala rematik)

7.Mencegah Ostheoporosis

Daun kelor tinggi akan kalsium yang sangat baik untuk menjaga kesehatan tulang serta menguatkannya, sehingga daun kelor sangat bermanfaat untuk menjaga jesehatan tulang anda yang sudah mulai menua.

8.Mengobati Rabun Senja

Penyakit rabun senja membuat penderitaya sulit melihat dalam keadaan cahaya yang minim. Untuk mengatasinya, konsumsilah air rebusan daun kelor yang sudah ditumbuk halus, jika perlu tambahkan sedikit madu untuk mengurangi rasa pahitnya.

9.Mencegah Penyakit Jantung

Para peneliti juga membuktikan bahwa daun kelor juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung.

10.Meluruhkan Batu Ginjal

Salah satu cara alami untuk meluruhkan batu ginjal adalah dengan meminum air rebusan daun kelor secara rutin selama 1 bulan.

11.Sebagai Obat Tetes Mata

Cara alami dan mudah untuk mengatasi iritasi pada mata adalah menggunakan daun kelor. Caranya tumbuk halus daun kelor kemudian seduh dengan air hangat, saring airnya lalu teteskan pada mata yang iritasi.

12.Menurunkan Panas dan Demam Anak

Berikanlah pucuk tangkai dan buah tumbuhan kelor yang sudah dimasak menjadi sayur pada anak yang sedang demam. Dengan perlahan, kandungan dalam tangkai dan buah tumbuhan kelor akan dapat menurunkan suhu tubuh anak tersebut.

13.Mengatasi Sembelit

Salah satu cara alami untuk mengobati sembelit adalah menggunakan obat tradisional dari daun kelor. Caranya tumbuk beberapa lembar daun kelor, wortel, dan mentimun dengan takaran yang sama, kemudian larutkan dengan segelas air hangat, kemudian saring. minumlah obat tradisional tesebut setiap hari sampai anda sembuh dari sembelit.

14.Sebagai Obat Cacingan

Salah satu bahan alami untuk mengeluarkan cacing dalam perut adalah daun kelor. Cara menggunakannya adalah rebus beberapa lembar daun kelor, daun cabai, dan daun meniran.

Daun Meniran
Daun Meniran

Tunggu sampai airnya hanya tersisa ½ nya saja, lalu minum setiap malam sebelum tidur untuk mematikan dan mengeluarkan cacing yang ada dalam perut.

15.Obat Bisul, Nanah dan Herpes

Daun kelor juga dapat digunakan untuk mengobati penyakit kulit seperti bisul, nanah dan herpes. Caranya sangat mudah yaitu dengan mengoleskan tumbukan daun kelor pada kulit yang bermasalah.

Mungkin hanya itu yang dapat saya informasikan mengenai manfaat daun kelor bagi kesehatan. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan anda mengenai daun kelor!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *