Home >> My Life >> My Journey >> 10 Persiapan Sebelum Memulai Bisnis Online
Memulai Bisnis Online
Memulai Bisnis Online

10 Persiapan Sebelum Memulai Bisnis Online

Sahabat semua, saya mau berbagi tips tentang persiapan dalam memulai bisnis online. Karena biasanya yang baru memulai bisnis online bingung, apa saja yang harus di siapkan dalam terjun ke bisnis internet. Kalau sudah lama dan sudah terbentuk sistem dalam bisnis internet. Biasanya orang tersebut, sudah punya insting dan naluri menciptakan ide yang baru. Tapi yang namanya pemula itu masih butuh belajar , belajar dan belajar. Saya sendiri mulai terjun di internet tahun 2007, namun baru fokus dalam mencari uang lewat internet tahun 2009 awal. Tanpa pembimbing alias otodidak, ikut sana ikut sini tanpa kepastian. Dan di tahun 2009 bulan mei berbincang dengan orang Amerika serta dapat recehan dollar untuk mengembangkan internet. Saat itulah saya mulai faham dan mengerti hakikat internet sebenarnya. 2 Tahun terombang ambing di internet , Allah paring jalan lantaran orang Amerika  dan menemukan jalan yang lebih cepat dalam pengembangan internet.

Mulai dari Google Adsense,Infolinks, Klik Saya, Adsense Camp , Amazon, Click Bank, Max Bounty, Parked Domain dan beragam sumber penghasilan di internet pernah saya jalani. Alhamdulillah beberapa pernah cair. Banned Adsense yang berulang, domain di curi orang, Website di serang hacker dan sebagainya. Lika liku dalam menjalani bisnis internet.

Tahun 2008, saya mulai membuat toko online bersama dengan teman saya ” Firdaus Nurdiansyah “, membangun toko komputer online. Sampai tahun 2009 baru kelihatan hasilnya. Jadi sambil saya sendiri mencari uang lewat internet , saya juga mencari uang lewat program lainnya.
Aktivitas setiap hari promosi website toko online, jadi konsultan SEO dan marketing orang amerika, dan mengelola website adsense serta amazon. Tapi ternyata setelah saya rasakan hasilnya kurang maksimal. Dan pernah kejadian Adsense ribua dollar melayang, Amazon raturan dollar  hilang juga, dan lain lain. Dan memutuskan tahun 2011, Fokus di toko online komputer. Dan Alhamdulillah sampai sekarang sudah Menjadi PT ANRIZ GLOBAL CONNECTIONS. Sedikit cerita di atas semoga jadi motivasi dan gambaran bahwa di internet itu tidak instan seperti halnya membalikan tangan.

Dan Sekarang ini , memang saya menyadari kalau kita fokus pada satu tujuan. Allah akan memberikan jalan. Dan kekurangannya adalah, saya sendiri sekarang kurang begitu bisa dengan program program pendulang dollar seperti adsense, amazon dan lain lain. Jadi lebih expert di toko online. Sekarang kelola toko online serasa mudah dan seperti ide mudah mengalir tidak seperti program lainnya yang pernah ku tekuni.

Kali ini saya mau share 10 Persiapan Sebelum Dalam Memulai Bisnis Online :

1. Niat dan Siapkan Diri Anda

Kalau hati sudah mantab, dan di niati dengan sepenuh hati dalam menjalankan bisnis akan lebih ringan. Karena hal ini yang paling penting dan pokok. Karena saat nantinya menghadapi rintangan atau kesulitan , hati masih bisa tenang. Bisnis online itu butuh waktu, tidak hanya dengan semalam langsung kaya. Apalagi tahun 2007 – 2010, lagi booming ebook cepat kaya, tapi tahun 2014 itu hampir tidak ada. Dan orang sudah semakin pintar mana yang baik dan mana yang buruk. Hambatan yang paling besar yang bisa menggoyahkan niat adalah rasa takut. Biasanya belum di kerjakan nanti takut gagal. Atau orang yang sering gagal takut mencoba lagi karena takut gagal kesekian kalinya. Saya sendiri buat blog mungkin sudah ribuan bahkan puluhan ribu sampai tidak terhitung. Karena belajar dan belajar serta tidak takut untuk gagal. Gagal di coba lagi dan di coba lagi. Sudah banyak program yang saya ikuti juga gagal, tapi tidak pantang menyerah. Kalau seadainya tahun 2009 saya mundur karena takut gagal lagi. Mungkin tidak seperti ini hasilnya. Dan selama anda selalu mencoba dan mencoba, anda tidak akan merasa gagal.

2. Mulailah dari hobi atau sesuatu hal yang anda cintai atau banyak orang orang mencintai hal tersebut.

Pernah ingat peribahasa ” Pengalaman adalah Guru yang Terbaik “. Menurut saya pribadi, pengalaman tidak harus saya sendiri tapi dari pengalaman orang lain harus di pelajari. Bahkan Almarhum bapak pernah berpesan ” dekati orang yang paham dan pintar, dan tanya pengalaman mereka sebagai guru yang baik buat kamu “. Begitu pula dengan hobi, kadang hobi orang lain juga bisa jadi hobi kita contoh : hobi menulis, desain , sepak bola. Hobi tersebut banyak orang yang suka. Tapi kadang kita tidak sadar hobi yang di miliki orang tersebut bisa jadi hobi kita karena seringnya kita mendalami hobi tersebut. Tapi yang paling penting, bagaimana cara hobi tersebut bisa jadi ide bisnis bisnis anda. Saya sejak SMA sangat suka komputer dan sering otak atik komputer. Kalau sudah hobi, waktu itu serasa begitu cepat. Tapi harus ingat manajemen waktu. Sekarang coba galilah hobi anda, dan temukan ide bisnis anda.

3. Tentukan Tujuan

Bekerja tiap hari tanpa ada tujuan sama sekali akan berakhir sia sia. Kita aja hidup di dunia ada tujuan hidup. Dalam membangun bisnis harus ada tujuan yang ingin di capai. Dengan adanya tujuan, anda bisa membuat target jangka pendek, panjang dan menengah. Kalau sudah ada tujuan, segera melangkah untuk mencapai tujuan tersebut. Kalau sudah ada tujuan dalam bisnis online. Segera lakukan mulai dari yang sederhana.

4. Berpikir Positif

Salah satu kunci saya kuat di internet adalah berpikir positif. Karena saat memulai bisnis online, hampir semua keluarga tidak ada yang mendukung, teman teman bapak saya menaruh kecurigaan bahwa yang saya kerjakan berbau maksiat dan hanya main main saja. Orang tua tidak setuju, tetangga dan keluarga orang tua saya beritahu tapi mereka melarang dan bahkan ada yang menghina. Bahkan calon istri saya saat itu ingin saya tidak bekerja lewat internet. Kerja yang real dan di lihat banyak orang itu bekerja. Tapi semua itu sirna, dan sekarang banyak orang yang ingin belajar pada saya karena saya sudah membuktikan bahwa internet itu bisa menghasilkan uang. Harus berpikir positif bahwa kita nanti akan sukses. Dan ejekan seseorang atau pikiran negatif orang lain jadikan motivasi untuk menuju impian anda.

5. Rinci Secara Detail

Kesalahan besar di internet itu biasanya melupakan hal hal yang kecil. Jadi kerjakan seakurat mungkin dan jangan meremehkan hal hal yang kecil. Kalau sudah di jadwal harian, harus di kerjakan. Kadang juga keasyikan nonton youtube, lupa dengan rancangan kerja. Suka facebookan sampai lupa waktu, padahal facebookan hanya lihat profil orang lain atau melihat update status orang lain.

6. Bersiap dengan modal

Bisnis internet itu butuh modal. Kata siapa bisnis internet tidak butuh modal. Minimal internet entah di warnet atau di rumah sendiri. Kalau di rumah sendiri juga harus ada komputer dll. Apalagi kalau sudah mencoba membuat website yang TLD , harus beli domain minimal. Saat bisnis masih kecil , mungkin modal juga sudah kecil. Tapi kalau sudah besar bisnis online tersebut, maka modal yang di butuhkan sangat besar. Masa mau mancing ikan paus dengan ikan teri????

7. Siapkan Ide Yang Akan Anda Jalankan

Saat saya awal membangun toko online yang kedua, Toko Komputer Online di hitech mall. Saya selalu siapkan ide. Tidak asal jalan aja. Ide yang mantab di jalankan dengan proses yang konsisten. Karena ide itu adalah pondasi dasar dalam sebuah bisnis tidak hanya bisnis online saja. Tapi Bisnis offline pun harus ada ide yang mantab. Kalau sekarang, kalau nemu ide baru langsung saya kerjakan tidak menunggu terlalu lama. Kalau awal dulu, ada ide saya tulis dan saya rancang serta ada waktu tujuan akhirnya. Karena sudah terbiasa, ada ide langsung di kerjakan dan rancangan akan mengalir dengan sendirinya.

8. Disiplin dan Motivasi Diri

Kalau saya ikut seminar seminar tentang bisnis. Disiplin dan motivasi diri yang baik itu kunci sukses dalam berbisnis. Kalau saya sendiri merasakan juga begitu. Disiplin dan konsiten dengan kerjaan kita dan selalu memotivasi diri untuk berbuat yang terbaik dalam mengerkan kerjaan kita. Bisnis internet itu sangat membosankan kalau tidak ada motivasi diri untuk selalu berkembang. 1 bulan semangat belum tentu bulan depannya tetap semangat. Jadi motivasilah diri sendiri untuk selalu semangat, serta mintalah motivasi keluarga dan orang sekitar turut andil dalam mengembangkan bisnis anda.

9. Kerjakan sekarang juga

Jangan terlalu suka menunda jika dalam berbisnis. Yang pernah saya alami dulu waktu bermain adsense, saya sering menunda posting akhirnya juga kurang maksimal hasilnya. Saat sekarang saya di toko online, kalau ada produk baru komputer saya langsung kerjakan dan beriklan di internet. Kalau ide kita sama dengan orang lain. Orang lain lebih dulu kerjakan ide tersebut, kita sudah kalah satu langkah. INGAT PERENCAAN ITU SANGAT PENTING TAPI KALAU HANYA RENCANA SAJA TANPA DI KERJAKAN PERCUMA SAJA. Anda akan terlarut dalam rencana yang akibatnya akan melunturkan motivasi dan semangat anda. Dan Yang paling fatal adalah membatalkan rencana anda tersebut

10. Fokus

Fokus menurut saya sendiri merupakan syarat mutlak yang harus di penuhi. Biasanya yang baru bisnis online lihat Sreen Shoot temannya mulai goyah. Pindah bisnis satu ke bisnis yang lainnya, tanpa sadar sudah membuang buang waktu. Kalau menggeluti adsense ya fokus di adsense, kalau toko online ya fokus di toko online. Dengan berjalannya waktu dan beberapa hambatan yang di lalui akan membuat anda semakin paham dengan bisnis anda. Kita lihat saja orang orang yang sukses seperti Google, Facebook, dan lain lain mereka sukses salah satunya karena fokus. Fokuslah pada satu atau 2 bisnis saja , jangan berpaling ke bisnis online yang lain sebelum anda berhasil dan bisnis tersebut bisa berjalan secara otomatis

Cukup dulu ya teman teman, capek nih nulis terlalu panjang. Semoga aja di baca semuanya dan bisa bermanfaat bagi semuanya.

One comment

  1. Waw keren mas, sudah mulai Internet Marketing sedjak 2007. Saya baru menapakinya 5-6 tahun lagi.. Haha

    Mantap tipsnya, mohon bimbingannya mas. Salam kenal dari saya, Raafi owner portal bisnis, Plaza Bisnis

    🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *