Home >> Gaya Hidup >> 10 Manfaat Sarang Walet untuk Pengobatan
Sarang walet
Sarang walet

10 Manfaat Sarang Walet untuk Pengobatan

Sarang burung walet menjadi salah satu produk herbal yang memiliki harga tinggi namun memiliki banyak sekali khasiat untuk kesehatan. Sarang walet terbuat dari air liur walet yang disebut dengan gelatin yang bentuknya seperti agar-agar dan berbau seperti putih telur.

Sarang walet yang berada dipasaran kebanyakan adalah hasil budidaya. Sebagian besar sarang walet didapatkan dari hasil budidaya dalam gedung atau biasa disebut dengan sarang walet rumahan, meskipun tidak sedikit pula sarang walet didapatkan dari gua-gua alam.

Kandungan sarang walet dengan berat 100 gram atau sekitar 12 sarang walet mengandung 345 kalori dengan 85% protein dan 0.3% lemak. Di dalamnya terdapat 17 asam amino esensial, semi-esensial, dan non-esensial, mineral-mineral dan protein yang berupa glikoprotein.

Kandungan asam amino dalam sarang walet banyak berguna untuk mengobati berbagai penyakit. Kandungan mineral seperti glikoprotein mempunyai peran untuk membantu memproduksi sel-sel dan jaringan-jaringan baru yang befungsi dalam sistem metabolisme tubuh.

Manfaat sarang walet untuk kesehatan
Sarang Walet

Berikut ini merupakan beberapa manfaat sarang walet untuk kesehatan tubuh:

1. Sarang walet untuk mengobati sakit batuk
Sarang walet mampu mengobati sakit batuk, baik batuk kering maupun batuk berdahak. Caranya dengan mengkonsumsi sarang walet dengan mencampur sarang walet sebanyak 4 gram dengan 7 gram gula batu, kemudian rebus dengan air secukupnya. Jika sudah matang diamkan hingga dingin kemudian minum.

2. Menjaga kesehatan kulit
Sarang walet yang mengandung berbagai kandungan protein dan mineral yang dapat menyehatkan kulit dan menunda penuaan dini. Dengan mengkonsumsi sarang walet secara tertatur maka nantinya kulit orang yang berusia 35 tahun dapat terlihat lebih muda seperti kulit orang umur 25 tahun.

3. Mengatasi sakit paru-paru
Segala penyakit yang berhubungan dengan sakit paru-paru dapan diatasi dengan sarang walet. Beberapa keluhan seperti batuk, asma, dan TBC dapat diobati dengan sarang walet. Caranya dengan mengkonsumsi air rebusan sarang walet secara teratur.

4. Melancarkan pembuluh darah
Pembuluh darah rusak karena pola makan yang tidak teratur. Penumpukan kolesterol daapat merusak pembuluh darah. Kandungan yang terdapat dalam sarang walet dapat membantu menurunkan kolesterol dalam darah, sehingga pembuluh darah akan bertambah lancar.

5. Sebagai antioksidan
Sarang walet dengan kandungan glikoprotein yang berguna untuk membantu menghasilkan sel-sel dan jaringan-jaringan baru yang berfungsi dalam melawan sumber penyakit dalam tubuh.

6. Meningkatkan nafsu makan
Sarang walet mampu memunculkan nafsu makan yang telah hilang, caranya dengan mengkonsumsi sarang waet yang dicampur dengan susu maupun dijadikan sup.

7. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
Sarang walet mengandung mineral lengkap meliputi, kalium, kalsium, magnesium, phospor, besi, dan natrium. Fungsi setiap mineral penting untuk menunjang kesehatan tubuh, yaitu untuk mambantuk membentuk sistem kekebalan tubuh dan melawan penyakit.

8. Menyehatkan kulit
Sarang walet memiliki kandungan yang memiliki afek mendinginkan, sehingga bermanfaat untuk mencegah kulit kering, menghilangkan keriput, dan menjaga kulit agar tetap sehat.

9. Mendukung kehamilan
Bagi ibu hamil dianjurkan untuk mengkonsumsi sarang walet secara tertatur. Dengan mengkonsumsinya secara teratur maka nantinya dapat menjaga kesehatan dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh, sehingga membuat bayi dalam kandungan nantinya lebih sehat saat dilahirkan.

10. Meningkatkan kinerja otak dan daya ingat
Berbagai kandungai yang terdapat pada sarang alet mampu meningkatkan kinerja otak, kaandungan asam amino dalam sarang walet setara dengan asam amino alami pada ikan salmon, ikan tuna maupun lobster.

Dengan banyak kandungan bermanfaat maka tak heran banyak orang yang mencari-cari sarang walet meskipun harganya lumayan tinggi. Sudah banyak yang merasakan manfaat dari sarang walet, karena itu sarang walet selalu menjadi barang istimewa dengan banyak manfaat yang dicaari banyak orang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *